kucing muntah

Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengatasinya

In Kucing 181872 views

Penyebab Kucing Muntah – Ada kalanya kita yang memelihara kucing menjumpai kucing kita yang muntah. Kucing muntah karena banyak alasan mulai dari muntah normal seperti hairball (baca : hairball kucing), muntah makanan, muntah keracunan, ataupun muntah karena sakit. Itu semua harus kita perhatikan secara detail agar diagnosa kita tidak salah sehingga pengobatan yang dilakukan tepat.

Muntah pada kucingpun macam-macam mulai kucing muntah dan mencret, kucing muntah buih putih, kucing muntah kuning dan lemas, kucing muntah makanan yang dimakan, kucing muntah darah, kucing muntah cacing, kucing muntah hijau berlendir, kucing muntah bening, kucing muntaber, kucing muntah busa putih, dan sebagainya.

Obat kucing muntah pun bermacam-macam ada obat alami kucing muntah ada obat buatan juga. Hal pertama yang harus dilakukan saar mempunyai kucing muntah adalah memeriksakan pada dokter hewan kesayangan anda. Tetapi jika ada beberapa alasan sehingga anda tidak bisa memeriksakannya ke dokter maka anda bisa melakukan beberapa tindakan dibawah ini untuk pertolongan pertama.

Mengobati Kucing Muntah

1. Kucing Muntah Hairball

Muntah ini adalah muntah yang alami, dan memang wajar dialami oleh kucing. Tanda kucing muntah hairball adalah muntah yang bercampur gulungan rambut dan lendir, rambut-rambut ini adalah rambut kucing yang tertelan saat grooming (membersihkan diri). Ini adalah bentuk pertahanan diri dari kucing, lamanya muntah hairball tergantung pada banyaknya rambut yang ditelan kucing, biasanya jika kurang dirawat maka kucing akan lebih lama dan sering mengalami hairball. Untuk mengatasi hairball saya sudah membuat pembahasan tersendiri disini : Mengatasi : hairball pada kucing

2. Kucing Muntah Makanan

Jika kucing memuntahkan makananya yang barusan dimakan atau selalu muntah setelah makan mungkin ada masalah dengan perutnya atau bisa jadi makanannya tidak cocok untuk kucing tersebut. Apalagi jika anda baru saja mengganti makanannya, berarti kucing tidak suka. Bisa jadi juga dalam makanan yang dimakan kucing ada zat berbahaya yang ditolak oleh tubuh kucing. Ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh kucing selengkapnya : makanan berbahaya untuk kucing

Periksa juga jika kucing betina yang muntah makanan tetapi terlihat masih sehat, aktif, mungkin saja kucing tersebut sedang hamil. Kucing juga muntah loh saat sedang hamil apalagi hamil muda. Baca : kucing hamil dan melahirkan

mengobati-kucing-muntah

Foto dari https://www.facebook.com/ferrel.attallathumoo

Pengobatan yang dilakukan coba berikan makanan yang disuka, atau makanan yang bergizi misal kuning telur mentah yang sangat bergizi untuk kucing. Kuning mentah bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi kucing apalagi kucing mengalami lemas dan diam saja, mungkin juga kucing muntah karena sakit.

3. Kucing Muntah Keracunan

Tanda-tanda jika kucing muntah karena keracunan biasanya kucing muntah berbusa. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan ialah memberikan air kelapa pada kucing (dengan sedotan atau sendok) dan memberikan karbon aktif pada kucing untuk menyerap racun yang masuk seperti memberikan norit atau karbon aktif khusus kucing.

4. Muntah Karena Sakit

Tandanya kucing muntah disertai lendir dan bau, ditambah kucing lesu, badannya panas dsb (baca : tanda kucing sakit). Sakit yang diderita pada kucing yang muntah sangat bermacam-macam. Perlu diagnosa yang lebih untuk mengetahui penyakit yang dideritanya. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan memberi asupan vitamin, memberi makan kuning telur mentah untuk memenuhi gizinya, dan rawat dengan baik (jangan dimandikan dulu). Selanjutnya saya sarankan untuk menghubungi dokter.

5. Muntah Cacing

Ada kalanya kucing muntah cacing, ini dikarenakan kucing sedang terinfeksi cacing. Jika kucing muntah keluar cacing maka infeksi cacingnya sudah lumayan parah. Segera obati kucing tersebut, bisa baca cara mengobati kucing cacingan

Nah diatas adalah beberapa alasan kenapa kucing muntah, obat kucing muntah, dan pertolongan pertama pada kucing yang muntah. Semoga kucingnya lekas sembuh dan kembali sehat seperti sedia kala.

Tags: #hairball pada kucing #kucing #kucing muntah #penyebab kucing muntah

Nama Kucing Populer untuk Kucing Jantan dan Betina
Nama Kucing Populer untuk Kucing Jantan dan Betina
Nama Kucing – Memberi nama pada kucing
100+ Nama Kucing Bahasa Korea yang Bagus dan Artinya
100+ Nama Kucing Bahasa Korea yang Bagus dan Artinya
Nama Kucing Korea – Punya peliharaan seekor
Cara Mudah Menjinakkan Kucing Giras untuk Pemula
Cara Mudah Menjinakkan Kucing Giras untuk Pemula
Cara Menjinakkan Kucing – Hampir seluruh cat
Ciri-Ciri Kucing Maine Coon Asli
Ciri-Ciri Kucing Maine Coon Asli
Kucing Maine Coon Asli – Kucing ras
Mengenal Kucing Maine Coon Lebih Dekat
Mengenal Kucing Maine Coon Lebih Dekat
Kucing Maine Coon – Kucing maine coon
Perbedaan Kucing Persia Peaknose dan Persia Flatnose
Perbedaan Kucing Persia Peaknose dan Persia Flatnose
Persia Peaknose dan flatnose – Kucing persia
Jenis Kucing Persia yang Paling Lucu untuk Dipelihara
Jenis Kucing Persia yang Paling Lucu untuk Dipelihara
Kucing Persia – Kucing persia adalah salah satu
9 Ciri Kucing Anggora Asli yang Lucu
9 Ciri Kucing Anggora Asli yang Lucu
Kucing Anggora – Kucing Anggora adalah salah satu
Mengobati Kucing Sakit Mengeluarkan Air Liur Mulut Berlendir
Mengobati Kucing Sakit Mengeluarkan Air Liur Mulut Berlendir
Mengobati Kucing Mengeluarkan Air Liur – Dalam
Cara Mengatasi Kucing Galak atau Agresif Beserta Penyebabnya
Cara Mengatasi Kucing Galak atau Agresif Beserta Penyebabnya
Mengatasi Kucing Giras, Galak atau Agresif –
Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir dengan Benar
Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir dengan Benar
Merawat Anak Kucing Baru Lahir – Apakah anak
Cara Menangani Kucing Stress atau Depresi dan Penyebabnya
Cara Menangani Kucing Stress atau Depresi dan Penyebabnya
Menangani Kucing Stress – Kucing bisa stress
Kenapa Kucing Mengeong Terus? Arti Kucing Mengeong dan Solusinya
Kenapa Kucing Mengeong Terus? Arti Kucing Mengeong dan Solusinya
Kucing Mengeong Terus – Ketika memelihara kucing
Download Suara Kucing Lucu, Berantem, Kawin, Marah, Kucing Anak MP3
Download Suara Kucing Lucu, Berantem, Kawin, Marah, Kucing Anak MP3
Download Suara Kucing – Kucing memang salah satu hewan
Cara Mengobati Kucing Keracunan Salah Makanan
Cara Mengobati Kucing Keracunan Salah Makanan
Mengobati Kucing Keracunan – Beberapa kasus yang
Tahapan Pertumbuhan Kucing dari Kitten Sampai Dewasa
Tahapan Pertumbuhan Kucing dari Kitten Sampai Dewasa
Pertumbuhan Kucing – Tahapan tumbuh kembang kucing
3 Penyebab Kucing Mengeluarkan Pup Berdarah dan Solusinya
3 Penyebab Kucing Mengeluarkan Pup Berdarah dan Solusinya
Kucing Pup Berdarah – Kucing mengeluarkan kotoran
Cara Mengobati Kucing Mata Bengkak Berair Bernanah
Cara Mengobati Kucing Mata Bengkak Berair Bernanah
Kucing Mata Bengkak – Mempunyai kucing yang
Pertolongan Pertama Ketika Kucing Sakit Tanpa Dokter Hewan
Pertolongan Pertama Ketika Kucing Sakit Tanpa Dokter Hewan
Pertolongan Pertama Kucing Sakit – Oke teman-teman cat lovers
Jenis dan Harga Kucing Presia (Medium, Peaknose, Himalaya, Flatnose)
Jenis dan Harga Kucing Presia (Medium, Peaknose, Himalaya, Flatnose)
Jenis dan Harga Kucing Presia – Kucing persia
  1. WiniShinta Hanifah4 years ago

    Gimana cara ngobatin kucing yg susah makan sama muntahnya berbusa ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      wah itu udah bahaya mba kayakny salah makan atau keracunan, coba di kasi susu kucingnya. trus periksakan.

      Reply
      • Joeeka23 years ago

        Kucing saya muntah dah semingguan, itu kenapa yahh

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          periksa ke dokter saja kalo sudah seminggu

          Reply
  2. Seputar Kucing4 years ago

    terimakasih infonya 🙂

    Reply
  3. rizkiyana4 years ago

    Kucing saya sempat gak mau makan. Kemudian tiba2 kelaparan minta makan. Dikasi makan malah muntahin lagi makanannya. Barusan dikasi makan muntah lagi. Jd kurusan. Apa tu penyebabnya ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      penyebabny mungkin masih ada racun/bakteri d perut kucing. coba dihilngkn dulu bisa dengan memberi anti racun atau akar kucing. sy bukn dokter hewan tp klo konisiny menurun dan lemas kmungkinan ad pnyakitny coba d periksakn.

      Reply
  4. rai4 years ago

    Permisi.. numpang tanya
    Pagi aku bgn tdr aku temukan pun sama muntahan kucing.. muntahan nya warna kuning, ada juga yg putih berlendir.. itu kenapa ya? Kucing ku baru umur 2 bln. Apa hrs aku bawa ke dokter hewan atau ada pertolongan pertama?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Pertolongan pertama beri susu sis guna penawar racun. jika kucing lemas saya sarankan periksakan ke dokter. tapi jika kucing sehat dan segar mungkin itu muntahan yang wajar

      Reply
      • Fatma3 years ago

        Ka, kalo kucing dikasih susu yang biasa diminum sama mausia boleh ngga? cth; susu beruang, susu dancow
        Terus mau konsul ka, kucing ku sakit kayanya flu, bersin bersin gitu terus ingusan, tapi gamau di kasih makan. Jadi aku harus bagaimana? Tolong reply ya ka, makasih sebelumnya

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          Bisa tapi berikan yg rendah gula, ya tp lb baik susu kucing. Flu bersin pnyebabny virus. Bisa di beri vitamin dan istirahat

          Reply
  5. ririn4 years ago

    sis, klo pus diare kemudian setelah itu pusq muntah warna kuning tp ngga berbusa, berbahaya ngga? kmrn pusq hbs muntah bulu.. trima kasih 🙂

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      kalo kucingnya masih seger + mau becanda itu ga pp sis, masih wajar

      Reply
  6. Zhirra nayrasiffa4 years ago

    Ass…
    Kucing saya udah 2 hari ini muntah2 trus,muntahannya hanya sisa makananya setelah muntah masih mau makan tapi setelah itu apa yg dy makan d muntahkan juga,kadang muntahannya masih berbentuk makanannya..
    Dan kalau kucing saya muntah d akhir muntahanya terdapat busa dan badanya lemas dan nafasnya seperti bau bangkai..
    Apakah ada solusi dari pertanyaan saya gan?
    Saya sudah memberikannya air kelapa muda itu d anjurkan dokter.. tapi kucing saya tetap saja muntah sampai saat ini..
    Maaf gan apakah ada solusinya selain itu?

    Reply
  7. Vee4 years ago

    Numpang tanya kucingku bulunya sllu rontok umur kucingku sdh 1 th. Padahal sdh dikasih obat spya ga rontok tp ttep aja rontok itu knpa yaa?? Trims.

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      coba dari makanan atau susunya nya di ganti sis kayaknya ga cocok

      Reply
  8. fik4 years ago

    kucing saya hampir tiap hari muntah. warnanya kuning dan berlendir. muntahnya setiap malam. itu kenapa ya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Bisa jadi ada peradangan di usus mas, coba di bawa saja ke dokter kalo kucingnya lemas. atau bisa di kasih cairan seperti susu atau air kelapa

      Reply
  9. sarajevo3 years ago

    Kucing saya anggora muntahnya bening setiap makan selalu muntah kalau diajak main diem gk seperti biasanya
    BAGAIMANA CARA MENGATASINYA?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kalo sudah lemas mending di bawa ke dokter mas.

      Reply
  10. shida3 years ago

    Assalamualaikum… maaf saya ingin tahu… kucing ini baru saja saya temui dijalanan.. disebabkan terlalu sukakan kucing dan kasihan pada si kecil ini jadi saya bawanya pulang kerumah… udah seminggu si kecil ini duduk dengan saya tiba2 saja masa saya mahu bagi si kecil ini makan tiba2 saja dia muntah kuning… tapi muntahnya biasa saja.. saya mohon pertolongan dari Tuan… Makasih ya.

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      waalaykummusssalam coba di beri air kelapa untuk pertolongan pertama, jika kucing lemas ada lebih baiknya di bawa ke dokter.

      Reply
      • shida3 years ago

        terima kasih diatas kesudian menjawab pertanyaan saya… kucing saya telah pun pergi meninggalkan kita semua… saya sempat bagi dia minum air glugos… tapi Allah lebih

        Reply
      • shida3 years ago

        terima kasih diatas kesudian menjawab pertanyaan saya… kucing saya telah pun pergi meninggalkan kita semua… saya sempat bagi dia minum air glugos… tapi Allah lebih sayangkan dia…

        Reply
  11. ahlan aziz3 years ago

    Gan kucing ane kan ga mau mkan tu 3 hari cuma makan sdikit sih ,trus ane bawa ke dokter kmaren muntah juga , trus di suntik anti biotik sama vitamin penambah napsu makan , trus katanya dokter bner kena lambungnya radang ,trus di saranin pake promag ½ biji ,pas ane minumin di muntahin tu sama kluar lendir kuning ,dan knapa masih tetep ga mau makan ya pulang dr dokter itu ? Plis jawab gan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Coba promagnya di encerin dulu, nanti cairannya di spet ke kucingnya. kalo obatnya di muntahin biasanya saya spet biar cepat terserap

      Reply
  12. Amalia3 years ago

    Kemarin saya nemuin kucing saya lagi tiduran lemas sekali di samping rumah, saya bawa masuk, kemudian dia muntah-muntah, cairan yg dikeluarkan berwarna kuning. Kemudian dia minum air putih, banyak, lebih banyak dari biasanya. Terus dia tidur. Selang beberapa jam dia muntah lagi, tapi warnanya bening, berlendir, sedikit berbusa. Tadi malam saya suapin susu ke dia, dia tidur, kebangun juga dia muntah, warnanya kuning lagi, terus muntah berturut2 tapi bening lagi, kira2 kucing saya kenapa ya? saya harus bagaimana? terimakasih

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kayaknya ada infeksidi lambung mba, coba di bawa ke dokter hewan.

      Reply
      • Amalia3 years ago

        Terimakasih informasi dan sarannya gan, tapi sebelum saya sempat bawa ke dokter dia mati, 06 Agustus siang 🙁

        Reply
  13. putri3 years ago

    Kucing saya muntah2 dan start dari itu dia kurang makan. Kurang minum. Berat badannya makin susut. Kelihatan perubahan yang sangat ketara. Badannya mulai kurus. Dia juga kerap tidur , lesu dan kelihatan lembik. Kenapa ya? Dan dimana saya dapat cari akar pohon kucing?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      akar pohon kucing bisa di cari di kebun. Kalau tidak ada bisa pakai air kelapa atau susu. Tapi jika sudah parah bawa kedokter bisa jadi radang didalam

      Reply
  14. tika3 years ago

    Maaf..
    Saya mau tanya.kucing aq udh 2hari muntah warna kuning.tp ga berbusa.makannya jg masih bnyk.masih mau bermain.apa yg saya hrs lakukan. Trimakasih

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      coba dilihat beberapahari masih muntah atau cuma sekali saja, kalo sekali saja biasanya normal, mungkin salah makan.

      Reply
  15. riana3 years ago

    Permisi mau tnya.
    kucing saya sudh 2hr sakit .muntah kuning n ad cacingnya .dan tidak napsu makan.sudh dikasi susu dan ikan jg tidak mau.
    kucing saya jd kurus
    Jd kira kira cara mengobatinya gmana.

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      sebaiknya beri obat cacing dan periksakan ke dokter..

      Reply
  16. endah3 years ago

    Kucing sy hbis mnum susu biasa nya stlah 15 mnt dy pup dipasir tp berhubung jauh dr pasir dy malah muntah susu tsb kluar lagi stlah bbrapa jam dy mnum… apa yg harus sy lakukan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kejadiannya sekali apa sudah beberapa kali? kalo sekali dan kucing masih aktif bisa saja itu karenya kekenyangan atau muntah biasa. kalo sering bisa jadi ada penyakit, segera periksa ke dokter

      Reply
  17. Warnida Hafsyari3 years ago

    Tolong dibantu kucing que udah 2 hari muntah kuning dan berbusa, lgi pula tidak mau makan minum susu juga tidak mau… gimana cara pertolongan pertamanya?? badannya lemas telinga kanan kotor dan mata kananx sakit

    Reply
  18. ndry3 years ago

    permisi om tante. . . . .numpang nanya kalo kucing ny muntah bening berbusa trus ada muntahan sisa mkn bercampur lendir darah gtu sdkit bahaya gk ya ???? kucing ny msih aktif aja main becanda ny ????

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kalo cma sekali mungkin aman, kalo sudh bbrp kali mnding bawa ke dokter hwan

      Reply
  19. kartika3 years ago

    ass, gan mau tanya kucing anggora saya hari ini muntah2 terus, munthnya sisa mkanan,, trus berlendir juga,,, sehbis munth kucingnya jdi lemas.. itu solusinya gimna yaa

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      saya bukan dokter hewan gan, tp pertolongan pertama kasih susu atau air kelapa. setelah itu bawa ke dokter

      Reply
  20. annisa3 years ago

    Ass.sya mau berranya udah 2 hari ini kucing saya gak mau makan dan minum sama sekali . Apalagi kucingnya lagi selaputan pada matanya .selain itu muntah2 kuning terus . Padahal kemarin dia baru aja muntah keluar cacing . Apakan itu beresiko besar buat kucing sya ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      melihat kondisinya sepertinya terkena cacingan parah, silahkan konsultasikan dengan dokter mba atau beri obat cacing.

      Reply
  21. chelsi dwi putri3 years ago

    Bagaimana kalo kucing mengatasi kucing gk nafsu makan dan lemas

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      apa gejalanya hanya itu? saya kurang tau coba dibawa ke dokter agar lebih akurat diagnosanya

      Reply
      • sayid3 years ago

        punten mau naya saya punya kucing persia dia muntah berwarna kuning karena makan sereh terus dia lemas gk mau makan kenapaya

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          kalo keracunan makanan kasih susu saja. kalodah keluar biasanya normal lagi

          Reply
  22. Yuva3 years ago

    Kucing saya barusan muntah isinya makanan, tapi setelahnya berledir dan ada sedikit darah. Saya khawatir ada yang luka di dalam perutnya. Sebaiknya bagaimana ya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      sebaiknya periksa ke dokter saja sis, klo luka dalam kita kurang faham

      Reply
  23. Vita3 years ago

    Hari ini kucing saya muntah udah 2 kali, muntah nya cairan putih susu ada sedikit busah nya, tp saya gak pernah kasih iki susu. Kenapa yg kira2..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      wah maaf saya kurang tahu kasus yang seperti itu

      Reply
  24. Mell_메리사♥♥ (@mizz_melmel88)3 years ago

    kk mau pny tanya aq punya kucing dy udah 2 hari ini muntah warna kuning gt… makan sm main jg g mau.. gmn y solusiny? aq ksh trus aer putih krn hidungny kering g kek biasany lembap…mohon bantuanny kasian sm kucingny…

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      sebaiknya dibawa ke dokter saja untuk pemeriksaan lebih lanjut

      Reply
  25. bagus3 years ago

    kenapa kucing saya muntahnya warna kuning ap kah anda tau ?

    Reply
  26. radit3 years ago

    kucing saya semalam muntah putih, terus ada cairan agak kecoklatan tidak berbau. dan udah seharian sampai sekarang belum mau makan. penangannya gimana ya kak / mas?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      maaf ya mas saya bukan dokter jadi kurang bisa kasih resep atau apa tapi untuk pertolongan pertama kasih susu saja dan air kelapa, slanjutnya bisa bawa ke dokter

      Reply
      • radit3 years ago

        terimakasih gan

        Reply
  27. Junaidi3 years ago

    Kucing saya mintah2 dan gak mau makan. Itu kenapa ya ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      saya ga tau kenapa, gejalanya kurang jelas. coba periksakan ke dokter

      Reply
  28. nana3 years ago

    Mau tanya kucing saya muntah dan muntahnyaa itu sisaa makananyaa dia sendiri sebelum muntah perutnyaa itu blubulbluk bunyinya kayaa org masuk angin obatnyaa apaa yaaa

    Reply
  29. Rifki3 years ago

    mau tanya..kl kucing muntah ada cacingnya (muntah buih wrn putih dan ada cacing wrna putih) kenapa y? Pertolongannya gmn y?

    Reply
  30. nurul3 years ago

    boleh tanya kucing saya muntah, saya lihat muntahnya itu makananya apa karna ga cocok makanya pak

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      coba di ganti, kalo masih muntah berarti bukan makanannya. Periksa saja mas amannya sih

      Reply
  31. Aghoest3 years ago

    Kucing saya muntah setelah di beri makanan whiskas junior cair..saya kasih setengah saset..dalam waktu kurang lebih satu jam sikucing muntahin makanan tersebut dan kelihatan lemas beberapa menit..setelah itu dia kembali lincah lagi..apa memang makanannya tidak cocok ato terlalu berlebihan takarannya..berbahayakah untuk si kucing? Dan bagaimana solusinya karena saya baru pertama kali memelihara kucing..mohin pencerahannya trims

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      pertama coba ganti dulu makannannya. kalo masih muntah berarti bukan dari merk tersebut. Tetapi kalo sudah tidak muntah mungkin memang kurang cocok.

      Reply
  32. Novia3 years ago

    Kucing saya dari tadi malam muntah” kuning ke ijo”an itu knpa?trus ga mau makan juga,,cara mengobatinya gimna?trims

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kuning ijo biasanya ada masalah dilambungnya, coba bawa ke dokter saja barang kali parah.

      Reply
  33. annisa yahha n3 years ago

    Hai. Kucing saya kucing lokal usia 16bulan. Udah 1.5 hari yang lalu kuccing saya tiba2 murung, gak mau makan gak mau minum, terus kemaren pagi dia muntah kuning. Kira2 penyebabnya apa, pertolongan pertamanya bagaimana? Mohon bantuannya. Makasih^^

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Muntah kuning berbusa tidak? biasanya ada masalah di hatinya. coba bawa saja kedokter hewan, kalo masalah penyakit dalem lbh baik bawa ke dokter

      Reply
  34. Annisa yahha n3 years ago

    Hai. Kucing saya kucing lokal usia 16bulan. Sejak 2hari yang lalu kucing saya tiba2 murung gamau makan gamau minum, cuma bisa tidur, jalanpunlemes banget sepertinya. Kemaren saya liat dia muntah kuning gitu. Kira2 apa penyebabnya terus gimana pertolongan pertamanya? Mohon dibantu. Makasih^^

    Reply
  35. AvrilLiany3 years ago

    Kucingku juga kayak gitu, padahal baru kemarin dia sakit, dan tadi jam 11an dia udah pergi duluan:'( dia selalu ngeluarin air liur yg ada dimulutnya berlebihan (bukan pada umumnya) matanya sayup, buat gerakin kepalanya pun dia gak bisa:'( inget terakhir kali dia ngeluarin tenaga waktu di infus:'(, kata dokter dia kena virus, tp entah virus apa

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      semoga cepat sembuh kucingnya sis :'(

      Reply
  36. Nadya3 years ago

    Kucing saya 2 hari yg lalu muntah warna kuning dan sekarang muntah lagi tapi warnanya hijau. Itu kenapa dan obatnya apa ya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      untuk obatnya saya kurang tau, tapi kalo sudah kuning atau hijau ada masalah sama lambungnya silahkan hubungi dokter hewan

      Reply
  37. david3 years ago

    kucing saya dr kamis tdk mau makan dan muntah pada sore hari..warna muntahnya kuningdan di mulutnya selalu ada busa dan air liur…..jumat pagi saya bawa ke doktr trus katanya suhu badan nya panas jd hrus di kasih obat pereda panas dulu..setelah itu di kasih obat cair untuk mual dan itu kita bawa pulang lalu di suruh memberikan makanan kucing yg lunak dahulu proplan kl kagak salah..tp jam 1.30 smpe jam 5 kucing saya sudah 12-13 kli muntah dan sya tlp k petshopnya katanya cb di bawa lagi dan akan di coba suntik obat mual nya serta akan di cek di lab takutnya kena virus….totalnya bisa sampe 200 rb untuk suntik mual sm lab nya..td pagi saya sudah habis 200 juga..makanya saya tidak langsung mengiyakan..tp hri ini tmbah parah..sedangkan saya kurang paham soal pnyakit kucing dan jujur saya tidak punya uang lebih kl kucing ini sakit..kalau menurut artikel yang anda tulis kucing saya terkena penyakit hati..jadi solusi pengobatan nya bagai mana??krn saya tebentur keterbatasan dana..kl hrs rawat inap bisa smpe jutaan mungkin…apa ada yg bisa membantu saya???trimakasih

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Kalo demikian keadaannya saya cuma bisa kasih saran beri makan dengan kandungan protein yg tinggi. kalo ga mau makan ya paksa, spet bila perlu. semoga kondisinya membaik

      Reply
      • Fikaptr9 months ago

        Saya punya kucing usia masih kecil terus muntah muntah warna putih sudah 2 hari muntah muntah tapi muntahnya selalu malam hari padahal dia belum bisa makan masih minum susu induknya itu bagaimana ya ? Atau si anak kucing sakit ? Atau induknya salah makan lalu berdampak sama anaknya?

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang9 months ago

          bisa di kedua kemungkinan, bisa induknya atau anaknya yg sakit. Usia berapa bulan?

          saran saya sh bawa ke dokter, tapi kalo ga memungkinkan beri probiotik

          Reply
  38. Laras wita mori3 years ago

    Hi saya mau tanya. Kucing saya kadang suka muntah berbentuk cair agak berlendir warna agak coklat kekuningan, dan barusan ternyata sudah mati saya liat di kandang. Sebelumnya saya coba ke dr. Hewan terdekat tp beliau sedang tidak ada, jadi saya pikir besok2 bisa kembali. Ternyata barusan sy lihat mati. Btw kan 1 kandang ada 3 kucing, dan salah 1 kucing yg lainnya juga mulai muntah tadi. Apa kah kira2 ada yang tau ya penyebabnya? Oiya untuk kandang nya juga gak saya tutup kain, apa mgkin kedinginan masuk angin ya?? Terimakasih ??

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Kalomenular penyebabnya bakteri atau virus coba cek ke dokter saja,saya kurang tau obat-obatanapa yg dipakai.

      Reply
  39. faizhal3 years ago

    Kucing saya sudah 5 Kali muntahnya empedu berwarna hijau,tolong infonya!!

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      maaf kalo obat lbh baik ke dokter, saya kurang tahu

      Reply
      • Rere3 years ago

        Mau tanya kak, saya ada kucing persia umur 8 bln. Biasanya dia makan banyak dan terlihat gendut. Dua mingguan ini dia muntah2 terus. Muntahannya berupa makanannya. Warna kuning msh bntk sisa makanan. Tp dia msh aktif, msh ngeang ngeong, msh manja sm saya mnt digendong dimanja begitu. Tp jd susah makan. Hr ini sdh mau makan habis tp muntah2 lagi. Itu gimana ya?

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          coba ganti makanannya, kalo masih muntah masalahnya berarti di perut si kucing. Coba pertolongan pertama dengan susu atau air kelapa. jika masih berlanjut hubungi dokter 😀

          Reply
  40. Sheila3 years ago

    Kebetulan tadi aku cari info Tentang muntahan kucing, nah kalo muntahannya kucingku gk terlalu buruk sih kayaknya salah makan, tapi anehnya dia sehabis muntah malah meong2 gitu, di kasih makan ataupun minum enggk mau itu kenapa ya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      mungkin kalo orang sih ngeluh gitu sesuatu terjadi, atau berusaha ngasih tau majikannya

      Reply
  41. pino3 years ago

    aku mau nanya kucingku beberapa hari ini habis makan selang berapa jam gitu muntah dan muntahannya sisa makanan. awalnya aku anggap cuma muntah kekeyangan tp beberapa hari ini gitu trus. gimana ya ngobatinnya? khawatir bgt sama keadaan kucingku.

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      coba saja dikasi susu atau air kelapa

      Reply
  42. Dhimas3 years ago

    kak tolong kucing saya donk kucing saya ada 11 yang sakit muntah kuning ada 3 penyakit itu apakah menular dan apa solusinya makasih kak…

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      saya tidak tahu menular apa tidak, tapi di pisah saja untukmencegah

      Reply
  43. Robbi3 years ago

    Agan yg baik hati tolooong 🙁 kucing sy muntah muntah terus, yg pertama muntahin makanan nya, trus berlanjut muntah2 nya berwana kuning berbusa dan aga2 kotor gitu. Itu penyebabnya apa yah? :’) apa karna gara2 kracunan gr2 saya kasi makan whiskas dan makanan kucing yg bulet2 gitu diaduk dicampur namun menggunakan sendok yg belum dicuci? Itu sendok sblumnya selalu dipakai mengaduk mknan tadi, apakah gara2 hal itu? Sy takut kucing saya knapa knapaaa 🙁 mohon bantuan nya dan sarannya yah 🙁

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kemungkinan kucing terkena liver. silahkan konsul ke dokter mas

      Reply
  44. Syifa3 years ago

    Kucing saya dah 2hari nggak mau makan trus muntah muntah berupa bulu dan sisa makanan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      itu normal, namanya hairball.

      Reply
  45. Rere3 years ago

    Kucing saya sudah dua minggu ini munrah2. Muntahannya warna kuning berbentuk sisa2 makanan. Tp tdk ads lendir atau air liur. Kucing saya jd susah makan dan lebih kurus. Tp msh aktif, msh ngeong2, msh manja mnt digendong dan dimanja. Gimana ya solusinya? Sy ada dua kucing.seminggu stlh kucing prtm muntah kucing kedua ikut2. Tp msh aktif juga. Mohon infonya.

    Reply
  46. Irfan3 years ago

    Bro, numpang tnya dong..kucing sy persia umur 9bln udh 2hr ini muntah2 tp berlendir tdk berwarna alias bening trus ad smacam kotoran gt..kliatannya jd ngg lincah, lemas dan ngg mao makan, dl diksih royal canin tp bbrp bln ini diganti proplan..oiya bulu ny jg rontok agak byk ngg ky biasany..mhn pencerahan kira2 ap yaa penyebabny..tks

    Reply
  47. Natasya dea3 years ago

    Kucingku umur 5 bulan. muntah pertama cairan bening terus kedua sampe keempat itu muntahnya ijo. Itu gimana yaa

    Reply
  48. karin3 years ago

    Permisi kak,boleh numpang tanya. Kucing saya 2 hari yang lalu muntah berwarna kuning dia lemas dan gak mau makan,lalu 2 hari kemudian dia muntah lagi berganti warna menjadi coklat,kalau boleh tau itu penyakit apa ya?

    Reply
  49. panji3 years ago

    Sore dok, mau tanya ini kucing saya tadi nya terlihat seperti sedang hamil tp skrng kempes dan juga dia malah muntah2 cairan berwarna kuning dengan bau amis yg menyengat. Itu kira2 kenapa dan cara penangannya gimana ya ? Mohon bantuannya, makasih :’)

    Reply
  50. arien3 years ago

    salam kenal
    kucingku 4 kni tinggal 1 gara2 sakit mencret n muntah2 apakah keracunan atau apa y
    mohon pengalamannya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Kemungkinan terkena muntaber. jaga kebersihan kandangnya coba

      Reply
  51. Finna Parahita3 years ago

    Hi kak, mau numpang nanya nih, kucing aku ada dua, yang satunya muntah-muntah kuning dan berbusa, kadang muntah rumput…terus kemarinnya masih doyan makan sekarang dah gak doyan, saya sudah kasih vitamin tapi malah di muntahkan…kalo yang satunya ingusan sampai hijau-hijau gitu kak ingusnya, sudah 4 hari gak mau makan…itu gimana ya kak…

    Mohon di reply

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      wah banyaksekali yah keluhannya hehe, sebaiknya bawa kedokter sis soalnya saya tidak berani ambil kesimpulan

      Reply
    • rakhmad3 years ago

      Coba kasi degan ijo. Cara ngasihnya ambil sedotan aqua gelas trus isep degan ijonya n masukin ke mulut mpus. Kucingku kadang muntah n stelah kasih itu trus besoknya lincah lagi. Tapi jangan lupa kotoran kucingnya harus dibersihkan. Mungkin karena terlalu kotor

      Reply
  52. iwo3 years ago

    Dear Freinds,

    kucing saya hari ini 19 Jan 2016 lepas dari Rumah, kemudian pulang kerumah dan langsung muntah darah dan tidak tertolong nyawanya. kami tidak bisa membawa kedokter karena prosesnya sangat cepat sekali.
    mohon advisenya apakah dia salah makan sehingga terjadi hal seperti itu dan cara mengantisipasinya apabila muntah darah.
    terima kasih atas responnya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      muntah darah bisa jadi ada luka dalam om, apakah ada bekas pukulan atau lainnya?

      Reply
      • uswah3 years ago

        kucing saya sudah 3 hari muntah2, kalo hbis makan muntah berupa mkanan klo tidak hbis mkan muntah busa tp masih lahap makannya masih aktif jg sprti byasa kecuali hbis muntah lemes sbntar. ada pertolongan pertama dulu ato hrus ke dokter hewan ? mksh

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          seperti yang sudah saya jelaskan diatas, pertolongan pertama berupa air kelapa atau susu. jika masih berlanjut sebaiknya hubungi dokter

          Reply
  53. Mocip3 years ago

    Maaf mau tanya, kucing aku muntah muntah warnanya bening dan berlendir gitu, trus doi juga gak mau makan, badannya lemes, seharian tidur mulu. Bagaimana penanganannya ya? Mohon jawabannya, trimakasih

    Reply
  54. Miw3 years ago

    Kucing saya dari kemarin muntah sampai hari ini. Awalnya muntah biasa terus nuntah cacing,seerusnya nuntah kuning&gak ada makanan yg masuk sama sekali 🙁
    Mohon bantu jawab yah,thanks
    🙂

    Reply
  55. ria3 years ago

    Hai salam knl sis ni sy mau tny klo susu u kucing tu ky gmn y? klo d ksh susu manusia ky dancow gt gmn boleh g y soalny klo beli susu d petshop jauh dr rmh sy. Trmksh

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa saja diberikan, tapi kurang bagus. Kalo bisa yang rendah gula ya susunya.

      Reply
  56. silvia3 years ago

    Permisi mau tanya.. udh sekitar 5hr ini kucing terkadang muntah berwarna kuning berbusa.. knp yaa ? Apa karena makananmya? Apa bener obat nya minum air kelapa?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      air kelapa sama susu itu hanya untuk pertolongan pertama sis, sebenernya harus dibawa ke dokter. Ini langkah awal saja.

      Reply
  57. danang nuryadi3 years ago

    Saya puya kucing ,dia tiba tiba ga mau makan sama muntah muntah ,itu kenapa ya ,?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      coba yang dimuntahin apa om? cuma lendir atau makanan?

      Reply
  58. danang nuryadi3 years ago

    Muntah nya ,cairan ke kunig kunigan

    Reply
  59. niza3 years ago

    Siang brosis… mau nanya donk. Pagi tadi kucingku muntah2. Muntahnya kuning, tdk berbau dan kayak ada bulu2nya. Hbs itu dia msh aktif becanda. Nah siang ini dia muntah lagi berbusa n bening trs jd ga mau makan n minum juga. Kira2 apa ya penyebabnya??? Thanks brosis…

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kalo muntah ada bulunya wajar sis, namanya hairball. Kalo bening gitu coba di pantau terus. hair ball biasanya cuma seminggu sampai tuntas keluar seluruhnya, nafsu makan memang akan berkurang sis. kalo masih berlanjut di khwatirkan adanya penyakit radang usus coba hubungi dokter.

      Reply
  60. putri3 years ago

    Hai kak salam kenal, aku mau tanya ka, kucing aku mual tapi ga muntah terus dia terlihat lemes dia juga gamau makan dan gamau minum susu. Ini kenapa ya kak kucing aku? Aku pengen kasih antasida untuk hilangin mualnya tapi aku takut.

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      wah saya juga kurang tahu kalo obat obatan hehee takut salah 😀

      Reply
  61. Karima3 years ago

    Mau tanya kucing saya udah 2 hari muntah tapi ga sering sehari cman sekali si mntahnya dan muntahannya itu makanannya yg dia makan tapi pas akhirnya kaya ada cairan kuning gtu trus nafsu makannya agak nurun di ajak main masih mau si tapi ga buang air besar dari kmarin . Kenapa yaa ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      coba dikasih serat kaya akar kucing, mungkin sembelit atau ada masalah sama pencernannya

      Reply
  62. Dian3 years ago

    Kucingku muntah muntah .. Sufah di baqa ke dokter ,hati kedua setelah berobat berenti muntahnya. Hari ke tiga muntah lagi bening kaya ada sisa makannya … Kenapa ya ???

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      mungkin masih blm sembuh total sis.

      Reply
  63. Vivi3 years ago

    Permisi numpang tanya anak kucing aku belakangan ini matanya suka belekan dalam jumlah yg tdak wajar, sdah sy beri obat tetes mata namun tdak berkurang (tdak tiap hari krn kesibukan ke luar kita). Nah apa yg bsa sy lakukan utk anak kucing sy y? Mksh

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      anak kucing emang rawan, coba pakai rebusan air daun sirih atau gunakan obat d apotik yg mengandung antibiotik. obat tetes mata hanya mengobati iritasi ringan. kalo boleh tahu umurnya berapa?

      Reply
  64. Ayu Lestari3 years ago

    Assalamu’alaikum.. maaf kk numpang tanya.. kucing saya udh 2 hri ni muntah berwarna kuning gak mw mkan 2 hri ni.. apa yg hrus dilakkan??
    Mksih
    Wsslam

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      waalaykummussalam. seperti solusi yg sudah2, pertolongan pertama beri air klapa atau susu kucing. jika masih berlanjut lbh baik hub dokter sis.

      Reply
  65. lala3 years ago

    mau tanya, kucing saya dari kemarin muntah muntah kurang lebih sudah 4 kali… dan muntahnya bewarna putih lendir, terus dikasih makan juga kaya ga napsu… itu kenapa ya? apa solusinya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      wah saya takut salah sis, coba bawa saja ke dokter 😉

      Reply
  66. akbaradi3 years ago

    Min… kucing saya tiba tiba lemes… matanya sayup layu… trus dia lemes kenapa ya??? Dia juga gamau makan…

    Reply
    • akbaradi3 years ago

      Beberapa kali juga muntah…

      Reply
  67. Yuuki Haris3 years ago

    Assallamualaikum..
    Kucing saya muntah hari ini, ketauannya pas saya pulang kerja, muntahannya itu keluar sisa makanan, apa bener cuma kelebihan makan? Soalnya suhu badannya juga agak panas, tapi diperiksa kayanya gak ada luka atau benjolan.
    Makasih..

    Reply
  68. priya sulistiani3 years ago

    Assalamualaikum, saya mau nanya.
    Kucing saya namanya kitty muntah kuning sama di mulutnya selalu ada busa dan air liur, dia juga lemes ga mau makan sampe akhirnya mati.
    Terus kucing saya yg lain kaya gitu juga udah saya kasih susu sama air kelapa tapi masih tetep aja.
    Gimana solusinya ya biar kucing saya ga mati lagi ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      ke dokter aja sis kasian ituu

      Reply
  69. Mala3 years ago

    Kucing saya sudah 2 hari muntah2 , lemes gk mau makn , tiduran trs dan bulunya rontok. Klo dy muntah warnnya kekuningan dan bau.sempet keluar cacing dr muntahnya , setelah saya kash obat cacing muntahnya tidk ada cacing tp warna kuning bening dan bau. Itu penyakit apa ya? Cra mengobatinya gmn? Pake air kelapa bisa?Terima kasih

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      air kelapa hanya pertolongan pertma, cara terbaik hub dokter sis

      Reply
  70. handa3 years ago

    kucing saya sudah dua kali berbeda hari muntah air warna nya agak kuning, tp gak mengeluarkan busa dan dy juga masih mau makan, apa kah ini berbahaya? dan apa obat nya? thanks

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kalo obat coba tanya dokter hewan om. ane kurang faham soalnya

      Reply
  71. Cuplis3 years ago

    Barusan kucing aku muntah, yg pertama keluar makanannya, yg Kedua muntah cairan bening, yg ketiga agak kental Dan berbusa….. Apakah masuk angin ya???

    Reply
  72. maryam3 years ago

    Pak,, kucing saya spertinya terkena racun, dia lintak tidak apa saya tinggal sbentar, stelah pulang udah kejang2 berbusa, pips trus pup kuning encer, di minumin air kelu ky racun tw pa gx tw, di minumin susu dia mulai setabil gx kejang2 dia gerak2, kepalanya gx lemes bgt tapi pupnya kya ada merah2 nya ky darah mungkn, setelah beberapa wktu hbis minum susu dia muntah banyak bngt trus lemes bngt cmn bernafas, gx mw melek matanya, gmna y pak? Mw ke doktr jauh maklum pedesaan hehe

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      coba pake air kelapa sama susu aja mas buat netralin racun. sepet aja

      Reply
  73. syafiqakbar3 years ago

    Kak mau nanya kucing saya muntah udah 3kali muntahnya busa warna putih terus ada darahnya APA penyebabnya terus di gimanain???

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      wah kalo sudah keluar darah sepertinya bahaya sis segera saja bawa ke dokter, saya kurang faham sebabnya sih.

      Reply
  74. umam3 years ago

    kucing sya muntah 2 kali 1kalinya muntah kayak makanan itu yg kedua kalinya muntah air gmna ya gan cara ngobatinya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      selain cara diatas saya tidak berani memberikan solusi lainnya om

      Reply
  75. silvia3 years ago

    Mau tanya donk ..
    Kucing saya persia ..
    Dy gak mau makan ..
    Klu minum masih mau ..
    Trs dy punya anak dan anaknya masih menyusu ..
    Yg ane mau tanyain adalah ..
    Kucing saya kan gak mau makan ..
    Trs 1x muntah warna kuning bening gitu .. Dan ada bulunya..
    Dy gak lemes .. Masih bisa jalan”
    Kira” kenapa ya ??

    Reply
  76. nabili07083 years ago

    misi mas mau tanya. kucing saya nafsu makannya berkurang. trus hari ini mencret2 terus muntah. tapi kucingnya masih aktif cuma gamau makan padahal biasanya kalo di kasih wishkas basah mau terus. itu kenapa ya mas?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      hairball ga? kalo hairball normal ko

      Reply
  77. Rifa3 years ago

    Tadi sore setelah bangun tidur siang tiba2 kucing saya muntah tapi berupa cairan agak bening. Lalu malamnya, dia lemes. Kira kira kenapa ya kak ?

    Reply
  78. Reni3 years ago

    Yang tau aku mau tanya dong
    Kucing aku dr pagi ini lesu dn gamau makan,cuma minum aja.bawaannya tidur aja.Biasanya meong meong ini tidak.dikasih makan dikasih kuning telur pun dia gamau.mau tau dong supaya balik kaya biasa lagi.aku kasian,sedih ngeliatnua.

    Reply
  79. Renny Restianty3 years ago

    Ka, saya baru ambil kucing persia 2 bulan, kemarin sampe siang tadi masih lincah, makan juga lumayan tapi ga terlalu banyak
    Tadi sore dia puf agak encer gitu warna kuning, karena meleber sampe kaki saya mandiin, udah agak,kering badan ya dia muntah sempet tidur dulu sebentar, muntahnya warna kuning agak kentel,terus berbentuk kayanya makanan dia, sekarang dia tidur terus, tadi sempet di suapin makanan ya tapi di keluarin lagi, kalo minum lancar sih, cuma ga mau makan aja, padahal saya kasih makan royal canin buat kitten persia, itu juga recommend dari pengurus dia yg sebelumnya, kira2 kenapa yah ka?,

    Reply
    • nabillah3 years ago

      kucing kalau baru di adopsi biasanya jangan langsung dimandiin diamkan dulu si kucingnya biar adaptasi dulu sama lingkungannya.
      kalau kucingnya sebelum beli divaksinasi dulu dan ditunggu sampai 1 minggu atau lebih setelah vaksinasi baru dibawa kerumah.
      dan kalau kata dokter ku, kucing kalo blm divaksinasi apalagi masih kecil jangan dimandiin dulu karena rentan stress dan penyakit.

      Reply
  80. LINDA3 years ago

    Maaf kak, saya punya kucing… dan 5 hari dia gak mau makan.. lemas,tidur terus,kbnyakan diam,dan sesekali muntah kuning.. saya harus gimana ya? obat nya apa ya?makasih…

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kalo obat sy kurang tau krna bukan dokter, coba kasih vitamin saja atau ke dokter

      Reply
  81. fery3 years ago

    Kucing saya suka muntah kayaknya sih sisa2 makannya..trus ni brusan muntah tp bening gitu kayak lendir.gimana cara ngatasinnya

    Reply
  82. Vinny3 years ago

    Hai maaf saya mau tanya dong kucing saya tiba2 muntah warnanya putih agak kehijauan tp sedikit bgt sih hijaunya lbh ke warna putih gitu kira2 kenapa yaaa 🙁 makasih

    Reply
  83. Rayhan3 years ago

    Min, mau nanya, ini kucing udah 4 hari lemes, muntah2 lendir, sama gamau makan. Kemaren sudah saya bawa ke dokter, katanya cuma radang saja, dan sekalian dikasih antibiotik sama dokternya. Tapi kok masih muntah2 lendir, lemes, sama masih gamau makan yaa ini kucing? Mohon infonya. Sebelumnya makasih min?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Coba konsul balik ke dokternya om, karena ane ga tau secara pasti kondisi yg sebenernya (kurang infonya) takut salah diagnosa, lagian ane bukan dokter 😀

      Reply
  84. ira3 years ago

    Saya mau tanya…..kucing saya sudah 2 hari ga mau makan. Terus dia muntah muntah .muntahnya berwarna hijau…setelah muntah kucing saya badannya selalu lemas.tidak aktif lagi seperti dulu , saya kasih susu dan makanan kesukaannya juga tidak mau.saya mau bawa ke dokter hewan tapi dokter hewan di daerah sini agak jauh….
    Gimana ya solusinya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      muntah hijau tandanya ada masalah sama pencernaan, asam lambung naik dan termuntahkan jadi berwarna hijau, beri makan (suapin) dan beri vitamin sis.

      Reply
  85. Risma3 years ago

    Saya mau tanya,saya punya anak kucing umurnya baru 2 minggu tapi terpisah sama induknya… udah tiga hari saya kasih makan kucing nya sosis di potong kecil sama pindang nah seharian ini kucing saya muntah muntah udah 6 kalo tapi yang keluarnya cairan kuning sama makanan yg tadi dia maka kira kora kenapa yah atau faktor dari usia nya yang masih kecil udah saya kasih makan?mohon solusi nya yah…..
    Terimakasih selamat malam…

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa jadi sis, coba beri susu dulu.

      Reply
  86. Andi Ma3 years ago

    gan kucing saya tuhh muntah berbusa trus gak mau makan
    gmana cra ngobatinnya

    Reply
    • nabillah3 years ago

      muntahnya sudah berlangsung berapa lama ? coba perhatikan kesehatan kucing mulai dari telinga, gigi , muntahan, BAB,BAK , Makan dan Minumnya. karena muntah bisa disebabkan oleh bberbagai faktor dan harus dilihat dari sisi lainnya juga.
      kalo bisa setiap muntah kasih makan lagi . agar suplai nutrisi dan energi tubuh nya tetap bertahan dan daya imunnya meningkat.
      kalo mau lebih aman coba bawa ke dokter hewan yang lebih ahli.

      Reply
  87. nabillah3 years ago

    halo gan, mau tanya nih kucing ku
    1. Telinganya kotor nih hitam, lalu agak berair dan mengering dideket bulu telinganya. belakangan bau telinga seperti bau kaos kaki,
    2. Skrg kucingku mogok makan, dan ga aktif seperti biasanya. namun dia masih mau minum.
    3. ada muntah juga, tapi setiap muntah aku cekokin makan pakai sedok dia masih mau makan sendiri tapi kalo sudah tidak mau saya suapin pakai spuit .
    4. seharian hanya pup subuh dan pupnya sepertinya agak keras karena bulet-bulet kecil terpisah pisah. sampai malam hari ini si puspus enggak ada pipis.
    5. kerjaan si puspus tidur aja tapi mau nya dilantai gamau di kasur / karpet / tempat tidurnya.

    saya sudah kasih obat tetes telinga dexoryl baru hari ini, apa perlu besok langsung dibawa kedokter? mengingat kucing ku ini blm pernah divaksinasi. umurnya sudah 7 jalan 8 bulan. berat 4,3kg jenis kelamin jantan.

    Reply
  88. littelbig2 years ago

    maaf saya mau nanya, kalo kucing muntah nya warna putih itu kenapa ya… makasih

    Reply
  89. Muh. Rizqon Fifani2 years ago

    assalamuallaikum..
    mau tanya kucingku kok sakit di kasih anting anting nggak mau gimana cara ngobatinnya supaya mau di kasih anting anting..??!biar sembuh lagi. Atau ada obat herbal lain yang bisa saya kasih ke kucing saya..?!!

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      hati2 pemberian aksesoris yang salah mas, biarin aja alami ga usah di kasi apa2 kasian. pake betadine aja lukanya di bersihkan, atau rivanol

      Reply
  90. Muh. Rizqon Fifani2 years ago

    assalamuallaikum..
    mau tanya kucingku kok sakit di kasih anting anting nggak mau.. Padahal kucing saya yang lain mau memakannya. Gimana cara ngobatinnya atau mengolahnya supaya mau di kasih anting anting..??!biar sembuh lagi. Atau ada obat herbal lain yang bisa saya kasih ke kucing saya..?!!

    Reply
  91. Muh. Rizqon Fifani2 years ago

    Assalamuallaikum.. mau tanya mass.. kucingku di kasih tanaman akar kucing kok nggak mau mass.. kira” gimana cara mengolahnya biar kucing saya mau..??? soalnya ini lg sakit kucingnya..

    Reply
  92. sti2 years ago

    kucing aku habis makan dan minum susu, trus dia muntah susu dan makanan dan ada cairan kuning. habis muntah dia lemas, sering tidur,gk mau makan,dan gk activ seperti biasa

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kalo boleh tau makan dan minum susu apa ya?

      Reply
  93. Anya2 years ago

    Ka mau nanya,kucing ku kan gendut,akhir” ini dia kurus ka terus kalo makan ujung” nya muntah ka itu kenapa?atau mungkin faktor umur ya ka soalnya dah tua

    Reply
  94. Arif2 years ago

    Assalamualaikum gan, aku mau nanya. Knp kucing aku sering muntah setelah habis makan, muntah nya makanan yg dia makan. Tapi dia nggk lemas masih sering bermain, cuman klo abis muntah aja dia lemas kyk pengen tidur. Makanya setelah aku dia muntah aku langsung kasih susu. Tpi sudah 2 hari ini dia masih muntah klo abis makan. Bgtu gan, mohon solusi ya ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      waalaykummussalam usia kucing berapa mas?

      Reply
      • hafid2 years ago

        min mau nanya dong, kucing saya umur 2bln lincah makan minum nafsu kyk biasa normal, saya punya inisiatif bawa kucing saya ke dokter buat di vaksin gtu min biar sehat terus, tp kata dokter kucing nya blum bisa di vaksin karena msh umur 2bln dan berat msh 6,6kg. tp sama dokter hanya dikasih obat cacing dan vitamin nafsu makan. tp setelah itu kucing saya udah 3hr ini muntah terus, sehari bisa 2-3 kali kadang malem kadang siang. muntah nya air di tambah sisa makan nya yg udh alus dikit warna kuning ke coklatan gtu min, gk trlalu bau sih. dia jg ttp mau makan sama minum normal kyk biasa nya, tp abs muntah itu dia kelihatan lemes trus biasa nya tdr, setlah itu aktif lg kyk biasa nya. itu penyebab nya apa ya min? saya harus gimana? soalnya kasian klo liat dia abis muntah nya kyk orng kesakitan

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang2 years ago

          pemberian obat cacing memang kadang bikin muntah mas, efek samping obat cacing biasanya gitu. coba tanya ke dokternya aja untuk lebih jelasnya mas

          Reply
  95. ambar2 years ago

    makasih sis infonya, kasihan kucingku muntah muntah terus :'(

    Reply
  96. Adelia permatasari2 years ago

    Misi ka aku mau nanya nih kucing aku umur 6bln dia muntah tapi kemarin gak muntah baru2 ini dia muntah ka . Muntah nya itu berwarna kuning terus ada lendir nya dan gak mau makan sama minum susu ka . Dan badan nya itu lemas udah 3hari mau nya tidur mulu udah gitu tadi dikasih susu cuman dicium langsung muntah2 ka tapi kemarin masih mau makan sedikit skrg gak mau makan ka
    Kira2 kucing aku sakit apa ya ka?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      wah kalo sakit apa saya ga tau lebih baik periksakan ke dokter hewan sis barang kali ada apa-apa… kasian kalo udah lemes

      Reply
  97. Vivi2 years ago

    Kk mau tanya ni kucing ku itu suka munta sisa2 mkanan gx tw apa sebabnya munta,,perna aq kasi air kelapa tetep munta
    Klo masalah mkn bnyk minum juga skrg kucing aku itu gendut tpi itu suka munta,,kadang kasian liat kucing aq itu lgi munta
    Perna satu bulan yg lalu munta + menceret kk
    Kenapa ya kk
    Apa kucing ku ada sakit serius apa itu sakit bisa pada kucing

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      Muntahnya kalo boleh tau isinya apa?

      Reply
  98. michele2 years ago

    Kakk aku mau nanya, kucingku ini baru seminggu dirumah, tapi dari awal nyokap nemuin di jalan dan dibawa kerumah dia ternyata suka tiba2 keselek sendiri… awalnya kirain karena makanan atau emang kebiasaan tersendiri. Dia kalo main suka keselek, tidur keselek, lg diem pun suka tiba2 keselek, tadinya mau check up ke dokter tp berhubung waktu itu udah mending jd gajadi.. tapi sekarang udah jarang sih… cuma aku masih khawatir aja hehe takutnya kenapa. info/saran ya ka thx before?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      umur berapa kucingnya? Muntahannya isinya apa? kalo keselek gitu bisa jadi hair ball, coba baca hair ball >> hairball pada kucing

      Reply
  99. Fahri2 years ago

    Numpng tanya ..
    kucing saya awalnya sehat nafsu makan tinggi ..tiba 2 lemas . dak mau makan .nafas bau, badan agak panas
    kucing saya masih kecil sekitar 2-3 bulanan .
    itu kucing saya sakit apa dan gimana cara nyembuhinnya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kalo sakit apa saya ga tau mas coba konsul ke dokter hewan

      Reply
  100. yuliawati2 years ago

    aduhhh.. kucing saya selaput matanya Kya mau kluar gitu, Kya menutupi matanya.. trs sering muntah dan tubuhnya kecil terus .. pdh sering d kasih mkn

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      hub dokter aja sob barang kali parah

      Reply
  101. Andras2 years ago

    Gan,kucing saya sering muntah kuning ada cacingnya,tidak mau makan dan minum dalam 3 hari ini, gamana cara pengobatannya?

    Reply
  102. Younx2 years ago

    Misi saya mau nanya.
    Kucinf saya udh seminggu ini sering muntah” tp gk keluar sekalinya keluar muntahnya lendir bening ada hitamnya, kira” kenapa ya ?
    Trims

    Reply
  103. Faisal2 years ago

    Kucing saya muntah muntah dan kucing saya tidak mau makan tolong kasih tau solusinya

    Reply
  104. Usefa2 years ago

    Kucing saya muntah terus menerus berlendir juga berwarna bening gimana mengobatinya dokter ???

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      udah berapa lama? bawa aja ko dokter hewan sis, ane bukan dokter cuma penghobi kucing

      Reply
  105. Syarifa Nurbela Hartaman2 years ago

    Kucing aku udah seminggu suka muntah tp ga sering.cuma 3hari sekali gt.muntahnya sisa makan tp rada cair gt.itu kenapa ya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      ada bulu-bulunya ga? Kondisi kucing sehat apa lemas?

      Reply
  106. Novita2 years ago

    Mau tanya kenapa kucing saya kok sering muntah makanan?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      ada petunjuk lain selain muntah? soalnya banyak sebab sis

      Reply
  107. Sgw9 months ago

    Kenapa kok kuucing saya muntah mengeluarkan cacing ???

    Please jawab butuh respons

    Reply

Leave a reply "Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengatasinya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top