Jenis dan Harga Ikan Sapu-sapu

Jenis dan Harga Ikan Sapu-sapu – Ikan sapu-sapu atau pleco merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara oleh pecinta ikan di Indonesia. Alasannya adalah karena bentuknya yang unik dengan corak warna yang menakjubkan. Bukan hanya itu ikan sapu-sapu termasuk ikan yang ramah terhadap ikan lainnya dan bisa di satukan dalam satu kolam/akuarium tanpa mengganggu.

Ikan sapu-sapu juga termasuk kedalam salah satu ikan yang kuat dan mampu bertahan hidup dalam kondisi ekstrim sekalipun. Pernah memperhatikan

Jika Anda berminat memelihara ikan sapu-sapu, sebaiknya Anda melihat jenis ikan sapu-sapu terlebih dahulu. Agar Anda bisa semakin tertarik melihat keindahannya. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Jenis Ikan Sapu-sapu

1. Golden Nugget Pleco

sapu-sapu-jenis-Golden-Nugget-Pleco
Foto dari en.wikipedia.org

Salah satu jenis ikan sapu-sapu ini memiliki warna tubuh hitam kecoklatan, hampir mirp dengan warna nugget sehingga dijuluki dengan Golden Nugget Pleco. Warna hitam kecoklatan tersebut dihiasi dengan totol warna kuning cerah. Jenis ikan in bisa mencapai 35 cm.

2. Violet Red Bruno Pleco

jenis-sapu-sapu-Violet-Red-Bruno-Pleco
Foto dari http://s20.photobucket.com/user/chronicdemonic05

Ikan ini banyak ditemukan di perairan sungai Amazon. Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki warna keunguan yang semakin gelap pada daerah ekornya dan mata yang berwarna biru.

3. Small Spotted Cat Pleco

Ikan ini memang memiliki ukuran yang kecil. Ikan apu-sapu dewasa jenis ini hanya memiliki panjang tidak lebih dari 13 cm. Dan ikan ini juga banyak ditemukan di sungai Amazon yang meuju ke Venezuela.

4. Broken Line Royal Pleco

Sapu-sapu-jenis-Broken-Line-Royal-Pleco
Image from planetcatfish.com (joefish72)

Ikan sapu-sapu ini panjangnya bisa mencapai ukuran 40 cm. Memiliki warna dasar putih dan garis putus-putus berwarna hitam. Selain itu ada juga yang memiliki dasar warna biru pucat.

5. King Tiger Pleco

Sapu-sapu-jenis-King-Tiger-Pleco
Image from https://www.facebook.com/maidstone.aquatics

Ikan ini didominasi dengan warna hitam dan putih dan coraknya mirip dengan kulit harimau.

6. Jenis Scarlet Pleco

Scarlet banyak ditemukan di perairan Brazil dengan ekor berwarna orange kemerahan, yang sesuai dengan namanya.

7. Hypancitrus Zebra Pleco

Ikan yang banyak ditemukan di perairan Amazon ini memiliki warna tubuh yang mirip dengan zebra.

8. Jenis Leopard Pleco

Beberapa ikan sapu-sapu memang memiliki corak yang mirip dengan beberapa hewan mamalia. Untuk jenis yang satu ini corak warnanya memang mirip dengan macam tutul.

9. Big Spot Hypostomus Pleco

Ikan ini memiliki corak polkadot yang besar berwarna hitam dan dasar warna tubuhnya adalah kuning pucat.

10. Xingu Baryancistrus Pleco

Ikan sapu-sapu ini memilki panjang tubuh maksimal 25 cm dan warnda dasar tubuhnya adalah hitam dan totol berwarna kuning cerah.

11. Xingu Peppermint Pleco

Tubuh ikan ini didominasi dengan warna hitam dan dihiasi totol berwarna cerah dengan ukuran kecil.

12. Red Fin Cactus Pleco

Seperti halnya pohon kaktus, ikan sapu-sapu jenis ini memiliki tubuh dengan tekstur seperti duri dengan warna kehijauan dan ekor didominasi warna merah. Panjang tubuh ikan ini mencapai 60 cm

Harga Ikan Sapu-sapu

Salah satu jenis ikan hias ini memang memiliki bentuk yang sangat beragam dengan keunikan warna corak tubuhnya. Selain itu, jenis sapu-sapu juga berasal dari luar negeri, jadi harga penjualannya juga cukup mahal, anatra ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Nah, itulah beberapa jenis ikan sapu-sapu yang dapat kami bagikan. semoga bermanfaat. Baca juga : makanan ikan sapu-sapu

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.