Perawatan Persiapan Kenari Untuk Lomba Agar Juara

2
102258
Foto https://www.facebook.com/nugroho.n.nunu

Persiapan Kenari Untuk Lomba – Burung kenari termasuk kedalam burung yang tidak absen dilapangan lomba, baik itu hanya untuk latihan bersama atau kontes kenari. Mempersiapkan kenari untuk lomba sangatlah penting agar hasil yang bisa didapatkan bisa maksimal atau bisa juara. Burung kenari sebenarnya termasuk burung yang mudah perawatannya dibanding burung kicau lainnya. Kenari juga mempunyai tingkat stress yang rendah jadi pemulihan saat drop lebih cepat. Jadi kenari mempunyai keunggulan tersendiri, kita bisa menggunakan keunggulan ini untuk membentuk kenari kita nantinya.

Setelah saya melihat sharing-sharing antar pemilik kenari dan membaca di berbagai referensi maka dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan kenari juara atau bisa mengeluarkan performa maksilam dari kenari maka kita harus menyesuaikan rawatan kenari berdasarkan karakter burung tersebut. Memang tidak sebentar untuk mengetahui karakter kenari kita. Kita perlu melakukan uji coba perawatan yang tepat kepada kenari kita sehingga didapatkan perawatan untuk kenari lomba yang tepat dengan kenari kita. Untuk selengkapnya akan saya sajikan tahapannya agar mudah dipahami.

perawatan-kenari-untuk-lomba-agar-juara
Foto https://www.facebook.com/nugroho.n.nunu

Perawatan Kenari Lomba

Untuk mempermudah dalam penyampaiannya saya bagi tahapan perawatan kenari lomba ini untuk beberapa fase. Sebelumnya memang tidak sebentar dalam membuat rawatan yang tepat dengan menyesuaikan kenari kita, misal ada kenari yang setelah diberi kroto jadi ngoceh terus, ada yang sukanya telur puyuh dan macam-macam. Kita hanya harus menyesuaikan dengan kesukaan kenari kita.

Perhatikan karakter kenari sebelum lomba

Jauh-jauh hari sebelum lomba perhatikan dulu karakter kenari kita, lakukan coba-coba perawatan atau istilahnya trial and error dulu. Misal kita berikan telor puyuh apa efeknya setelah itu, kita berikan kroto apa efeknya setelahnya. Saat sedang birahi kita lakukan berbagai cara mengatasi kenari over birahi lihat cara mana yang paling efektif untuk kenari kita. Apakah dengan mandi rutin? Atau pemberian sayuran? Atau di gandeng dengan betina agar kawin? Nah kita sesuaikan dengan kenari kita cari metode yang paling efektif sesuai dengan karakternya. Setelah kita paham maka kita tidak akan sulit melakukan setelan untuk kenari kita nantinya.

Pola rawatan kenari untuk lomba

Setelah mengetahui karakter kenari kita maka bisa dipadu dengan perawatan kenari sebelum lomba yang sudah banyak digunakan oleh kicau mania. Perawatan ini dimulai h-7 atau seminggu sebelum lomba kenari.

1. H-7 Kenari diisolasi dari melihat kenari lain atau dari mendengar suara kenari lain. Kenari disendirikan dulu.

2. Setiap pagi semprot kenari sampai basah, kecuali saat cuaca dingin lebih baik hindari memandikan kenari. Baca : memandikan kenari dengan benar

3. Jemur kenari sampai kering tergantung seberapa kuat kenari bertahan, sesuaikan untuk masing-masing kenari.

4. H-3 sebelum lomba berikan kenari buah Apel diselingi Kroto atau telur puyuh, sesuaikan saja.

5. H-2 sampai H-1 sebelum lomba kenari jangan dijemur lama-lama sebaiknya 30 menitan di panas yang tidak terlalu terik. Berikan vitamin jika perlu.

6. 1 jam sebelum digantang berikan telur puyuh atau kroto sesuaikan dengan kenarinya.

7. Saat di arena lomba semprot kenari sedikit, jika terlihat birahi semprot sampai basah. Sesuaikan penggantangan kenari dengan karakternya

Persiapan-Kenari-Untuk-Lomba
Foto https://www.facebook.com/nugroho.n.nunu

Setelah itu kenari bisa di istirahatkan atau recovery setelah lomba. Istirahatkan kenari lomba dengan memberikan pakan yang disukai dan vitamin. Lalu lanjutkan perawatan harian kenari yang biasa dilakukan.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.