Jenis dan Harga Burung Kacer

0
145385

Jenis dan harga burung kacer – Burung kacer seperti yang telah kita ketahui adalah salah satu jenis burung kicau yang banyak digemari setelah murai batu. Kacer mempunyai posisi sendiri dikalangan kicau mania. Burung dengan kicau yang merdu dan khas, mempunyai gaya tersendiri, dari segi harga termasuk medium, dari pemeliharaan tidak terlalu rewel dibanding burung lain. Menurut salah satu teman saya yang suka dengan kacer tidak sulit dalam memelihara kacer karena burung ini termasuk mudah dalam pemeliharaannya dan jika mental drop tidak berlangsung lama.

Ada beberapa jenis kacer yang sering dipelihara untuk diambil kicaunya. Setiap jenis kacer mempunyai ciri khas dan pembeda antara yang lainnya. Baik dari kicaunya maupun dari warna bulunya.

Jenis Kacer

Berikut beberapa jenis kacer yang banyak dipelihara oleh para kicau mania. Jenis kacer disini terkadang mempunyai beberapa istilah yang berbeda disetiap daerah.

1. Kacer Poci (copsychus saularis)

Jenis kacer poci atau sekoci atau dikenal juga dengan kacer sumatra. Pada kacer ini terdapat warna putih yang terang yang terletak pada bagian dada, peruit, hingga pantat. Selain pada bagian itu berwarna hitam keseluruhannya. Dari pengamatan saya kacer ini adalah jenis kacer yang paling banyak dipelihara. Untuk masalah kicau kacer ini mempunyai suara yang lantang dan keras serta bisa menirukan kicauan burung lainnya. Baca : Masteran kacer poci

jenis-kacer-poci

Foto : fjb.kaskus.co.id

2. Kacer Jawa (copsychus sechellarum)

Berbeda dengan kacer poci kacer jawa ini mampunyai warna yang lebih gelap. Semua bagian tubuhnya berwarna hitam legam dan hanya ada sedikit warna putih pada sayapnya. Kacer ini juga bisa meniru suara burung lain, tetapi suaranya sederhana kurang beragam.

jenis-kacer-jawa

Foto : burungocehan.link

3. Kacer Madagaskar (copsychus albospecularis)

Dinamakan kacer amdagaskar karena memang burung kacer ini berasal dari Madagaskar. Jenis burung kacer madagaskar ini waranya mirip dengan warna kacer poci, perbedaannya hanya terdapat pada warna gelapnya. Warna kacer madagaskar lebih terlihat kebiru-biruan. Soal suara kacer ini tidak ada bedanya dengan kacer Indonesia.

jenis-kacer-madagaskar

4. Kacer Blorok

Kacer blorok adalah burung kacer yang pola warnanya lebih terlihat berbeda dengan kacer lainnya. Kacer jenis ini mempunyai warna putih yang berantakan (tidak teratur) pada tubuhnya. Menurut beberapa sumber kacer ini adalah hasil dari persilangan antara kacer Jawa dengan kacer hitam putih. Soal suara, kacer ini tidak kalah dengan kacer lainnya dan memiliki suara yang merdu dan lantang.

Jenis-kacer-blorok

Foto : burungocehan.link

Harga Kacer

Harga burung kacer termasuk stabil dari tahun ke tahun. Harga kacer walaupun berbeda di beberapa tempat tetapi perbedaannya tidak terlalu mencolok. Berikut harga kacer yang terdapat dipasaran

Rata-rata harga kacer bakalan : 200.000 – 700.000 tergantung kualitas

Rata-rata harga kacer sudah jadi : 1.000.000 – 2.000.000 tergantung kualitas

Kacer poci bakalan = 175.000 – 400.000

Kacer poci jadi = 700.000 – 1.200.000

kacer jawa bakalan = 300.000 – 500.000

kacer jawa jadi = 900.000 – 1.400.000

Nah harga diatas adalah harga yang saya dapatkan dari beberapa sumber. Setiap daerah akan berbeda-beda harganya. Kualitas dan kondisi burung juga sangat berpengaruh terhadap harganya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.