Cara Mengobati Kucing Cacingan Tuntas untuk Pemula

Mengobati cacingan pada kucing – Melihat kucing kesayangan kita terus sehat dan semangat adalah salah satu dambaan kita. Tapi adakalanya kucing kita bisa sakit baca : penyakit kucing. Salah satu penyakit kucing yang sering menyerang adalah cacingan. Cacingan pada kucing bisa diakibatkan oleh beberapa macam cacing, yaitu : Cacing gelang, cacing tambang, cacing pita, atau cacing paru-paru. Terkadang beberapa cacing bisa ada sekaligus dalam tubuh kucing anda.

Untuk mendiagnosis kucing yang terkena cacingan bisa melihat beberapa gejala kucing terkena cacingan.

  • Kucing diare.
  • Cacing terlihat pada kotoran.
  • Terdapat butiran putih (telur cacing) di dubur kucing.
  • Bulu kucing terlihat kusam
  • Bagian dari cacing terlihat didekat dubur kucing
  • Kotoran yang berdarah
  • Kembung atau bundar, perut kucing yang terlihat buncit
  • Berat badan turun, badan terlihat kurus
  • Muntah-muntah, sesekali muntah terlihat ada cacingnya
  • Sembelit
  • Batuk
  • Gangguan pernafasan

Jika beberapa gejala diatas terlihat pada kucing anda, kemungkinan besar kucing terkena cacaingan. Untuk mengobati kucing cacingan ada beberapa langkah, pertama kita diagnosa dengan gejala diatas, kemudian obati dengan obat cacing yang pas, dan terakhir bisa melakukan pencegahan terhadap cacing.

kucing-cacingan

Mengobati kucing cacingan

Untuk mengobati kucing yang terkena cacingan lebih baik membawanya ke dokter hewan, ini adalah cara teraman dan baik bagi kucing. Adakalanya kita tidak bisa mendapati dokter hewan terdekat dan harus jauh ke kota (seperti di tempat saya) anda bisa mengobati sendiri kucing anda dengan obat cacing untuk manusia. Saya rekomendasikan obat cacing combantrin, karena obat ini sangat efektif untuk pengobatan cacing, saya juga membrikan obat ini untuk burung merpati saya. Jangan berikan obat cacing pada kucing yang sedang hamil.

cara-engobati-kucing-cacingan

Foto : seputarkucing.com

Pemberian obat cacing pada kucing

Pemberian bisa dilakukan dengan cara melakukan spet pada kucing, biasanya dengan suntikan tanpa jarum, atau suntikan yang dimodifikasi, jarum diganti dengan selang karena combantrin berbentuk cair. Dosis pemberian pada kucing yaitu 1 ml / 2kg, jika kucing mempunyai berat 2 kg beri 1 ml, jika 4 kg beri 2 ml. Kucing tidak akan menyukainya tetapi anda harus memaksanya. Jika kucing masih anak-anak (dibawah 3 bulan) beri combantrin anak rasa jeruk hehe.

Berikan selama 2 minggu sekali selama 1 bulan. Pemberian minggu pertama difungsikan untuk membunuh cacing dewasa dan cacing kecil. Pemberian kedua difungsikan untuk membunuh laeva yang sudah berubah menjadi cacing yang belum terbasmi di pengobatan pertama.

Jangan kaget setelah pemberian obat, kucing ada yang muntah cacing, ada yang mengeluarkan cacing, dll. Lihat perkembangannya terutama di badan yang mulai gemuk kembali, saya sudah mencoba dengan cara ini dan berhasil bagi kucing saya.

NB : Kucing sakit lebih baik bawa ke dokter saya tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan, resiko anda sendiri menggunakan cara ini, tapi pengalaman saya dan kucing saya cara mengobati cacingan pada kucing diatas bekerja dengan baik.

Referensi :

  • http://radiokucing.blogspot.co.id/2015/03/review-obat-cacing-combantrin-anak-rasa.html
  • http://id.wikihow.com/Mengobati-Cacingan-Kucing-Anda
Related Posts
100+ Nama Kucing Korea yang Bagus dan Artinya
nama-kucing-korea

Nama Kucing Korea - Punya peliharaan seekor kucing tentunya sangat menyenangkan. Banyak hal yang bisa dilakukan jika kita memelihara kucing. Read more

Cara Mudah Menjinakkan Kucing Giras untuk Pemula
cara-menjinakkan-kucing-liar

Cara Menjinakkan Kucing - Hampir seluruh cat lovers menginginkan kucing yang jinak, ramah, dan berprilaku lucu. Tetapi terkadang kita menemukan Read more

Ciri-Ciri Kucing Maine Coon Asli
ciri-ciri-kucing-maine-coon

Kucing Maine Coon Asli - Kucing ras Maine Coon adalah ras kucing peliharaan terbesar. Kucing ini berasal dari daerah Maine, Read more

Mengenal Kucing Maine Coon Lebih Dekat
kucing-maine-coon

Kucing Maine Coon - Kucing maine coon adalah salah satu ras kucing terbesar yang biasa dipelihara. Ras kucing maine coon ini Read more

Perbedaan Kucing Persia Peaknose dan Persia Flatnose
persia-peaknose-dan-flatnose

Persia Peaknose dan flatnose - Kucing persia memang sangat lucu dan menggemaskan, tidak heran banyak sekali yang memelihara kucing jenis Read more

Jenis Kucing Persia yang Paling Lucu untuk Dipelihara
kucing-persia

Kucing Persia - Kucing persia adalah salah satu Ras kucing yang banyak sekali dipelihara di kalangan setelah cat lovers. Kucing ini Read more

9 Ciri Kucing Anggora Asli yang Lucu
gambar-kucing-anggora

Kucing Anggora - Kucing Anggora adalah salah satu kucing ras yang berasal dari Turki dari daerah anggora daerah ankara atau ibu Read more

Mengobati Kucing Sakit Mengeluarkan Air Liur
kucing-mengeluarkan-liur-berlebihan

Mengobati Kucing Sakit Mengeluarkan Air Liur - Dalam merawat kucing terkadang kita menemukan penyakit yang gejalanya kucing mengeluarkan banyak air liur, Read more

Cara Mengatasi Kucing Galak atau Agresif Beserta Penyebabnya
mengatasi-kucing-agresif-dan-galak

Mengatasi Kucing Giras, Galak atau Agresif - Saat kita memiliki kucing baru terkadang kucing yang kira adopt memiliki sifat galak, Read more

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir dengan Benar
anak-kucing-baru-lahir-tanpa-induk

Merawat Anak Kucing Baru Lahir - Apakah anak kucing baru lahir boleh dipegang? Bagaimana cara merawat anak kucing baru lahir tanpa Read more

36 thoughts on “Cara Mengobati Kucing Cacingan Tuntas untuk Pemula”

  1. Hay gan..boleh gk stelah obat cacing combantrin di berikan kpd kucing,10 hari kemudian di kasih minum lagi? Mohon pencerahannya gan.thank u

    Reply
  2. Permisi gan, kalo kucing sudah diberi combantrin pil, boleh diberi drontal nggak? Lalu kapan kucing boleh diberi drontal(setelah pemberian combantrin)?

    Reply
  3. Kak kucingku masih kecil dia kurus banget tpi kalau makan lahap sampek ngeluarin suara nggereng mungkin karna takut makannya diembat sama yg lain karna dirumahku banyak kucing hehe pertanyaanku knp dia kurus trs muntah sama mencret tpi aku blm nemuin cacingnya di muntahannya atopun di eeknya, itu termasuk ciri cacingan ngga sih kak? Trimakasih sebelumnya kak ?

    Reply
    • bisa jadi cacingan. kalo sampe keluar cacing biasanya udah parah itu. ini kayaknya masih gejala awal bisa segera diobatin

      Reply
  4. kucing saya abis dikasih combantrine anak rasa jeruk . saya kasih sedikit. selang 8 jam-an dia muntah dan diare. sampe skrg udah 3 harian. sempat muntah ada cacingnya juga. apa itu efeknya ? apa dia overdosis ? tolong wa saya 085856669666

    Reply
  5. Kucing saya melahirkan 3 ekor bayi. Sekarang bayi berusia 2 mingguan. 1 diantaranya memilik perut buncit, apakah sudah pasti dia terserang cacing? Thx

    Reply
  6. Nanya ni..klo udah terlanjur cacingan dosis nya tetap dan pemberiannya ttp 2 minggu sekali atau kurang dr 2 minggu..?
    Moga2 dijawab…

    Reply
  7. Kak. Saya punya 2 kitten baru usia sekitar 3 Minggu..nah tuh pas pup ada cacingny yg satu. Itu kira² cara ngobati pake combatrin dosisny brp+pencegahannya gimana

    Reply
  8. Maaf sis mau tanya kalau obat nya tablet boleh tidak obat cacing tablet nya dijadiin bubur biar bisa diminum sama si kucing yang sakit ? Kalau ditelan susah gak mau dibuka mulut nya

    Reply
  9. kak mau nanya dong. kucing akukan udah dikasih combantrin ni.. tapi perutnya masih bulat dan dia masih lemas. apa cacing itu hanya keluar dengan cara muntah atau dengan cara BAB..

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.