Jenis dan Harga Kura Kura Hias

54
433854

Jenis kura kura peliharaan – Kura kura adalah salah satu jenis reptil yang banyak dipelihara. Kura kura adalah salah satu binatang yang unik yang memiliki cangkang yang keras yang ada di badannya. Cangkang kura kura berfungsi untuk melindungi diri mereka dari serangan predator di alam. Cangkang kura kura memiliki banyak motif dan warna. Inilah yang menjadi salah satu alasan dari para penghobi yang memelihara kura-kura.  Selain dar itu geraknya yang lucu dan lamban membuat mata ‘segar’ melihat tingkahnya. Memelihara kura-kura tidaklah sulit karena hewan ini termasuk kedalam reptil yang kuat dan mampu beradaptasi dengan cepat. Bahkan mampu bertahan dalam waktu lama tanpa makanan. Baca : makanan untuk kura kura. Tetapi jangan dijadikan alasan untuk tidak memberi makan pada kura kura anda yah.

Seperti yang kita ketahui ada beberapa jenis kura-kura hias yang biasa di pelihara. Baik itu jenis kura-kura darat atau kura-kura air. Baiklah kita bahas jenis-jenis kura-kura peliharaan.

Jenis Kura-kura

Walaupun kura-kura bisa hidup di dua alam tetapi kami coba bagi kedalam beberapa bagian. Disini saya bedakan yah kura-kura darat dan kura-kura air.

Jenis dan Harga Kura-kura Hias Darat

Jenis kura-kura darat adalah kura kura yang hidupnya cenderung lebih lama di darat.

1. Yniphora / Ploughshare Tortoise / Geochelone yniphora

Kura-kura asal madagaskar ini sebenarnya sudah dalam status terajcam punah. Peredarannya dan perdagangan sangat dijaga ketat. Penangkaran juga banyak dilakukan untuk menyelamatkan spesies kura-kura ini. Jantan yniphora berukuran lebih besar pada umumnya betina yang berukuran besar. Jantan bisa mencapai ukuran panjang 43 cm dengan berat sekitar 10 kg sedangkan betina mencapai 37 cm dan berat sekitar 8-9 kg. Yniphora lebih menyukai rerumputan yang kering untuk makananya. Karena langka dan indah kura-kura ini mempunyai harga yang paling mahal diantara jenis kura-kura lainnya.

jenis-kura-kura-yniphora

Harga : 40 juta – 100 juta

2. Radiata / Radiated Tortoise / Geochelone radiate

Radiata juga kura-kura yang berasal dari madagaskar. Kura-kura ini pun terancam punah karena banyak diburu untuk diperjualbelikan. Habitat mereka adalah disemak-semak dan rerumputan. Ukuran radiata bisa mencapai 41 cm dengan berat 16 kg ketika dewasa.

Radiata mempunyai ciri khas coraknya yang ‘mencolok’ sehingga dianggap menarik oleh para penghobi. Harganya mahal tetapi masih dibawah kura-kura yniphora *ketentuan berlaku.

jenis-kura-kura-radiata

Harga : 1.700.000 ukuran baby, dan Rp. 3.000.000 ukuran medium. Ada juga yang sampai Puluhan juta

3. Aldabra / Aldabra Tortoise / Aldabrachelys gigantean

Aldabra adalah salah satu jenis torto terbesar kedua setelah torto Galapagos. Kura-kura ini mampu mencapai ukuran panjang 1.2 meter dengan berat bisa mencapai 25 kilogram. Hidup mereka biasanya di rerumputan, semak belukar dan kayu di hutan bakau. Kura-kura ini berasal dari pulau Aldabra Atoll di Seycelles, aldabra mempunyai warna yang gelap tidak mempunyai corak yang mencolok seperti kura-kura lainnya. Leher aldabra bisa memanjang yang berguna untuk meraih makanan di semak yang lebih tinggi seperti jerapah.

jenis-kura-kura-aldabra

Harga : 10-30 juta

4. Sulcata/ African Spurred Tortoise/ Geochelone Sulcata

Kura kura asal afrika ini salah satu jenis yang banyak diminati para penghobi. Ibaratnya kura-kura sejuta umat. Sulcata mampu tumbuh hingga ukuran 60cm sampai 90cm. Biasanya kura-kura jenis ini dijual saat masih baby yaitu ukuran 5-6 cm.

jenis-kura-kura-sulcata

Harga : 1-2 Juta Ukuran Baby

5. Chery Head / Cheryhead Tortoise / Geochelone Carbonaria

Dinamakan cheryhead karena kura-kura ini mempunyai sisik merah atau orange di kepalanya yang menyerupai buah Chery. Mereka berasal dari daerah Brazil dan Paraguay dengan habitat padang rumput dekat hutan tropis. Ukuran maksimalnya tidak terlalu besar rata-rata bisa mencapai 30 cm.

jenis-kura-kura-Chery-Head

Harga : 1.5 – 2 Juta Ukuran Baby

6. Istar / Indian Star Tortoise / Geochelone elegans

Kura kura istar berasal dari india, srilanka dan sekitarnya. Dinamakan istar karena pada karapasnya berbentuk seperti corak bintang. Ukurannya bisa mencapai 38 cm dengan berat sekitar 8 kg.

jenis-kura-kura-istar

Harga : 800 – 1 juta ukuran baby

7. Parda / Leopard Tortoise / Geochelone pardalis

Parda atau biasa disebut leopard karena totol di karapasnya adalah kura kura yang berasal dari afrika dan sekitarnya. Kura-kura ini sangat suka lingkungan yang kering dan hangat. Agak sensitif jika lingkungan lembab karena bisa terserang pilek.

jenis-kura-kura-pardalis

Harga : 900ribu – 1.2 juta ukuran baby

8. Emys / Asian Forest Tortoise / Manouria emys emys

Yang satu ini adalah kura-kura asal indonesia dan sekitarnya (asia). Kura-kura ini uumnya memiliki tempurung berwarna hijau gelap. Lingkungannya seperti kebanyakan kura-kura darat yaitu di rerumputan dan semak belukar. Perawatannya tidak susah karena merupakan kura asli Indonesia jadi sudah terbiasa dengan iklim disini. Harga tidak terlalu mahal dibanding jenis kura-kura lainnya

jenis-kura-kura-Emys

Harga : baby 700 – 1.2 Dewasa

9. Forsteni / Forstne’s Tortoise / Indotestudo Forstenii

Inipun asli asal indonesia sob tepatnya di Sulawesi dan Halmahera. Soal corak kura-kura lokal ini yang palng berwarna menurut saya. Forsteni tidak seperti kura-kura darat lainnya yang menyukai lingkungan kering. Kura-kura ini cenderung menyukai lingkunan yang lembab.

jenis-kura-kura-Forsteni

Harga : 800-1 Juta Ukuran Baby

Jenis dan Harga Kura-kura Hias Air

1. Kuya Batok / Coura amboinensis (Kura Ambon)

Kura-kura ini tidak memiliki corak khusus di tempurungnya melainkan hitam polos. Tersebar diasia dan sekitar india. Di Indonesia pun kura-kura ini banyak. Biasa disebut kuya batok karena tempurungnya menyerupai batok kelapa yang hitam. Sodara saya sendiri pernah menemukan di kebun miliknya saat sedang membersihkan rumput.

jenis-kura-kura-batok

Harga : –

2. Kura-Kura Brazil / Trachemys scripta elegans

Kura kura in lebih dikenal dengan kura-kura brazil. Termasuk kedalam kura kura sejuta umat hehehe. Bahkan bisa kita jumpai di pasar malam banyak penjual yang menjajahkan kura-kura jenis ini.

jenis-kura-kura-brazil

Harga : Baby 20-30 Ribu

3. Aligator Snapping / Macrochelys temminckii

Kura kura ini mempunyai bentuk yang unik dan menyeramkan. Di tempurungnya terdapat seperti duri-duri tajam. Kura-kura ini paling sering didalam air dibanding jenis lainnya. Jenis ini juga cenderung galak dan suka menyerang dengan mengigit. Hati-hati jika berada didepan kepalanya karena gigitan kura-kura bisa sangat fata.

jenis-kura-kura-Aligator-Snapping

Harga : Baby 1-2.5 Juta

Nah di atas adalah jenis dan harga kura-kura yang biasa di pelihara di indonesia. Harga kura-kura diatas sewaktu-waktu dapat berubah karena harga diatas merupakan harga perkiraan dipasaran. Jika stok sedang banyak maka harga pasar bisa turun begitu sebaliknya tergantung dari stok dan importir kura-kura tersebut.

54 COMMENTS

  1. Mohon informasi alamat penjualan Kura2 jenis RADIATA, Krn saya akan beli
    mhn kiranya bls nya bs langsung ke Email sy

    Trimksih seblmnya
    Hary

  2. Maaf sebelumnya saya mw jual kura2 cst uk 15 cm siapa tw temen2 ada yg mw. Kebetulan disini pencinta kura2 sya mw jual juga ke pencinta kura2 ga mahal2 saya jual. Untuk info bisa email saya ke [email protected] prefer cod bandung no kirim2 trimakash.

  3. Saya maya dari medan.
    Saya punya koleksi sepasang kura-kura ukr cukup besar sekali.saya mau jual.
    Skrg hanya sebagai pajangan saja dirumah.Kalo minat boleh call.0812.4141.9460.Saya mau jual 27jt net.sepasang.

  4. mohon infonya yang jual kura-kura istar (indiana star) di daerah jakarta barat dan sekitarnya. minat bgt nih mau beli gan. mohon infonya yah….

  5. Saya tinggal di kalimantan gan kmrn nemu kura2 di dkt rumah tempurungnya warna hitam polos ga terlalu batok mlh agak flat mohon info jenis apa dan makanannya apa?

  6. terimakasih untuk infonya, baru tahu kalo saya memelihara kura-kura brasil, saya selama ini hanya pelihara biasa tanpa memperhatikan jenis ataupun cara pengembangbiakan, coba saya mulai perhatikan,

  7. Halo prens,

    Saya mau jual kura-kura matamata, ukuran cangkangnya sekitar 35cm. Kalau yg tertarik, email aja dengan penawarannya.

    Thanks.

  8. ko murah ya harga nya ? ga kaya di pasaran. sulcata aja baby nya 2jt. sama indan star itu 1,5 up, kalo ada harga baby yang indian star 800 coba kontek wa 081320053371

    • Harganya berfariasi mas, macam-macam sesuai kualitas biasanya yang masih baby kisaran 1-2 juta an, umumnya 1,7 an

  9. Sy mau beli kura kura darat.
    Dimn ada penjual lengkap Dan terpercaya dgn harga yg jujur.
    Add WA sy Di no. 08159979915.
    Trims

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.