Mengobati Jamur pada Kaki Kenari

0
146064

Mengobati Jamur pada Kenari – Jamur pada kaki kenari memang sudah lumrah ditemukan oleh penghobi kenari. Ciri-ciri kenari terserang jamur pada kakinya adalah kenari terpantau sering mengangkat salah satu kakinya. Jamur atau bubul pada kenari diakibatkan oleh kondisi kandang yang lembab dan kotor. Pada kondisi seperti itu kenari menginjak kandang yang kotor dan lembab dan jamub bisa tumbuh subur. Selain kondisi kandang juga perlu diperhatikan kondisi tangkringan kenari, kondisi tangkringan yang lembab juga bisa menjadi jalan tumbuhnya jamur. Saya pernah mengalami jamur pada kaki kenari, memang karena keteledoran saya, kenari yang sedang di gantung terkena air hujan, sehingga kandang basah dan lembab, akhirnya beberapa hari setelah itu kenari sering mengangkat kakinya, saya lihat ada jamur tumbuh dikaki kenari.

Jamur ini sangat mengganggu kenari baik di rumahan atau saat lomba. Saat lomba kenari bisa merasa gatal dan malah sibuk menggaruk bukannya berkicau, sehingga mengacaukan penampilan kenari lomba. Kenari merasa tidak nyaman. Ditambah lagi bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Oleh karenanya kita sebagai pemelihara sebaiknya menjaga kesehatan kenari kita dari jamur ini dengan secara rutin membersihkan kandang kenari dan menjemur kenari, penjemuran ini selain berfungsi agar menyehatkan kenari juga agar kandang kenari tidak lembab sehingga dapat menekan pertumbuhan jamur.

cara-mengobati-jamur-pada-kenari

Cara Mengobati Jamur pada Kenari

Jika sudah terlanjur kenari terserang jamur maka kita harus segera mengobatinya. Berikut cara mengobati jamur pada kenari :

1. Tangkap burung kenari yang akan diobati dengan santai dan lembut.

2. Setelah itu cuci kaki kenari dengan air hangat sesekali di usap agar melunturkan jamurnya, keringkan dengan tisu atau lap bersih sampai benar-benar kering.

3. Berikan salep anti jamur pada kenari. Ada banyak merk salep dalam mengobati jamur pada kenari yang bisa kita digunakan salep bio clean, salep88, daktarin, canestin, atau salep di apotik dengan akhiran zole (miconazole, ketoconazole, dll) pilih salah satu.

4. Lakukan sehari sekali sampai jamur hilang dan bersih.

5. Bersihkan juga kandang dengan sabun / shampoo anti jamur. Keringkan sampai benar-benar kering.

6. Cuci kerodong sampai bersih dan kering.

7. Untuk jaga-jaga oleskan seminggu atau dua minggu sekali salep anti jamur pada kenari untuk pencegahan agar jamur tidak kembali lagi.

mengobati-jamur-pada-kenari

Nah semoga artikel pengobatan jamur pada kenari ini bisa membantu kicau mania semua dalam mengobati kenarinya. Tentu ini juga agar kita mengambil pelajaran untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan kenari sehingga menghindari penyakit jamur kenari.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.