Mengatasi Burung Kenari Stress – Salah satu tujuan memelihara kenari atau burung kicau adalah mendengar kicauannya, terasa hampa jika burung kita sedang stres atau macet bunyi. Apalagi jika burung kenari kita sudah gacor dan biasa berkicau dirumah kita, akan terasa sepi jika tidak ada yang berkicau lagi. Lebih gawat jika burung kenari yang stres akan ikut lomba atau akan dijual, tentu tidak menyenangkan bukan, nah disini akan dibahas kenapa kenari bisa stres (penyebab kenari stres) dan solusi yang tepat mengatasi kenari stres berdasarkan pengalam saya pribadi dan teman-teman kicau mania lainnya.

Penyebab kenari stres bermacam-macam. Ada kenari yang stres karena pengaruh lingkungan. Lingkungan disini adalah tempat kenari di gantang, biasanya jika kenari belum siap mental atau mental kurang kuat jika digantang ditempat yang ramai maka kenari akan merasa ciut atau takut dan tidak mau berbunyi hanya diam dan makan saja. Ada juga kenari yang stres karena pengaruh burung lain, walaupun jarang kenari bisa stres karena mendengar suara burung lain yang lebih kencang atau suara kenari lainnya yang terkesan menyerangnya, ini biasanya terjadi pada kenari muda. Bisa jadi karena kenari over birahi, jika over birahi silahkan baca mengatasi kenari over birahi. Ada juga karena gangguan secara langsung. Gangguan ini berupa kandang yang terguncang (kandang/sangkar jatuh) atau bisa karena gangguan binatang lain. Saya pernah mengalami kenari saya diserang kucing karena keteledoran saya, dan mengakibatkan kenari saya berdarah dibagian paruh dan bulu rontok, otomatis kenari stres. Saya akan bagi tipsnya dan tidak sampai 3 hari kenari saya sudah bunyi kembali, walau tidak segacor awalnya tetapi bertahaplah.

mengatasi-kenari-stres

Mengatasi Burung Kenari Stres

Burung kenari dikenal sebagai burung yang tidak mudah stres atau mudah sekali sembuh dari stres. Tetapi jika sudah stres tentu kita pusing juga yah hehe. nah berikut solusi yang saya terapkan pada kenari saya.

1. Cukupkan pakan dan minum kenari, pastikan kenari tidak kelaparan.

2. Sendirikan kenari, tempatkan di suhu kamar, lebih baik sejuk dan tidak panas (tidak ada cahaya langsung).

3. Hindarkan kenari dari suara burung lain terlebih dahulu, ciptakan suasana tenang.

4. Lalu tutup kandang dengan kerodong, Tutup hanya setengah kandang saja.

5. Lakukan hal yang sama sampai kenari terpantau ngeriwik atau ngeplong. Biasanya kenari juga sudah tidak murung lagi dan terlihat lincah.

cara-mengatasi-kenari-stres

Nah itu adalah sedikt perawatan bagaimana mengatasi kenari stres. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kicau mania semua.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.