Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

9
131706

Penyebab kucing tidak mau makan – Pernah ngalamin ini? Kucing kita tidak mau makan dan terlihat bosan? Ini bahaya, kucing yang tidak mau makan seharian akan mengakibatkan kerusakan pada organ hatinya atau biasa disebut Hepatic Lipidosis (hepatitis hati), biasanya kucing yang tidak mau makan ini ada beberapa penyebab, nah penyebabnya nanti kita bahas dibawah kita akan bahas terlebih dahulu akibat dari kucing yang tidak mau makan.

penyebab-kucing-tidak-mau-makan

Kucing yang tidak mau makan seharian dan lemas bisa mengakibatkan kematian, lemas biasanya karena tidak ada asupan nutrisi dari tubuhnya. Kucing tidak seperti hewan atau makhluk hidup lain, karena kucing adalah salah satu binatang yang mempunyai metabolisme yang buruk, tanpa asupan nutrisi maka kucing akan lemas, jika terus menerus tidak diasupi nutrisi maka kucing kemungkinan besar akan mengalami hepatitis hati seperti diatas.

Nah jika sudah demikian maka kucing bisa mati. Tetapi ada beberapa penyebab kucing tidak mau makan hanya karena penyebab yang wajar, seperti sedang birahi, atau tidak suka makanannya nah jadi kita harus mengetahui dulu nih beberapa penyebab kucing tidak mau makan sebelum menyimpulkan kucing sakit.

Beberapa penyebab kucing tidak mau makan

1. Penyakit mulut pada kucing

Pernah sakit gigi? Atau sariawan? Nah seperti itu penyakit pada mulut kucing. Maka kita periksa dulu mulutnya apakah luka atau tidak, jika luka atau tercium bau yang kurang sedap maka ini bisa jadi penyebab kucing kita males makan. Bisa di obati dengan obat manusia seperti abotyl atau lainnya. Tetapi idealnya pakai obat kucing itu hanya salah satu solusi aja :D.

2. Malas makan

Normalnya kucing sangat rakus dalam hal makan, bahkan bisa minta makan beberapa kali bahkan setelah kenyangnya. Terkadang ada saatnya kucing malas makan, bisa jadi karena hal hal berikut : Makanan kucing tidak disukai, habis di vaksin, habis di steril, perubahan pola makan, kucing baru melahirkan dll. Nah kalo ini penyebabnya bisa dengan mengganti makanan yang disukai kucing. Atau coba beri ikan goreng yang semua kucing suka buat mengetest. Jika kucing tidak suka dry food ganti dengan wet food atau merk lain yang disukai.

3. Ada masalah pada sistem pencernaan kucing

Seperti yang sudah saya katakan diatas, kucing ini memiliki metabolisme yang kurang baik. Kucing yang mempunyai masalah pada sistem pencernaannya bisa menyebabkan kucing ini menjadi enggan makan karena mual atau hanya merasa sakit. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan pada kucing, di antaranya adalah :

  1. Terdapat benda asing di perut atau usus kucing yang bisa menyebabkan nyeri dan penyumbatan, biasanya kucing suka memakan yang bukan makanannya atau benda asing yang terbawa dari makanannya. Saya pernah melihat beberapa kucing yang mengeluarkan penyakit dari fasesnya. Atau hairball yang menyumbat pencernaannya.
  2. Radang akut atau kronis pada membran yang melapisi usus besar.
  3. Parasit seperti cacing dan protozoa di perutnya
  4. Pankreatitis (peradangan atau infeksi pankreas)
  5. Kanker (misalnya limfoma usus)
  6. Perubahan lingkungan bakteri usus

Untuk mengenali kucing yang sedang mengalami kerusakan pencernaan adalah penurunan berat badan, lemas, diare, muntah, dan sembelit lihat fasesnya pada kucing, apabila kucing terdapat tanda-tanda seperti itu sebaiknya segera hubungi dokter hewan untuk dilakukan diagnosa penyakit pada kucing kita, dan salah satu tanda yang terlihat juga kucing akan menjadi lemas. Baca : Penyebab kucing muntah.

Solusi kucing yang tidak mau makan

Sebelum melakukan tindakan terhadap kucing kita kita baiknya tau dulu penyebab kucing kita yang tidak mau makan jika sudah tahu penyebabnya maka cari solusi yang tepat untuknya.

  • Bawa ke dokter
    Jika penyebab yang sudah pasti adalah karena penyakit dan terlihat lemas pada kucing aka hal yang pertama kita lakukan adalah bawa ke dokter agar diperiksa.
  • Mencoba menggganti makanan kucing
    Jika penyebabnya kucing tidak suka makanannya coba ganti jenis makanan kucing. Jenis makanan kucing yang disukai biasanya jenis wet food yang beraroma kuat.
  • Beri vitamin & perangsang nafsu makan
    Beri vitamin dan Suplemen juga dapat membantu merangsang nafsu makan kucing. Seperti inyak ikan atau pil nurtisi lainnya. Baca : Manfaat akar kucing
  • Menyuapi kucing
    Jika tetap tidak mau makan sebelum dibawa ke dokter kita bisa memberi pertolongan pertama dengan menyuapi kucing. Bisa dengan di spet seperti menyuapi anak burung merpati. Bedanya jika pada anak burung langsung disemprotkan tetapi pada kucing bisa dengan sedikit dengan sedikit mendorong kemulutnya agar di kunyah oleh kucing.
  • Tube feeding
    Biasanya cara ini dilakukan pada anak kucing yang tidak bisa meakai dot dan tidak menyusu pada induknya. Yaitu menyuntikkan makanan langsung pada lambung. Perlu peralatan khusus utntuk elakukan cara ini.

Nah sepertinya pembahasan tentang kucing tidak mau makan diatas saya rasa cukup. Jika anda membaca ini saya berterima kasih sudah menyayangi peliharaan kalian, karena kalian berusaha untuk mencari solusinya.

9 COMMENTS

  1. Mengeluarkan darah, tidak mau makan seminggu, penurunan berat badan ( dulu nya gemuk skrng kurus ), tidak mau minum, kencing darah

  2. Kucing aku ko lemes dan sering menyidiri,makan sih masih nafsu dan minum air putihnya jadi banyak bngt itu kenapa yaa..???

  3. kenapa ya kucingku gk mau makan, gk mau minum? kalau dikasih makan cuma dicium cium aja, tapi dia tetap aktifitaa seperti biasa

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.