Mengobati kenari murung – Yang sedang membaca ini mungkin kenari anda sedang mengalami sakit atau anda mengantisipasi untuk pencegahan agar kenari tidak sakit. Ada macam-macam penyakit kenari salah satu yang sering dijumpai adalah kenari sakit murung. Kenari tidak terlihat bersemangat dan diam saja di tenggeran atau terkadang hanya dibawah sangkar saja sambil diam dan murung. Di cuaca seperti musim penghujan akan lebih banyak ditemukan kasus ini, karena biasanya penyakit penyebab burung murung banyak berkembang di musim penghujan, karena medianya cocok sehingga bakteri banyak tumbuh berkembang apalagi jika kondisi lembab.

Sakit murung pada kenari sebenarnya bisa disebabkan banyak penyakit, kondisi kenari murung hanyalah efek dari sakit tersebut yang merupakan ‘upaya’ dari si burung untuk sembuh dengan menghemat tenaganya. Untuk mengetahuinya perlu dilakukan pemantauan yang lebih dalam lagi dan ciri-ciri yang lebih banyak agar diagnosa terhadap penyakit kenari ini lebih akurat. Tetapi terkadang kita tidak tahu apa penyakitnya hanya kenari terlihat murung saja. Untuk pertolongan pertama terhadap kenari murung ada beberapa tips yang bisa saya sampaikan.

kenari-sakit-murung

Mengobati kenari sakit murung

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas untuk mengobati kenari yang terlihat murung kita harus mengetahui terlebih dahulu penyakit utamanya yang menyebabkan kenari murung dan bisa memulai pengobatan tentang sakitnya. Tetapi jika tidak tahu sakitnya maka kita bisa melakukan perawatan maksimal dan mencoba pola rawatan ini.

1. Jemur kenari pada panas yang tidak menyengat (kalo saya biasanya maksimal sampai jam 9 pagi saja).

2. Beri makan kenari dengan mencampur niger seed, karena bisa menghangatkan.

3. Beri protein tambahan seperti telur puyuh atau kroto.

4. Pada air minum berikan multivitamin silahkan banyak merk tersedia di toko pakan dan berikan air matang atau air kemasan.

5. Masukkan dan kerodong jika cuaca sedang mendung. Wajib kerodong saat malam agar tidak kedinginan.

Jika sakit masih berlanjut atau semakin parah maka pemberian obat-obatan harus segera diberikan karena bisa menyebabkan kematian. Berikan obat-obatan yang mengandung vitamin dan antibiotik bisa di beli di toko pakan.

kenari-mati-karena-sakit

Mencegah kenari sakit murung

Untuk pencegahan agar kenari tidak murung bisa dilakukan seperti perawatan harian biasa dengan tambahan

1. Sayuran harus masuk dan diseling.

2. Bersihkan kandang jangan sampai udara lembab dalam kandang.

3. Air minum gunakan yang matang.

4. Kerodong di cuaca dingin.

Nah saya kira perawatan yang baik dan pakan yang cukup bisa membuat kenari atau burung kicau kita menjadi sehat dan rajin berkicau, silahkan baca : perawatan harian kenari agar menambah lagi referensi pola rawatan kenari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.