Mengobati Kaki Kenari Luka dan Pincang

0
66350

Mengobati kaki kenari luka dan pincang – Pada pembahasan kali ini hewanpeliharaan.org akan intensif membahas tentang kenari seminggu kedepan. Khususnya tentang kesehatan burung kenari. Kemarin sempat mempost tentang mengobati kenari sakit murung yang bisa dijadikan referensi perawatan kenari yang murung. Kali ini insya allah akan dibahas tentang mengobati kaki kenari pincang. Pincang di kaki kenari bisa dikarenakan luka, benturan, kejepit, kaki berkerak baca : mengobati jamur kaki kenari, terkilir (keseleo) atau salah memegang kenari sehingga terjadi stress pada otot kenari (salah otot). Sebabnya bisa macam-maca oleh karenanya pemilik harus tahu dulu apa penyebabnya sehingga tindakan yang akan dilakukan sesuai dengan masalahnya dan ampuh untuk menyembuhkan kaki kenari yang pincang.

Selain karena luka dalam (tak terlihat) kaki kenari pincang juga bisa diakibatkan oleh luka luar. Biasanya karena kenari terlalu aktif atau panik berterbangan di kandang maka kenari membentur sangkar dan terjadi luka. Atau bisa jadi kenari tidak terpantau dan diserang kucing dan mengenai kakinya sehingga luka dan pincang. Jika terjadi seperti itu maka anda tepat sekali datang ke website ini.

Mengobati-Kaki-Kenari-Luka-dan-Pincang

Mengobati Kaki Kenari Luka dan Pincang

Saya akan bedakan luka yang mengakibatkan kenari manjadi pincang, yaitu kaki kenari luka luar dan kaki kenari luka dalam.

kenari pincang luka dalam (Keseleo, salah otot, benturan, kejepit dll)

Pada dasarnya kaki kenari yang mengalami keseleo atau stress otot ringan akan sembuh dengan sendirinya, asalkan makanan dan minuman full masuk. Kira-kira semingguan kurang lebih. Tetapi sebagai pemilik tentu kita tidak akan tega melihat kenari kita pincang saat jalan atau bertengger maka dari iru kita harus melakukan usaha untuk membantu mempercepat penyembuhan kenari kita. Sebelum melakukan tindakan ini pastikan terlebih dahulu kaki kenari tidak patah (penting). Baca : kaki kenari patah Kaki kenari yang patah tandanya ada benjolan (crack/fraktur) di kaki kenari. Jika hanya keseleo maka tidak ada benjolan di kaki kenari. Berikut upaya penyembuhan kenari yang mengalami luka dalam.

Mengobati-Kaki-Kenari-Pincang

1. Berdoa, bismillah semoga disembuhkan.

2. Siapkan minyak urut, minyak sereh, minyak tawon, counterpain dll (air perasan sereh atau jahe juga bisa).

3. Tangkap kenari dengan lembut jangan sampai memperparah luka kenari.

4. Bersihkan kaki dengan air hangat lalu cuci sampai kering.

5. Urut pelan-pelan kaki kenari sambil diluruskan (ingat pelan-pelan) sambil menggunakan minyak urut diatas. dari kaki sampai paha bagian yang sakit. Pelan pelan yah jangan di paksakan.

6. Jika ada yang lebab (warna biru) di kaki maka bisa oleskan lebih banyak disitu.

7. Setelah itu rawat dengan baik dan tunggu, biasanya beberapa hari ada perubahan.

Itu untuk kenari yang mengalami keseleo atau kaki terjepit benang atau sangkar. Untuk kenari yang mengalami luka luar misal terkena serangan kucing maka penanganannya berbeda lagi.

kenari pincang luka luar

1. Berdoa, bismillah semoga disembuhkan.

2. Tangkap kenari dengan lembut jangan sampai memperparah luka kenari.

3. Bersihkan kaki dengan air hangat lalu cuci sampai kering.

4. Bersihkan bagian luka dengan antiseptic (betadine, rifanol dll)

5. Pantau barang kali ada luka memar juga. Bisa di kombinasikan dengan cara keseleo asal janga mengenai lukanya.

7. Setelah itu rawat dengan baik dan tunggu proses penyembuhannya, biasanya beberapa hari ada perubahan.

Nah demikian diatas adalah cara untuk mengobati kaki kenari luka. semoga bisa membantu teman kicau mania semuanya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.