Tanaman Aquascape Tanpa CO2 – Seperti yang kita ketahui dan sudah dibuktikan dalam ilmu pengetahuan bahwa hampir seluruh tanaman membutuhkan CO2. Karena CO2 atau karbon dioksida merupakan ‘makanan’ bagi tanaman.

Tidak terkecuali tanaman aquascape, tanaman dalam aquascape juga membutuhkan karbon dioksida untuk proses fotosintesisnya. Tanaman aquascape menyerap CO2 yang terlarut dalam air untuk makanannya.

Tetapi yang dimaksud saya tanaman aquascape tanpa CO2 adalah tanaman aquascape yang kuat dan dapat tumbuh walau hanya dengan kandungan CO2 yang rendah, tanpa inject CO2 dari luar, atau low CO2.

Karena bagi para pemula seperti saya ini membuat CO2 atau membeli tabung CO2 masih diluar jangkauan, malas, ingin belajar dulu, atau karena keterbatasan lainnya.

Karena selanin inject CO2 dari luar sumber CO2 dalam air bisa didapatkan dari paparan air dengan udara atau dari pernafasan penghuni aquascape (ikan, keong, bahkan tanaman itu sendiri).

Jadi tenang saja, kita bisa membuat aquascape tanpa inject CO2 loh, berikut ini beberapa tanaman aquascape tanpa CO2.

Tanaman Aquascape Tanpa CO2

1. Anubias

Tanaman aquascape yang satu ini memang sangat istimewa rupanya. Tanaman ini dikenal memiliki daya tahan sangat kuat diantara tanaman aquascape lainnya.

anubias-tanaman-aquascape-tanpa-CO2
Foto : Wikipedia.org

Selain itu anubias termasuk tanaman yang mudah beradaptasi dan berkembang maka cocok untuk pemula. Kabar baiknya anubias bisa ditanam tanpa inject CO2 atau low CO2 dan namanya mudah diucapkan hahaha.

2. Bucephalandra

Bucephalandra atau disingkat buce saja adalah tanaman aquascape yang juga bisa ditanam tanpa inject CO2. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman yang bandel dan mudah adaptasi.

Bucephalandra-tanaman-aquascape-tanpa-CO2
Foto : https://www.flickr.com/photos/kenh7vn/

Cocok untuk pemula seperti saya hehehe, media tanam pada buce juga cukup mudah bisa di substrat pasir malang saja.

3. Tenellus

Bagi yang ingin tanaman aquascape berjenis rumput-rumputan tanpa inject CO2, maka bisa menggunakan tanaman tenellus ini.

Tenellus-tanaman-aquascape-tanpa-CO2
Foto : Wikipedia.org

4. Sagitaria

Selain tenellus ada juga sagitaria, tanaman aquascape rumput-rumputan tanpa CO2. Tanaman ini cocok untuk membuat pemandangan seperti semak-semak.

5. Egeria densa

Tanaman ini juga bisa ditanam dalam aquascape tanpa inject CO2. Selain itu tanaman ini mudah didapatkan.

Egeria-densa-tanaman-aquascape-tanpa-CO2
Foto : Wikipedia.org

Tanaman egeria densa cocok sebagai tanaman background karena tumbuh keatas bukan ke samping hehehe.

6. Vallisneria spiralis

Biasa disebut spiralis saja atau spiral, tanaman ini juga tumbuh keatas dan cocok sebagai tanaman background.

Vallisneria-spiralis-tanaman-aquascape-tanpa-CO2
Foto : Wikipedia.org

7. Cabomba

Tanaman cabomba juga bisa ditanam dengan low CO2 dalam aquascape. Selain itu tanaman ini juga cocok sebagai tanaman background karena tumbuh memanjang keatas.

8. Mini Dwarf

Tanaman carpet aquascape ini juga dikenal mudah tumbuh dan bisa tumbuh tanpa inject CO2. Tetapi hanya sekedar tumbuh karena jika sudah besar dan tinggi sepertinya kebutuhan CO2nya akan bertambah.

Mini-Dwarf-tanaman-aquascape-tanpa-CO2
Foto : http://faddo83.blogspot.com

Catatan penting!!! Walaupun tanaman diatas bisa tumbuh dalam keadaan low CO2 atau tanpa inject CO2 tetapi jumlah dalam tank aquascape harus diperhatikan. Jika jumlahnya kebanyakan maka tanaman bisa mati atau tidak tumbuh optimal.

Cara mensiasatinya bisa juga dengan memelihara banyak ikan, udang, atau keong dalam tank agar menghasilkan banyak CO2 untuk makanan tanaman dan juga pupuk dari kotoran penghuni tank.

Jenis moss aquascape tanpa CO2 saya belum ada rekomendasi, karena kebanyakan moss butuh CO2 agar tumbuh lebat dan menempel sempurna.

Nah beberapa tanaman aquascape diatas bisa tumbuh dan ditanam dalam aquascape tanpa tambahan CO2, cocok untuk pemula. Walaupun memang dengan adanya CO2 tanaman akan lebih segar, tumbuh optimal, sehat maksimal, dan tank dengan CO2 maka lebih baik lagi. Baca : membuat co2 aquascape

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.