Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik

10
106528

Memilih Indukan Betina Merpati Balap – Permainan merpati sedang ramai-ramainya akhir-akhir ini sampai harga jagung meningkat drastis dari 8 ribu an sampai 11 ribuan per kilonya, entah ulah penimbun, permintaan yang banyak, atau para petani beralih ke komoditi lain, oke kita kembali ke merpati. Banyak dari para penghobi merpati mendambakan merpati yang baik, bagus, berkualitas terlebih lagi bisa berprestasi menjadi merpati juara. Untuk mendapatkan merpati seperti ini tentu butuh usaha yang lebih, waktu yang banyak, dan tidak jarang kocek yang cukup dalam.

Merpati yang berkualitas dalam artian layak tarung biasanya dihasilkan dari merpati yang baik pula, oleh karena itu untuk mencetak merpati yang berkualitas kita perlu memilih indukan yang berkualitas juga, saat ini kita bahas indukan betina merpati balap terlebih dahulu. Banyak pemain merpati menginginkan anakan dari merpati juara (juara artinya sering juara bukan karena hoki atau sekali dua kali menjuarai) karena besar kemungkinan anakannya juga termasuk merpati berkualitas dan bisa dijadikan indukan dikemudian hari, dengan harapan anakannya akan bisa seperti . Untuk memilih indukan merpati betina berkualitas ada beberapa cara. Kita bahas dibawah yah.

lar-indukan-merpatibalap

Memilih Indukan Betina Merpati Balap

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kualitas indukan merpati balap. Diantaranya adalah

1. Trah

Trah atau darah adalah jalur keturunan seekor merpati. Penamaan atau pemberian jalur darah adalah cara untuk mempermudah bagi peternak atau pemain merpati guna mengetahui silsilah yang tepat sehingga dikemudian hari jika dimainkan bisa terlacak merpati mana yang menjadi indukannya. Bagi peternak jalur trah ini bisa digunakan sebagai data untuk mencarikan pasangan bagi merpati yang akan di ternakan apakah masih satu keturunan atau tidak, sehingga bisa dicarikan pasangan yang tepat untuk menjadi indukan, apakah akan di inberred, cross breed, line breed dll insya allah nanti kita bahas sistem berternak merpati. Trah juga berfungsi sebagai ‘merk’ bagi sebagian orang dengan berbagai tujuan. Trah juara memang tidak selamanya menghasilkan anakan juara, tetapi trah juara besar kemungkinannya menghasilkan anakan yang berkualitas yang berpotensi juara.

2. Katuragan

Katuragan atau ada yang menyebut juga katurangga adalah bentuk pegangan dari merpati, praktisnya fisik merpati yang dapat dilihat. Patokan katuragan setiap orang bisa beda-beda tergantung pengalaman dan jam terbang meraba burung, saya juga termasuk kedalam orang awam soal katuragan ini, tetapi saya banyak bertanya pada beberapa master merpati balap yang sudah lama berkiprah di dunia merpati balap bahkan sampai puluhan tahun, insya allah dari beliau ciri-ciri indukan yang bagus akan saya sampaikan. Satu lagi, menurut beberapa peternak yang berpengalaman salah satu faktor penting untuk mendapatkan anakan merpati yang bagus adalah cocok menyeting pasangan indukan jantan dan betina. Misal betina seperti ini cocoknya dipasangkan dengan jantan yang seperti ini. Kecocokan pasangan ini menentukan anakan selanjutnya, karena walaupun burung bagus ketemu burung bagus jika ‘perabotannya’ tidak cocok maka anakan yang keluar juga kacau. Istilah lainnya saling menutupi kekurangan baik jantan dan betinanya. Berikut ciri-ciri katuragan yang baik untuk merpati betina :

1. Badan kenyal, terasa empuk jika dipegang. Lebih bagus jika otot dada menutupi tulang dada. Serat dagingnya halus.

2. Tulangan tidak besar (tidak terlalu menonjol).

3. Bulu halus seperti sutra, akan terasa lembut jika dipegang.

4. Capit udang sedang tidak terlalu renggang tidak terlalu rapat.

5. Lar rapat jika sayap di jembrengkan.

memilih-indukan-merpatibalap

Nomer 1-3 adalah pokok, selanjutnya adalah tambahan. Selain itu ada bentuk kepala ekor dan lainnya tetapi yang menjadi patokan kebanyakan hanya 1-3 lainnya katanya mengikuti. Hal yang diatas sudah saya sampaikan “yang tidak kalah penting dari memilih indukan bagus adalah memilih pasangan yang tepat untuk indukan” misal betinanya agak pendek maka cari jantan yang bagus yang agak panjang, saling melengkapi satu sama lainnya.

3. Kualitas Saudaranya

Untuk mendukung indukan betina balap yang bagus perlu juga dilihat saudaranya, kakak, adik, paman, ayah, atau saudara dekatnya. Apakah sudah ada yang juara atau belum, apakah termasuk burung bagus atau bukan. Biasanya jika burung bagus rata-rata saudaranya juga bagus. Ini sebagai cross check dan sebagai pendukung saja.

Nah diatas adalah faktor-faktor yang bisa dilihat apakah indukan merpati balap ini bagus atau tidak, selain secara fisik sebenarnya ada beberapa faktor lagi, seperti pernafasan, kecerdasan, karakter terbang dll. Jadi sebelum berternak atau berniat mempunyai anakan merpati yang bagus kita harus tahu terlebih dahulu merpati seperti apa yang ingin kita hasilkan, dengan demikian kita bisa memilih karakteristik merpati yang tepat untuk dijadikan indukan. Setiap orang berbeda-beda dalam menentukan kriterianya jadi jangan banyak menyalahkan atau terlalu mengagung-agungkan orang hehe. Tidak kalah penting dah bahkan ini yang utama menurut saya adalah berdoa ;).

10 COMMENTS

  1. Om punya sepasang merpati yang keket keras gak kalau punya hubungi :0885694988070 masukin kontak aja dulu nanti obrolin lagi di sms.

  2. Gan…saya punya dara sepasang nihh kok udh lama bgt gk bertelur gan??padahal udh sring banget kawin…setiap hari kawin…kasih solusinya gan biar punya keturunan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.