Cara Mengobati Kaki Kenari yang Patah

0
28658

Mengobati Kaki Kenari Patah – Burung kenari adalah burung kicau yang mempunyai ukuran tubuh yang kecil, secara otomatis ukuran kakipun kecil oleh karena itu tidak aneh memang karena terkadang kita menjumpai kenari yang kakinya patah dikarenakan beberapa hal. Dengan ukuran kaki yang amat kecil (mungkin lebih kecil dari lidi) memang rawan sekali terhadap kaki yang patah, ditambah lagi kenari adalah burung yang aktif bergerak tidak menutup kemungkinan terjadinya kaki kenari yang patah. Jika menjumpai hal seperti ini terkadang kicau mania ada yang ogah-ogahan mengobati kenari kaki patah, akhirnya hanya ditelantarkan dan dirawat seadanya. Semoga kita tidak termasuk yang seperti itu yah. Mengobati kaki kenari yang patah tidak mustahil dilakukan, bahkan peluang sembuhnya besar, sudah banyak bukti orang yang pernah berhasil saat mencobanya dan kenari berhasil sembuh sehat seperti semula.

Untuk mengobati kenari kaki patah perlu diketahui kondisi kenarinya terlebih dahulu. Maksud saya kondisi patahannya seperti apa dan lokasi patahnya dimana. Kondisi kaki kenari patah ada 2 kemungkinan, yaitu patah terbuka atau patah tertutup. Patah terbuka adalah kondisi kaki kenari patah sampai tulang terlihat keluar atau ada luka yang keluar, patahan tertutup adalah kondisi kaki kenari patah didalam sehingga tidak sampai ada luka yang keluar. Penanganan untuk kedua jenis patahan sebenarnya sama tetapi ada tambahan untuk patahan terbuka. Berikut cara mengobati kenari patah kaki.

Cara Mengobati Kaki Kenari yang Patah

Sebelum melakukan tindakan kita sebaiknya siapkan dulu beberapa peralatan yang dibutuhkan, gunting, solatip (solatip dari kertas jika bisa), karton, lidi atau tusuk gigi, betadine atau antiseptic lainnya. Setelah semua alat siap carilah seorang partner agar memudahkan anda dalam melakukan tindakan.

burung-kenari-patah-kaki
Foto via tipspetani.blogspot.co.id

Baca juga : kaki kenari pincang

1. Tangkap kenari dengan lembut jangan sampai memperparah lukanya. Pegang dengan benar agar merasa nyaman.

2. Cuci dengan air hangat keringkan sampai benar-benar kering dengan tisu lebih baik jika termasuk patahan terbuka bersihkan luka dengan antiseptic (betadine dan lainnya) sampai bersih.

3. Siapkan mal atau cetakan kaki kenari dengan karton. Buat cetakan sesuai dengan bentuk kaki kenari yang patah. Gunakan lidi untuk memudahkan menekuk karton.

4. Luruskan kaki kenari yang patah sejajar agar tulang menempel. Siapkan lidi untuk menopang kaki agar tidak banyak bergerak nantinya.

5. Lekatkan karton untuk membungkus kaki kenari dengan solatip dan jangan lupa selipkan lidi untuk memperkuat topangan. Balut sampai paha agar kaki tidak banyak bergerak.

6. Sementara singkirkan tangkringan jika kenari terlihat lemah. Letakkan minum dan pakan dibawah terlebih dahulu agar mempermudah kenari. Berikan vitamin dan mineral pada air minum kenari. Bisa dibeli di toko pakan.

7. Rawat dengan sabar, jika sudah terlihat bisa berjalan bisa diberikan tangkringan lagi. Dalam waktu beberapa minggu kaki kenari biasanya sudah ada perubahan bahkan bisa sembuh.

mengobati-kenari-patah-kaki
Foto via tipspetani.blogspot.co.id

Oke sobat semoga kenari yang patah kakinya bisa segera sembuh ya. Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.