Memilih Indukan Merpati Balap Tinggian POS

0
8321

Memilih indukan merpati memang tidak mudah. Sobat merpati perlu melakukan beberapa tahap untuk melakukan seleksi. Selain seleksi terhadap burung sobat merpati juga perlu berimajinasi dalam membantuk anakan merpati seperti apa yang akan dibentuk nantinya. Oke simak ya rangkuman saya dari beberapa pemain merpati dalam memilih indukan merpati.

merpati-pupur-2

Memilih Indukan Merpati

Untuk memilih indukan merpati balap, tinggi, atau pun merpati POS saya rasa caranya sama sob tidak jauh beda langkah-langkahnya tetapi karakteristik nya saja yang berbeda. Kurang lebih untuk memilih indukan merpati yang bagus adalah dari faktor berikut :

1. Trah

Simpelnya trah itu ‘jalan pintas’ untuk menghasilkan anakan yang bagus. Trah juara rata-rata menghasilkan anakan yang bagus juga. Kenapa? karena trah juara berarti merpati sudah terlatih di medan tempur dan terbukti bisa berprestasi. Seorang anak tidak mungkin jauh dari sifat orang tuanya. Bisa saja kita menghasilkan merpati bagus dari merpati non-trah tapi pastinya meerlukan waktu yang tidak sebentar dan itu tentu merugikan kita. Ada yang mengatakan trah merpati trah dan non trah sama saja, tapi pada kenyataannya dilapangan yang stabil berprestasi dan berpenampilan ‘bagus’ rata-rata adalah merpati yang mempunyai trah bagus (punya darah bagus) apalagi jika di burung balap, garis trah merpati balap sangat menentukan. Memilih trah untuk indukan pun tidak sembarangan perlu di perhatikan garis keturunan dari saudara-saudaranya, apakah saudaranya ada yang bagus atau tidak. Perhatikan juga peternaknya apakah bisa dipercaya atau tidak. Rata-rata peternak yang bagus biasanya tidak terlalu ‘lebay’ dalam menceritakan prestasinya dan tidak banyak omong kosong.

2. Kinerja di lapangan

Kinerja merpati dilapang juga bisa menjadi patokan kita dalam memilih indukan yang bagus. Dikatakan diatas bahwa anak tidak jauh dari orang tuanya nah inipun berlaku demikian, kinerja yang ada pada orang tuanya diharapkan bisa menurun kepada anakannya nanti, sehingga kinerja ini enjadi salah satu patokan kita. Selain itu kita juga bisa menyesuaikan karakteristik merpati seperti apa yang kita inginkan dengan cara melihat kinerjanya dilapangan.

3. Pegangan

Sebagian pemain merpati punya cara tersendiri dalam ‘meraba’ merpati. Pegangan merpati biasa disebut dengan katuragan, katurangga dll. Nah pegangan merpati untuk indukan disesuaikan dengan pegangan yang kita inginkan kepada anak-anaknya, dan diharapkan pegangan indukannya menurun pada anaknya. Disini saya tidak akan membahas pegangan-pegangan seperti apa karena kurangnya pengalaman saya tetapi berdasarkan apa yang saya lihat di beberapa peternak pilihlah indukan yang berbadan bulat, empuk, dan mempunyai bulu halus yang lentur. baca juga : kandang merpati ternak

Diatas adalah tata cara memilih indukan merpati balap tinggi maupun pos. Semoga tata cara diatas memberikan manfaat bagi pecinta merpati semua.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.