makanan ikan sapu-sapu pleco

Stop!!!

Download aplikasi khusus kicau mania.

Berisi ratusan suara masteran, suara pikat, suara betina, dan perawatan dalam satu aplikasi

Download di Play Store

4 Makanan Ikan Sapu-sapu Pleco yang Perlu Diketahui

In Sapu-sapu 939 views

Makanan Ikan Sapu-sapu – Ikan sapu-sapu atau bahasa kerennya dikenal juga dengan ikan pleco. Dinamakan ikan pleco juga karena ikan ini dalam bahasa internasional dinamakan dengan nama ikan plecostomus, disingkat jadi pleco atau plecos.

Mungkin bagi teman-teman hanya sering melihat ikan sapu-sapu yang berwarna hitam atau putih saja. Sebenarnya jenis ikan sapu-sapu atau pleco banyak sekali jenisnya, tidak hanya satu dua corak.

Bahkan harganya bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu ekor ikan sapu-sapu atau pleco. Penasaran? Nih beberapa penampakan ikan pleco yang harganya selangit. Pleco L183

ikan-sapu-sapu-mahal

Foto : https://web.facebook.com/AquaArt.com.qa/

Ikan sapu-sapu atau pleco dikenal sebagai ikan pembersih aquarium atau aquascape, dimana ikan ini memakan alga atau lumut yang tumbuh didalam aquarium, terutama pada bagian kaca. Sehingga ikan ini sering kali terlihat menempel sambil menyedot dengan mulutnya yang kuat.

Karena ini juga ikan pleco dinamakan ikan sapu-sapu karena rajin membersihkan (sapu) atau orang Malaysia menyebutnya ikan bandaraya karena seperti petugas pembersih kota.

Tapi apakah makanannya hanya alga? Tentu tidak, ikan pleco sebenarnya adalah ikan omnivora atau pemakan segala. Mulai dari tanaman sampai daging, ikan ini suka.

Berikut ini beberapa makanan ikan sapu-sapu yang bisa diberikan.

Makanan Ikan Sapu-sapu Pleco

1. Pelet Alga

Pelet alga ini biasa dijual di toko-toko ikan hias, pelet ini sangat cocok sekali bagi ikan-ikan pemakan alga seperti ikan sapu-sapu atau ikan pleco. Selain kandungannya yang lengkap pelet untuk makanan ikan sapu-sapu pun sangat praktis dan bersih.

pelet-sapu-sapu-pleco

Foto : https://web.facebook.com/Disquascape-228980621149069/

2. Sayuran

Selain pelet jadi ikan sapu-sapu juga bisa diberikan sayuran seperti timun, sawi, oyong dll. Karena ikan ini suka menyedot makanannya maka cara pemberian sayuran pada ikan sapu-sapu cukup dibelah saja dan dicelupkan, lebih baik lagi jika digantung atau dijepit pada kaca nanti ikan pleco akan menghampiri dengan sendirinya.

Baca Juga  Cara Kultur Jentik Nyamuk untuk Pakan Ikan

3. Ikan Asin

Mungkin pernah kita liat ikan sapu-sapu terlihat memakan ikan mati dalam aquarium? Sebenarnya ikan sapu-sapu tidak galak dan tidak menyerang ikan lain, tetapi jika ikan sudah mati biasanya ada lendir atau sari-sari yang keluar yang disukai ikan sapu-sapu, sehingga seolah-olah dialah pelakunya, padahal bukan.

Nah pemberian ikan asin ini sebenarnya adalah ide dari bapak saya, awalnya saya ragu tetapi setelah melihatnya ikan sapu-sapu peliharaan saya sangat rakus memakan ikan asin yang dijepit pada kaca. Mereka berebut tempat untuk ‘menyedot’ ikan asin yang digantung.

Untungnya bagi saya ikan sapu-sapu ini tidak minta sambal, karena lalaban timun dan ikan asin cocoknya dengan sambal hehehe.

4. Alga

Alga atau umumnya disebut lumut adalah makanan utama ikan sapu-sapu. Untuk alga yang disukai biasanya jenis alga coklat yang nempel di permukaan kaca atau batu pada aquarium.

Nah itulah tadi beberapa makanan ikan sapu-sapu atau makanan ikan pleco yang bisa diberikan. Sudah tidak penasarankan? Sip selamat memelihara.

Artikel lainnya : sayuran untuk ikan sapu

Tags: #ikan #ikan pleco #ikan sapu-sapu #makanan ikan pleco #makanan ikan sapu-sapu

Jenis dan Harga Ikan Sapu-sapu
Jenis dan Harga Ikan Sapu-sapu
Jenis dan Harga Ikan Sapu-sapu – Ikan

Leave a reply "4 Makanan Ikan Sapu-sapu Pleco yang Perlu Diketahui"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top
error: Content is protected !!