Cara Membuat Grit (Asinan) Merpati

3
59477

Membuat grit (asinan) merpati – Grit atau asinan pada burung merpati adalah sebutan bagi mineral yang biasanya terbentuk dari pecahan kulit telur, kerang, batu-batu kecil (pasir), arang, pecahan batu gamping dll.

Jika merpati di umbar biasanya merpati memakan bebatuan kecil, nah itu merpati sedang memakan grit (sebutan).

Fungsi grit ini adalah sebagai sumber mineral dan sebagai alat bantu bagi pencernaan merpati. Selain itu juga grit berfungsi membantu pembentukan kulit telur bagi merpati betina, sehingga kulit telur merpati yang keluar tidak lembek.

Grit bisa dibeli di tempat pakan ternak, atau di penjual makanan burung. Tetapi jika kita tidak ingin repot mencari penjual grit, kita bisa dengan mudah membuat grit merpati dan dengan bahan yang ada disekitar kita.

Kandungan grit yang baik adalah mengandung 45% kulit kerang yang dihancurkan dalam ukuran sedang 35% berupa pecahan-pecahan kecil batu gamping/kapur atau batu granit 10% pecahan kecil dari arang kayu (kayu-kayu yang keras) 5% tepung tulang 5% tepung kapur 4% garam 1% apa yang disebut venetian red (omkicau).

Tetapi jika kita sulit untuk membuat dan menemukan bahan diatas kita cukup membuatnya dengan bahan sederhana yaitu kulit telur, batu bata, pasir dan arang.

cara-membuat-grit-merpati

Membuat Grit (Asinan) Merpati

Berikut langkah untuk membuat grit untuk merpati.

1. Ambil beberapa cangkang telur (lebih banyak lebih bagus) karena bahan pokoknya adalah cangkang telur. Cuci dari segala kotoran dan jemur sampai benar-benar kering.

2. Tumbuk sampai halus, lalu bisa langsung diberikan pada merpati

3. Jika dirasa kurang lengkap bisa ditambahkan tumbukan arang, beri pasir halus sedikit saja, dan tumbukan batu bata. Ingat porsinya jangan melebihi cangkang telur.

Karena dari pengalaman saya cangkang telurlah yang paling disukai sebagai grit.

4. Grit bisa diberikan pada merpati, sediakan wadah tertentu agar merpati tahu tempat mencari gritnya.

Grit ini sangat bagus bagi merpati yang dikurung dikandang, karena merpati tidak bisa mencari sendiri gritnya di alam bebas.

Dan bagi saya grit itu sangat diperlukan untuk burung yang diternakkan karena kualitas telur sangat terlihat jelas jadi membuat grit untuk merpati sudah kegiatan sehari hari hehehe.

3 COMMENTS

    • mohon maaf nih gan kalo burung agan nyari sarang yah dibantuin atuh kalo ga beli sarangnya di tempat penjual di sekitaran situ kalo ga mah bisa makan waktu hingga 3hari lebih
      ini menurut pengalaman saya makasih

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.