Ciri Ciri Kucing Hamil dan Melahirkan

0
57169

Ciri-ciri kucing hamil – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang populer di Indonesia. Kucing adalah salah satu hewan yang musim kawinnya tidak teratur. Tidak teratur maksudnya sel telur kucing munculnya tidak rutin melainkan tergantung faktor luar, bahkan lamanya cahaya matahari juga mempengaruhi masa birahi pada kucing. Jika kita perhatikan misal kucing jalanan sering terlihat hamil dan beranak saat musim panas atau biasanya 1-2 bulan sekali musim kawinnya. Karena di Indonesia adalah negara tropis dan matahari lebih sering munculnya. Nah lalu apa ciri-ciri kucing hamil ? Oke untuk ciri-cirinya kita akan bahas dibawah ya.

ciri-ciri-kucing-hamil

Berapa lama kucing hamil ? Lama kehamilan kucing bervariasi antara 59-70 hari, rata-rata 63-65 hari atau sekitar 2 Bulan lebih sekitar 9 minggu. Cara paling mudah membandingkan usia kehamilan kucing adalah dengan membandingkannya dengan kehamilan manusia. Manusia hamil selama 9 bulan sedangkan kucing 9 minggu. Jika anak kucing lahir lebih cepat (59 hari misal) maka daya tahan tubuhnya akan lebih lemah dan badannya lebih kecil jika dibandingkan dengan anak yang lahir normal (63-65 hari). Atau istilah mudahnya dia lahir prematur, maka perlu perhatian yang lebih. Jika lahir normal maka tidak perlukhawatir biasanya anak kucing ini lebih sehat dan agresif.

Saat kucing birahi maka kucing akan kawin dengan beberapa jantan. Lalu yang mana bapaknya? Kucing adalah hewan superfekunditas. Artinya dari satu kelahiran, anak kucing bisa saja mempunyai bapak yang berbeda-beda. Hehe namanya juga kucing ya.

Ciri Ciri Kucing Hamil

Ada beberapa tanda kucing hamil diantaranya :

1. Perhatikan prilaku

Kucing yang hamil awal biasanya prilakunya lebih ‘manja’ dan suka mengguling-gulingkan tubuhnya di lantai. Sering juga mengeong seperti memanggil-manggil.

2. Kucing Mual

Kucing juga bisa mual saat sedang hamil terlebih lagi usia 3-4 bulan sama seperti manusia. Biasanya kucing yang hamil akan muntah setiap pagi. Tetapi jika muntahnya tidak wajar maka itu bisa jadi penyakit. Baca penyebab kucin muntah dan mengobatinya

3. Puting Kucing

Kucing yang sedang hamil biasanya mepunyai puting yang lebih besar karena hormonnya bekerja. Ini bertujuan juga untuk menyusui anaknya kelak.

4. Perhatikan Perut Kucing

Kucing yang sedang hamil perutnya akan membesar. Jika hamilnya masih muda maka bentuk perutnya seperti ada benjolan kecil yang menggembung. Tetapi jika usia kehamilannya sudah tua maka kita bisa dengan jelas melihat kehailannya.

5. Nafsu Makan

Nafsu makan kucing manjadi lahap. Kucing yang hamil memperlihatkan peningkatan nafsu makan yang signifikan. Tentunya peningkatan nafsu makan ini bertujuan memberikan nutrisi yang cukup bagi perkembangan ibu dan janinnya.

Lalu muncul pertanyaan jika kucing hamil apa boleh dimandikan? kucing hamil apa saja makanannya? nah akan di bahas di artikel selanjutnya.

Baca : Merawat kucing hamil

Ciri Ciri Kucing Akan Melahirkan

kucing-melahirkan

Setelah kucing 9 minggu hamil maka selanjutnya kucing melahirkan anak-anaknya. Ciri khas dari kucing yang akan melahirkan adalah akan mencari tempat untuk melahirkan anaknya. Biasanya di tempat yang kering dan nyaman seperti di pojokan atau lorong-lorong. Jika kucing peliharaan kita hendak lahir berikan saja kardus yang agak besar biasanya langsung masuk jika akan melahirkan. Kucing menjadi gelisah dan nafsu makan hilang.

Nah semoga bermanfaat yah artikel tentang ciri-ciri kucing hamil dan melahirkan semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.