Manfaat Tanaman Anting Anting Bagi Kucing

6
82761

Kucing lovers, bagai mana keadaan kucingnya? saya harap dalam kondisi sehat dan ceria yah. Kali ini binatang peliharaan akan membahas tentang tanaman anting-anting, lebih tepatnya manfaat tanaman anting-anting bagi kucing. Ada yang belum tau tanaman anting-anting sperti apa? lihat gambar yah

anting-anting

Tahu kan tanaman ini? Yup ini adalah tanaman yang biasa tumbuh di pinggir jalan. Dan tanaman ini adalah tanaman yang sangat disukai kucing, terutama dibagian akarnya yah, bahkan ada juga yang membari nama tanaman ini dengan nama Kucing-kucingan, Kucing galak, Akar kucing, Cakar kucing, bayam liar. Banyak sekali nama lokalnya, tetapi tanaan nya tetap saa yaitu dengan naa ilmiahnya acalypha indica.

Manfaat Anting Anting Bagi Kucing

Kucing adalah termasuk kedalam hewan karnivora, jadi kucing memiliki hanya sedikit serat di tubuhnya sehingga kucing sering sekali mengalami masalah yang berkenaan dengan pencernaannya, seperti muntah muntah pada kucing, hairball pada kucing dan lainnya. Anting anting adalah sumber serat yang tinggi dan memiliki banyak sekali khasiat bagi pencernaannya. Bahkan anting-anting ini berkhasiat bagi manusia.

manfaat-akar-tanaman-bagi-kucing

sumber gambar : akarkucing.com

Kucing sangat menyukai tanaman ini karena kasiatnya yang berguna membantu melancarkan pencernaan mereka. Adapun tanaman ini juga berguna untuk manusia sebagai antiradang, antibiotik, peluruh kencing (diuretik), pencahar, dan penghenti perdarahan (hemostatis). Berdasarkan penelitian yang terdapat pada Journal Agriculture Food Chemical , tumbuhan dengan nama latin Acalypha Indica merupakan tanaman perdu yang termasuk famili Euphorbiaceae.

Didalam tanaman ini terdapat senyawa fenol dan flavanoid. Daun, batang dan akar mengandung saponin dan tanin. Batangnya juga mengandung flavonoida dan daunnya mengandung minyak asiri. Senyawa fenol bersifat antibakteri yang bagus untuk antiseptik, anti radang dan aktif dapat menghilangkan rasa sakit setempat, mencegah bahkan menyembuhkan rematik artritis. Senyawa flavanoid bersifat antioksidan, yang dipercaya dapat menghambat pembentukan asam urat.

Nah jadi manfaat tanaman anting-anting bagi kucing banyak sekali yah bagi kucing.

Cara Pemberian Tanaman Anting-anting Bagi Kucing

manfaat-anting-anting-bagi-kucing

sumber gambar : akarkucing.com

Cara pemberiannya sangat mudah sekali kita hanya perlu mencabut tanaman ini dan mengambil akarnya. Bersihkan akar dari tanah karena bisa saja terdapat cacing dalam tanaan yang bisa mengakibatkan cacingan pada kucing. Lalu berikan saja nanti kucing dengan sendirinya akan mengigit-gigit akar anting anting tersebut sampai kering. Kucing yang sudah merasa cukup dengan akar ini biasanya akan menjauh karena sudah tidak membutuhkannya lagi dan tidak terdapat masalah dipencernaannya..

6 COMMENTS

  1. assalamuallaikum..
    mau tanya kucingku kok sakit di kasih anting anting nggak mau.. Padahal kucing saya yang lain mau memakannya. Gimana cara ngobatinnya atau mengolahnya supaya mau di kasih anting anting..??!biar sembuh lagi. Atau ada obat herbal lain yang bisa saya kasih ke kucing saya..?!!

  2. assalamuallaikum..
    mau tanya kucingku kok sakit di kasih tanama anting anting nggak mau.. Padahal kucing saya yang lain mau memakannya. Gimana cara ngobatinnya atau mengolahnya supaya mau di kasih anting anting..??!biar sembuh lagi. Atau ada obat herbal lain yang bisa saya kasih ke kucing saya..?!!

  3. Kok saya sedikit kintradiksi dgn alasan kenapa kucing suka tanaman anting karena dapat melancarkan pencernaan kucing, saya malah ketawa.. setahu saya hewan ngga punya logika untuk menyukai sesuatu karena manfaat untuk dirinya.. saya lebih percaya kalau kucing suka akar tanaman anting karena ada suatu zat yg ada di serat akarnya semacam zat yg bikin nagih ketika dihirup / dikunyah / dimakan sama si kucing, kucing biasanya langsung mabuk guling guling fly gitu, kalo manusia kaya nyabu / nyimeng gitu..

    • Aduhhn aku yang malah ngakak baca koment ini? Yammpun… ?? pasti ini bukan kucing lover. Tanaman anting² memang tanaman yg disukai kucing bukan krna apa ada zat yang bikin nagih? Nih yah, kucing makan anting2 karena emang memiliki masalah pencernaan. Buktinya kalo dah sembuh dikasih lagi gak dimakan tuh. Hello emang kucing gak punya otak tapi mereka punya naluri. Aduduhhhh…

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.