Jenis Kucing Peliharaan Terlangka Di Dunia

1
22869

Kucing terlangka didunia – Kali ini binatang peliharaan akan membahas tentang kucing ras atau kucing peliharaan terlangka didunia. Seperti yang kita ketahui ada banyak jenis kucing yang tersebar didunia ini. Terdapat lebih dari 300 jenis kucing ras, dari jenis domestik, kucing yang secara alami berubah karena persilangan, sampai jenis kucing hasil kawin silang. Baca juga : kucing liar terlangka didunia.

Nah sahabat kucing disini saya akan coba merangkum beberapa kucing terlangka didunia, diantaranya adalah :

Kucing Terlangka Di Dunia

1. Kucing Turkish Van

Kucing Turkish Van termasuk kedalam kucing legendaris, kucing turkish van merupakan salah satu kucing tertua dan kucing terlangka di dunia. Kucing sesuai dengan namanya yaitu berasal dari turki (Turkish), entah kenapa kucing ini kalah populernya dari kucing lainnya seperti kucing persia atau kucing anggora, oleh karena itu sekarang sudah sedikit sekali yang memelihara kucing Turkish van ini. Kucing Van Turki dijuluki sebagai “kucing perenang”, berbeda dengan kucing lainnya yang takut air kucing Van Turki malah sangat suka dengan air. Ras kucing ini diberinama “Van” karena kucing ini memiliki warna putih dibagian badan, dan warna lain dibagian kepala dan ekor, seperti mobil van.

kucing-langka-turkish-van-2

kucing-langka-turkish-van-

2. Kucing Khao Manee

Kucing Khao Manee adalah kucing yang berasal dari negara tetangga, thailand. Jenis kucing ini mempunyai nilai sejarah tersendiri di daerahnya thailand. Kucing Khao Manee termasuk salah satu kucing terlangka dan hampir terancam punah sehingga breeder Eropa turun tangan dan mencoba mengembangbiakan kucing ini. Khao Manee adalah kucing alami yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan dikembangkan di siam (sekarang thailand). Pada zaman dahulu Khao Manee hanya dipelihara oleh para bangsawan kerajaan saja. Kucing Khao Manee berwarna putih dengan bulu yang halus, karena nama Khao Manee berasal dari bahasa thailand (Khao Mani, artinya “Permata Putih”).

kucing-langka-khao-manee-d

3. Kucing Manx

Kucing manx adalah salah satu jenis kucing yang tidak memiliki ekor jikalau ada ekornya sangat pendek tidak seperti jenis kucing lainnya. Kucing manx terkadang biasa disebut  juga Kucing Rumpy. Kucing ini berasal dari pulau kecil di Britania Raya yang bernama Isle of Man. Manx merupakan salah satu ras kucing tertua yang pernah terdaftar di CFA (Cat Fanciers Association) pada tahun 1908. Kucing manx seperti halnya kucing khao  manee mereka sangat menyukai air berbeda dengan sifat kucing pada umumnya. Kucing ini termasuk kucing yang mahal, harganya dapat mencapai 10-40 juta, yup ini normal mengingat kucing ini termasuk kucing terlangka didunia. Walhasil kucing Manx ini banyak dicari oleh para kolektor kucing didunia.

kucing-langka-manx-rumpy-a

4. Kucing LaPerm

Kucing la perm ditemukan sekitar tahun 80an, kucing ini juga termasuk salah satu kucing terlangka. Kucing laperm termasuk kucing yang unik dengan bulunya yang keriting. Bulu keritingnya berasal dari mutasi genetik alami. Kucing laperm sekarang dikembangbiakan di amerika dan inggris.

 LaPerm

5. Kucing Snowshoe

Kucing Snowshoe adalah kucing yang dikembangbiakan pertama kali di Amerika Serikat sekitar tahun 1960-an. Snowshoe adalah hasil rekayasa genetika seorang peternak kucing. Dinamakan Kucing Snowshoe (sepatu salju) dikarenakan warna pada telapak kakinya berwarna putih seperti salju.

6. Kucing California Spangled

California Spangled adalah salah satu ras kucing yang langka dan mahal. Kucing California Spangled memiliki bulu berpola seperti pola pada macan tutul. California Spangled merupakan hasil persilangan dari ras kucing domestik yang dilakukan oleh antropologi dari California bernama Louis Leakey. Louis pada saat itu termotivasi dikarenakan macan tutul terancam punah, jadi dia berkeinginan menbuat kucing domestik yang mempunyai pola seperti acan tutul.  Harga satu ekor California Spangled adalah sekitar 9.3-29 juta rupiah. Harga tersebut termasuk harga yang pantas bagi kolektor kucing.

7. Kucing Burmilla

Burmilla adalah salah satu ras kucing yang terbentuk dari persilangan antara kucing Burmese dengan kucing Chinchilla (Persia Chinchilla). Terdapat 2 jenis kucing Burmilla, yaitu Burmilla Longhair (berbulu panjang) dan Burmilla Shorthair (berbulu pendek). Namun lama kelamaan makna Burmilla menjadi sempit hanya pada kucing yang berbulu pendek. Kucing Burmilla berwarna putih dengan bercak hitam yang membuat kucing itu terlihat garang.

Selain dari jenis kucing peliharaan diatas masih banyak terdapat kucing langka lainnya yang tidak bisa saya sebutkan disini kalo jenis kucing anggora tidak langka yah sobat kucing :P. Mungkin jika cat lovers ingin menambahkan silahkan komentar dibawah.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.