Agar Nafas Merpati panjang dan Kuat Saat Lomba

0
236

Nafas Merpati Panjang – Nafas sangat vital fungsinya bagi setiap makhluk hidup. Setiap makhluk hidup yang memerlukan energi pasti memerlukan nafas.

Nafas bagi makhluk hidup fungsinya untuk proses pembakaran energi di dalam tubuh. Semakin lancar pernafasan maka semakin besar pula energi yang dihasilkan.

Membuat nafas merpati kuat dan panjang ketika lomba atau latihan sangatlah penting.

Pasalnya merpati saat terbang tentunya memerlukan energi yang besar untuk terbang lebih cepat dan menjaga otot dari kerusakan akibat kelelahan.

Tanda merpati mulai lelah dan kekurangan oksigen yaitu burung membuka paruhnya dan bernafas lebih cepat. Ini karena burung membutuhkan asupan energi pada ototnya sehingga memerlukan oksigen yang lebih banyak dan cepat, sehingga nafas merpati menjadi lebih cepat.

Oleh karena itu melatih nafas pada merpati sangatlah penting. Berikut ini beberapa cara melatih nafas merpati agar panjang dan kuat.

Agar Nafas Merpati panjang

Latihan fisik

Latihan fisik secara rutin dan bertahap merupakan salah satu hal yang paling penting dalam melatih nafas pada merpati.

Analoginya begini, jika kita terbiasa lari maka jarak tempuh 1km pun masih kuat, tetapi jika kita jarang lari biasanya lari jarak 20m pun nafas sudah cepat.

Ini dikarenakan semakin kuat otot pada merpati maka akan semakin efisien oksigen yang digunakan dalam pembakaran energi, sehingga merpati tidak akan cepat lelah (ga boros oksigen).

Latihan ini mutlak sangat diperlukan, tidak bisa ditawar-tawar lagi.

agar-nafas-merpati-panjang-630x380

Rutin jemur

Penjemuran pada merpati juga penting untuk memperpanjang nafas dan kesehatan tulang.

Cahaya matahari pagi banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh, selain itu panas pada matahari juga membantu merpati mengatasi kelelahan.

Pembakaran energi dalam tubuh ketika cuaca panas akan lebih cepat, jika tubuh sudah terbiasa dengan panas maka itu tidak ada masalah.

Saat merpati dimainkan di lapang tentu cuaca di lapangan atau di lapak sangatlah panas, jika merpati tidak terbiasa dengan panas maka siap-siaplah boros nafas.

Waktu terbaik untuk menjemur merpati adalah dibawah jam 11, diatas jam 11 vitamin pada cahaya merpati sudah berkurang.

Suplemen nafas merpati panjang

Selain kedua usaha mutlak diatas kita juga memerlukan suplemen tambahan untuk merpati agar nafas lebih panjang.

Suplemen untuk merpati bisa berupa jamu merpati herbal atau campuran bahan kimia dengan fungsi tertentu.

Suplemen yang dibutuhkan adalah vitamin, penambah darah, makanan yang cukup nutrisi dll.

Karena jika merpati sehat, peredaran darah dalam merpati juga lancar. Saat peredaran dalam darah lancar maka proses pengangkutan oksien dalam darah juga lancar sehingga nafas pada merpati akan lebih efisien.

Pilih katurangga yang baik

Katurangga merpati yaitu ilmu praktis yang mempelajari karakteristik makhluk hidup berdasarkan bentuk fisiknya atau rabaannya.

Memilih merpati dengan nafas panjang sebaiknya pilih merpati dengan pangkal leher yang besar, pinggang besar dan ngisi.

Pangkal leher yang besar dan pinggang yang berisi merupakan ciri merpati bagus, karena mempunyai ukuran kantong udara yang besar.

Kantong udara adalah organ yang dimiliki burung untuk membantu dalam bernafas ketika terbang. Memilih burung merpati dengan kantong udara besar tentu akan sangat membantu pernafasan saat merpati terbang.

Nah itulah tadi beberapa tips dan cara membuat nafas merpati panjang dan kuat. Fakor utama tentunya kembali ke perawatan dan pelatihan masing-masing burung.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.