Mengobati Hairbal pada Kucing : Kucing Muntah Rambut

0
33038

Hairbal pada Kucing – Bagi sebagian cat lovers ketika kucing mengalami muntah-muntah terkadang merasa panik, apa yang harus dilakukan? Terlebih lagi jika memang termasuk baru dalam memelihara kucing. Tenang jangan panik untuk mengatasi kucing muntah-muntah bisa di baca : mengobati kucing muntah, tetapi untuk kucing muntah rambut atau hairball akan dibahas dibawah sini.

Seperti yang kita ketahui kucing adalah salah satu binatang yang ‘apik’ dalam urusan kebersihan. Setiap saat ada kesempatan kucing akan grooming (menjilati) bulunya untuk melakukan pembersihan kotoran. Saat kucing menjilat seluruh tubuhnya dan bulu-bulunya sebenarnya kucing akan menelan sedikit bulunya karena terbawa lidah kucing yang tajam seperti sisir. Jumlah bulu yang terbawa sebenarnya sangat sedikit sekali, tetapi karena dilakukan dalam jangka waktu yang lama maka bulu tersebut menumpuk dalam pencernaan kucing, mengingat sifat bulu tidak dapat dicerna akhirnya menumpuk didalam. Hairball akan dikeluarkan melalui muntah atau fases, ini normal dan sangat alami jadi jangan khawatir. Hairball pada kucing memang sangat alami di kalangan kucing-kucingan dan dikalangan hewan pemangsa, seperti burung hantu juga mengalami hairball. Hairball burung hantu berasal dari bulu dan tulang mangsa yang dimakannya. Hairball ukurannya bermacam-macam ada yang besar ada yang kecil, memanjang padat dll. Itu semua tergantung kondisi pencernaan kucing dan jumlah hairball yang mengendap.

Secara alamiah hairball akan keluar dengan sendirinya dan itu sangat bagus. Tetapi ada beberapa kejadian kucing tidak bisa memuntahkan sendiri hairballnya. Akhirnya hairbal menyumbat usus dan pencernaan. Solusinya adalah harus dilakukan tindakan oleh dokter hewan. Walau jarang terjadi tetapi kita harus waspada ya.

penyebab-hairball-pada-kucing
Foto dari www.cat-world.com.au

Tanda Hairball pada Kucing

1. Kucing yang sedang mengalami hairball akan mengalami muntah terus menerus. Biasanya muntahan ini terjadi selama satu minggu. Bisa berlangsung lama jika hairball sulit untuk keluar.

2. Nafsu makan kucing menurun dan kurang gairah.

3. Sering terpantau memakan tanaman.

Mengobati Hairbal pada Kucing

Sebenarnya kalimat yang tepat adlah mengurangi bukan mengobati hehe, tapi karena teman-teman biasanya mencari dengan Tugas kita sebagai pemilik kucing adalah sebisa mungkin kita memberi asupan makanan atau perlakuan agar meringankan hairball yang sedang terjadi pada kucing. Berikut upaya meringankan hairbal kucing yang bisa dilakukan.

1. Jangan panik. Hairball alami dan sebagian besar akan keluar melalu fases dan muntahan, jadi ini alami.

2. Berikan akar anting-anting (akar kucing), akar ini bisa menambah serat dan mengurangi dampak hairball dan bisa membantu pencernaan kucing jadi lebih baik. Cabut dan bersihkan akarnya dari tanah, berikan pada kucing, biasanya akan langsung mengerogoti akar tersebut. Baca : manfaat akar kucing

3. Atau anda bisa memberikan serat khusus untuk kucing atau biasa disebut laksatif (semacam pencahar kucing). Laktasif ini banyak dijumpai di toko-toko hewan.

4. Berikan makanan yang mengandung ‘minyak baik’ dan probiotik untuk kebaikan lambung kucing.

mengatasi-hairball-pada-kucing
Foto dari fakhrul-amali.blogspot.com

Selain membantu mengurangi hairball kucing  kita juga harus menjaga kebersihan kucing. Sisir dan bersihkan bulu yang rontok karena itu akan mempercepat siklus hairball pada kucing. Terlalu sering mengalami hairball juga akan berdampak pada kesehatan kucing. Jangan lupa jika ada masalah kesehatan periksakan ke dokter.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.