Makanan Untuk Kura-Kura Semua Jenis

77
391586

Makanan kura-kura – Kura-kura adalah salah satu hewan peliharaan yang tidak rewel dan mudah perawatannya. Selain daripada itu kura-kura mempunyai kelebihan lain yaitu dia panjang umur. Usia hidupnya terbilang cukup lama sekitar 20-40 tahun lebih. Bisa menjadi binatang peliharaan yang dapat di wariskan nih hehehe. Jika pemberian makan cukup dan dijaga kesehatannya maka kura-kura akan lebih lama bertahan hidupnya. Kura-kura mampu bertahan tanpa makanan dalam waktu yang panjang karena sistem metabolismenya yang lambat jadi memungkinkan untuk bertahan tanpa makanan dalam waktu yang lama. Juga didukung dengan lemak yang terdapat diseluruh tubuhnya.

makanan-untuk-kura-kura

Jika anda memelihara kura-kura jangan lupa untuk menjemurnya dibawah terik matahari pagi sekitar jam 8-11. Tidak perlu lama-lama cukup 15-20 menit saja. Karena kura kura adalah reptil berdarah dingin maka perlu cahaya matahari untuk menghangatkan darahnya dan melancarkan metabolismenya seperti memelihara ular Baca : Jenis ular yang biasa dipelihara.

Makanan Untuk Kura-kura

Makanan untuk kura-kura tidaklah sulit karena banyak tersedia di toko ikan atau toko hewan. Selain itu juga sebagian besar kura-kura termasuk omnivora. Mereka bisa memakan daging, ikan, sayur, buah, tanaman. Pemberian makan pada kura-kura harus disesuaikan dengan jenis kura-kura yang anda miliki. Setiap jenis memiliki makanan favorit masing-masing.

Pelet Khusus Kura-kura

Pelet untuk kura-kura banyak dijual di toko hewan atau toko ikan. Ada 2 jenis pelet yaitu untuk kura-kura karnivora (pemakan daging) atau herbivora (pemakan tumbuhan). Untuk kura-kura darat biasanya mereka memakan tumbuhan (herbivora) dan buah untuk kura-kura air biasanya bisa diseling dengan daging seperti cacing, keong ikan. Jangan sampai salah memberikan pelet untuk kura-kura kita, jangan sampai pemakan sayuran (Herbivora) lalu di berikan pelet untuk kura kura pemakan daging (Karnivora). Pelet kura-kura air bisa di ganti dengan pelet yang biasa di berikan pada ikan.

Sayuran dan Buah buahan.

Sebagian besar dari spesies kura kura merupakan pemakan sayuran atau termasuk hewan herbivora terutama kura-kura darat. Karena hidup merekapun di semak belukar dan padang rumput. Jika kura-kura anda termasuk kura-kura darat maka memberikan sayur-sayuran atau buah-buahan untuk kura kura kesayangan anda adalah hal yang tepat. Makanan harian bisa diberikan seperti kaktus oputia, daun & bunga kembang sepatu, sawi-sawian, kalian, wortel, labu air, labu kuning, selada air, kangkung, zucchini, daun + bunga kenikir, daun kacang, daun pakis & jagung. Jika kura kura sudah dewasa, berikan jagung beserta kulitnya.
Jenis jenis makanan yang diberikan cukup seminggu sekali saja karena mengandung banyak protein yang akan mengakibatkan pyramiding yaitu lidah buaya, kacang panjang, mentimun, toge, kacang kapri, ercis & buncis.
Jenis makanan yang hanya boleh diebrikan sebulan sekali adalah selada gado-gado, tomat & buah buahan.
Makanan yang tidak baik untuk kura-kura yaitu kubis/kol, bunga kol, bayam, brokoli, lobak, kecipir, daun singkong karena tidak dapat dicerna & dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Daging.

Nah ada juga sebagian kecil kura-kura yang merupakan karnivora dan omnivora. Terutama jenis air, kura-kura jenis air biasanya pemakan segalanya baik itu daging maupun sayuran. Daging yang paling cocok untuk dijadikan sebagai makanan kura-kura adalah lain ikan, keong, dan cacing.

makanan-kura-kura

Nah bagaimana informasi tentang makanan untuk kura-kura diatas? Cukup mudah di pahami bukan. Oke semoga informasi ini bisa bermanfaat yah.

 

77 COMMENTS

  1. Saya punya kura kura brazil yg dipelihara dari bayi agustus 2008 sampai sekrang. cm krnapa kura kurany kurang suka sayur ya. maunya pelet ikan saja. Kura kura brazil termasuk kura kura air atau darat ya mas. O iya…kalau kura2 darat itu tempat jualny dimana yg banyak ya. Kmr saya beli kura kura brazil jf buat temen yg udah besar. Ukuran yg saya beli panjangny sekitar 6cm. Cuma kura kura yang lama kok suka gangguin ya. Makasih atas infonya…

  2. kura-kura betina saya yang satu lemas tapi yang jantan kuat saya meliharanya kura-kura brasil tapi masih kecil kenapa yang betinannya lemesan tolong infonya

    • boleh tau apa ada perubahan fisik yg terjadi di kura-kuranya? seperti kotorannya, apa ada lendir di mulutny atau perubahan apasaja

      • Kura kura saya sulcata, skrg lagi sakit, nafsu makannya berkurang tapi masih mau makan sekali sehari. Tapi cuma makan pisang gepok. Kalo buang air mencret dan suka kentut. Keluar lendir dari mulutnya dan sekitar mata sering basah. Hidung juga agak basah dikit tapi hanya 1 lubang. Kira2 sakit apa ya? Tq

  3. kura-kura saya umurnya udah 10 tahun lebih tapi kok belum ber bertelur juga padahal saya sudah memberikan pasir di kolam kura-kura saya dari 4 tahun yang lalu?

  4. Sy punya kura2 lebih 11 tahun..kura2 brazil..biasanya d tarok d kolam..tapi skrg krna sdh besar d tarok d pekarangan rumah/ d darat..ketika d darat dia mulai bertelur..tanya…jika didarat terus apa ada masalah d g n.kura2.?.tks

    • baiknya disediakan air seperti kolam, karena pada dasarnya kura-kura brazil itu akuatik. Memang bisa juga bertahan di darat karena mereka bisa hidup di 2 alam.

  5. Saya setiap mancing di sungai dapet kura2 terus, tapi kailnya ditelan lalu saya putus saja benangnya. Apakah kura2nya akan mati atau bagaimana jika kail ukuran 7 ditelan. Terima kasih.

  6. Aku punya kura kura tapi ukurannya hanya seukuran ibu jari aku gak tau dia sebenarnya jenis apa dan gak tau dia masih baby atau dewasa.tolong kasih tau makanannya yg sesuai dg ukurannya.

  7. Saya punya kura2 kecil saya ga tau jenisnya apa? Saya coba kasih makan ga pernah mau? Dan sekarang cangkangnya kok jadi lunak ya bisa d bantu mas gmna cara mengetahui jenisnya supaya saya ga salah kasih makan? Terima kasih

  8. Halo, saya baru beberapa hari pelihara 2 bayi kura2 brazil. Tapi kenapa mereka ga mau makan pelet kura2 ya? Tapi pas dikasih pelet ikan hias mau (meski cuma dimakan beberapa butir aja). Coba di kasih daging ayam mentah secuil, cm 1 kura2 aja yg mau makan. Jadi sebaiknya dikasih makan apa ya?Klo buat bayi kura2 porsi yang benar sebanyak apa sih?
    Kalo malam hari saat mereka tidur lebih baik lampu akuarium dimatikan atau tidak?
    mksh 😀

    • Belum terbiasa mungkin makan pelet kura-kura. tapi jika memang suka pelet ikan hias boleh diberikan ko. Makan cukup 1 kali sehari kura2 punya metabolisme yang lambat jadi makannya ga usah sering-sering. saya juga pake pelet ikan hias kalo kasih makan, sama ikan kecil yang hidup. Tergantung keadaan kura-kuranya kalo lagi sakit atau cuaca dingin nyalakan, kalo normal bisa dimatikan.

  9. Hii saya mau numpang tanya dong kura kura saya ada 2 anakan gitu baru bli 3 minggu.tapi cangkangnya warnanya gelap gitu ya ga kaya kura2 brazil pd umumnya? Cara mengatasinya gmna biar warna cangkangnya cerah ya? Makasihh.

  10. Mas, saya kemarin beli kura kura yang baru dapet dari alam air tawar katanya. saya ngak tau jenis kura kuranya apa tapi air tawar saya coba kasih makan kangkung ngak mau makan. kasih makan kobis ngak mau. makananya apa ya mas?

  11. Halo mas
    Aqu punya 3 kura 2 ukuran 6-7cm yg satu baby 3cm ( brazil)
    Mau nya cuma cacing beku aja mas gpp kalo dikasih itu aja?
    Apa perlu di selingi sayur? Saya coba slada air g dimakan
    aqu kasih daging ga mau
    Udang mau tp pupnya jd cair
    Kalo trus2n dikasih cacing aja gpp ? Atau mesti diseling2 makanan lain ?

  12. mas, mau nanya nih.. kura2 saya ada yang suka gigit pinggiran tempurung temennya. Yang jadi sasaran ga cuma 1 kura. Tapi kura2 lainnya juga sering jadi sasaran. Saya suka kasihan lihat temen2nya yang digigit, sampai meronta-ronta gitu. Jadi kadang yang suka gigit saya sendiriin di wadah lain. Itu penyebabnya apa ya mas?

    • jenis apa mas kura2nya? ko nakal banget ya. Jenis air ya? Kalo jenis air coba di kasih makanan hidup mas disangkanya makanan kali

      • Kura2 brazil mas (RES).. masih kecil 4cm, sama kura yg lebih gede aja dia juga berani gigit2. Apa ga ada cara, biar dia ga gigit temennya lagi? 🙁

  13. Saya punya 2 kura” brazil tapi yg satu itu aktif banget & yg satu engga begitu aktif sampai” yg engga begitu aktif itu sering dibuat panjatan sama yg satunya, udah sering dipisahin tpi nanti dibuat panjatan lagi, itu solusinya gmn ya?

  14. Halo min, saya melihara kura kura brazil. masih baby kayanya soalnya ukuranya ga beda jauh sama uang koin 500 yang silver, cuma lebih gede lagi. kenapa ya tiap kali saya kasih makan pelet, dia ga mau makan ? dari air udah diganti, pagi pagi dijemur, sama aja. ada solusi ? takut mati kan kasian juga

  15. Permisi admin , numpang tanya.. apakah Daun Kemangi termasuk jenis makanan sehat & aman dikonsumsi kura2 air misalnya RES?
    Tks
    mohon pencerahan nya admin

    • saya belum bisa pastikan aman sis, tapi kalo firasat saya sih aman. emang suka ya kura2? saya baru denger makannya kemangi

      • Suka sih , saya taro 2-3 kuncup daun yg saya robek2 agar mudah pada 2 ekor Res ukuran 8-9cm min , awal nya gamau tp saya tinggal satu jam udah habis min , baru td sore saya kasih , mudah2 an firasat saya dan admin betul2 aman yah wkwkwl
        soalnya saya lumayan khawatir min wkwwk

  16. Saya mau tanya donk.. Saya piara kura2 brazil yg warna ijo muda ada garis orange di samping mata.. Dia mogok makan uda lama.. Tapi gak ada tanda flu.. Tolong dibantu sarannya.. Saya punya 3.. Cuman saya kasih makanan ikan takari yg 2 lahap yang 1 ini cuman tidurrr aja gak mau makan.. Kadang cuman diendus2 teus tidur lagi.. Tolong bantuan sarannya

  17. Saya mau nanya kenapa kura kira saya terkadang memakan kura kura lainya (kanibal) sehingga membuat nya luka dan tolong jelas kan bagai mana cara mengobati lukanya tersebut

  18. Halo admin, saya punya kura-kura brazil usia 10tahun. Bulan kemarin dia bertelur sebutir dan bulann ini dia bertelur lagi langsung 3butir. Kura-kura saya sendirian, itu artinya telur kura-kura saya tidak akan menetas kan? Wajar ga sih kura-kura bertelur tiap bulan? Terus setelah kura-kura bertelur itu apa perawatan khusus ga? Setelah bertelur, kura – kura saya susah makan, sekarang gamau makan samaa sekali sampe kurus badannya? Gimana solusinya yaa? Oia kura – kura saya sekarang sukanya di tempat kering dan garuk-garuk lantai mulu, apa iya dia mau bertelor lagi?

    • wajar, bisa jadi karena subur, itu telur kosong yang ga dibuahi. Unggas juga ngalamin yang seperti itu. Dan memang lebih suka d tempat kering. COba saja rajin dijemur nanti juga mau makan lagi, tenang kura-kura kuat berminggu2 tanpa makan

      • Karena tiap bulan dia bertelur dan setiap mau bertelur dia jadi ga mau makan sama sekali, jadi sekarang udah 2bulan dia ga makan-makan. Sampe kurus kura-kuranya. Biasanya aktif ini lemes cuma diem aja. Iya nanti aku coba jemur ya tiap pagi. Semoga kura-kuraku kembali sehat lagi. Makasih Admin atas jawabannya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.