Jenis dan Harga Ayam Hias

2
89557

Jenis Ayam Hias – Ayam Hias merupakan ayam yang mempunyai keunikan dan keindahan yang berbeda dengan yam biasa pada umumnya yang dapat dinikmati pemeliharanya. Ayam hias ini biasanya di ambil suara atau bentuknya bahkan tingkah lakunya yang menggemaskan. Sekarang sudah menyebar banyak ayam hias di Indonesia.

Kali ini kami akan menginformasikan beberapa jenis ayam hias yang paling banyak dimintai dan juga paling banyak dipelihara menurut pantauan kami. Karena setiap tahun tren ayam hias selalu berubah-ubah kepopulerannya.

Jenis dan Harga Ayam Hias

Harga ayam hias

1. Ayam Ketawa

Ayam ketawa adalah ayam asli dari indonesia. Ayam ini berasal dari kabupaten Sindrap, Sulawesi Selatan. Biasa di kenal juga dengan ayam jantan dari timur. Ayam ini dahulu banyak sekali dipelihara oleh orang-orang bugis yang menggambarkan status sosial dan keberanian atau istilahnya ‘jantan’.

   jenis-ayam-ketawa

Sesuai dengan namanya ayam ini bisa ‘tertawa’ atau lebih tepatnya suara kokokannya seperti orang tertawa. Berikut contoh suaranya.

Nah bagaimana? mirip orang ketawa bukan? Ayam ketawa populasinya menurun tetapi ayam ketawa banyak yang membudidayakan karena bisa menghasilkan banyak keuntungan dan menyalurkan hobi.

Harga ayam ketawa : 100 ribu – 5 juta. Harga tergantung kualitas dan prestasi.

2. Ayam Serama

Ayam serama adalah salah satu jenis ayam hias yang mempunyai bentuk yang mungil diantara ayam lainnya. Ayam ini biasa dilombakan dengan mengadu ketangkasannya dalam bergaya. Walaupun kecil ayam ini mempynyai style yang tinggi. Kepala mendongak seperti orang sombong hehe , dada membusung,  posisi sayap terlihat vertikal (tegak). Postur badan tegap dan bulat. Dada lebih besar dari bagian belakang (punggung). Ekor besar, panjang, tegak, dan tinggi. Memiliki watak pemberani dan percaya diri. Gaya lebih sering ditonjolkan, seperti ingin berkokok dan suka berdiri. Itulah salah satu ciri khas ayam serama.

jenis-ayam-serama

Harga ayam serama : 100 ribu – 5 juta. Harga tergantung kualitas dan prestasi.

3. Ayam Brahma

Mendengar namanya pasti kawan-kawan sudah tak asing lagi dengan daerah asal ayam ini. Ya benar aya brahmana berasal dari Brahmaputra, India. Ayam ini dikembangkan untuk diambil daging dan telurnya tetapi lama kelamaan ayam ini di pandang juga sebagai ayam hias yang mempunyai nilai ekonomis lebih tinggi. Ayam ini memiliki bulu disepanjang kakinya. Ayam bertubuh gempal dan bulat ini sekarang mulai banyak dibudidayakan dan populer diindonesia. Ayo siapa yang mau memulai membudidayakan ayam ini?

Jenis-ayam-brahma

Harga : –

4. Ayam Kedu (cemani)

Ayam hitam ini berasal dari Magelang dan Temanggung jateng. Ayam ini banyak dipelihara sebagai ayam hias karena mempynyai warna yang unik. Seluruh tubuhnya hitam sampai ke kulit dan matanya. Ayam ini sekarang sudah banyak tersebar keluar daerah. Sayangnya ayam ini sering disalahgunakan untuk praktek perdukunan yang menyimpang ajaran agama, kita selaku umat islam harus menjauhi praktek tersebut karena bersifat syirik.

jenis-ayam-cemani

Harga : –

5. Ayam Hutan Hijau (Gallus-gallus)

Ayam ini jarang dijumpai dipelihara di kandang terbuka, mungkin karena sifatnya yang masih liar. Yah ayam ini berasal dari hutan. Ayam ini tidak banyak berreproduksi seperti ayam lainnya. Produksi telurnya hanya 3-5 butir permusim kawinnya.

Jenis-ayam-hutan-hijau

Harga ayam hutan hijau : 100.000 – Jutaan

6. Ayam Pelung

Ayam Pelung juga termasuk ayam lokal yang banyak diplihara sebagai ayam hias. Jenis ayam ini dipelihara untuk diambil suaranya. Suara ayam pelung sangat unik saat berkokok. Kokokan yang panjang yang melengking membuat daya tarik tersendiri bagi para penghobi ayam ini

jenis-ayam-pelung-merah

Selain suaranya yang panjang ayam ini juga mempunyai ukuran badan yang sangat besar dibandingkan ayam-ayam lainnya.

Harga ayam pelung : 100 ribu – Jutaan.

7. Ayam Bekisar

Ayam bekisar merupakan keturunan pertama hasil persilangan antara induk jantan dengan pejantan ayam hutan hijau (Gallus varius) dengan induk betina ayam kampung (Gallus Domestika). Ayam ini mempunyai suara yang merdu seperti ayam hutan tetapi lebih jinak seperti ayam kampung.

Harga ayam bekisar : 50ribu – Jutaan. 

9. Ayam Kate

Ayam kate mempunyai perawakan yang kecil tetapi masih lebih besar dari aya serama, berkaki pendek dan memiliki taji yang panjang. Ayam ini mempunyai keindahan terutama dalam hal keindahan bulu, jengger, penampilan fisik serta tingkah lakunya.

ayam-kate

Nah diatas tadi adalah jenis dan harga ayam hias. Jika harga tidak tercantum karena saya kekurangan sumber informasi karena beberapa ayam sudah lumrah dan beberapa lagi masih belum ada harga pasarnya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.