Menjaga Kebersihan Air Akuarium Agar Jernih dan Sehat

Menjaga Kesehatan Air Akuarium – Memelihara ikan memang menjadi hobi bagi sebagian besar orang. Jika tidak memiliki lahan luas untuk memelihara ikan di kolam atau ingin memelihara ikan hias yang cantik, maka akuarium adalah solusinya. Tingkah laku ikan yang unik, bentuk dan warna yang indah bisa melepas stress yang kita alami.

Masalah yang sering terjadi adalah kurangnya pengetahuan mengenai cara menjaga kesehatan air di dalam aquarium. Akibatnya penghuni akuarium tidak terjaga kesehatannya. Misalnya terkadang ada ikan yang mati dan terserang berbagai penyakit. Penyakit ikan yang sering menyerang seperti jamur, udang jangkar, dll insya allah bisa dicegah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan air dalam akuarium.

agar-air-aquarium-bersih
Foto dari firmanblog.com

Beberapa pemilik aquaruim khususnya pemula biasanya kurang informasi akan ini, obat apa yang harus diberikan pada aquarium dan bagaimana perawatan aquarium yang benar. Nah, apabila Anda salah satu diantaranya, silahkan anda coba beberapa masukan yang kami berikan disini.

Tips Menjaga Air Akuarium Bersih dan Sehat

Ada beberapa tips yang akan saya sampaikan disini, mulai dari pemberian obat, tips peletakan dan pemberian aksesoris, filter, dan perawatannya.

Filter Akuarium

1. Gunakan Arang

Arang adalah hasil pembakaran kayu. Barang ini berguna untuk menjaga aquarium tetap bersih serta bebas dari bau tidak sedap. Anda bisa meletakkanya di tempat filter air. Namun, terlebih dahulu Anda harus membersihkan arang tersebut dari debu dan kotoran yang halus dengan cara mencucinya.

2. Gunakan Filter

Filter memilki daya kerja yang baik untuk meyaring kotoran di dalam akuarium, sehingga air aquarium Anda tidak cepat kotor. Selain itu, Anda juga harus rajin membersihkan kain didalam filter tersebut. Alangkah baiknya jika Anda mempunyai 2 kain flter sebagai cadangan saat kain yang satu sedang Anda cuci.

Ada beberapa sistem filter yang bisa diterapkan untuk akuarium anda. Jenis filter aquarium ada banyak, selengkapnya sudah kami bahas di : jenis filter aquarium

Pemberian Obat Akuarium

Obat untuk ikan banyak sekali macamnya dan pemberiannya harus disesuaikan dengan aturan-aturannya.

1. Garam Ikan

Apa itu garam ikan? Garam ini adalah garam biasa seperti garam pada umumnya, perbedaannya yaitu terdapat pada kemurnian garam tersebut. Garam Ikan tidak dicampur bahan lain seperti yodium dll, melainkan murni NaCl saja.

Pemberian garam ikan pada aquarium air tawar sangat berguna sekali bagi kehidupan ikan, baik sebagai jamu, obat, atau penghilang racun. Singkatnya sebagai pembantu proses osmosis (keseimbangan cairan) pada ikan sehingga ikan bisa lebih sehat dan sembuh dari penyakitnya. Dosis dan lamanya pemberian harus diperhatikan.

Untuk jamu (profilaktik) pada air kita bisa menambahkan garam sekitar 1-2 sendok teh per 4 liter air, atau 0,1 – 0,2 persen dari banyaknya air(dikutip dari o-fish.com). Untuk pengobatan dan lainnya nanti di bahas pada bagian obat-obatan untuk ikan.

2. Metil Blue

Obat ikan ini banyak digunakan sebagai anti jamur untuk mencegah dan mengobati white spot dan penyakit karena bakteri lainnya. Pemberian metil blue bisa disesuaikan dengan produk yang dipakai, silahkan lihat kemasan masing-masing.

Selain beberapa obat ikan diatas masih banyak lagi yang bisa di pakai, tetapi untuk perawatan dan menjaga akuarium saya rasa cukup gunakan salah satu saja.

Aksesoris Akuarium

Jangan terlalu banyak menggunakan acessories. Adanya hiasan yang banyak di dalam akuarium memang akan mempercantik suasana aquarium Anda. Namun, kotoran akan banyak terselip di bagian acessories tersebut sehingga air akan cepat keruh dan kotor.

Cara Perawatan Akuarium

menjaga-kesehatan-akuarium
Foto dari oscaroyi.wordpress.com

Ada beberapa cara untuk menjaga air akuarium tetap bersih dan sehat. Perawatan yang dilakukan harus dilakukan secara rutin. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan :

1. Perawatan Setiap Hari

  • Selalu periksa kesehatan ikan-ikan Anda
  • Beri makan ikan-ikan tersebut paling tidak setiap dua hari sekali. Atau sesuaikan dengan kebutuhan energi ikan-ikan Anda serta pilihlah jenis makanan yang sesuai dengan jenis ikan.
  • Matikan lampu akuarium beberap saat sebelum cahaya di sekitar aquarium menjadi gelap
  • Periksa selalu teperatur aiq dalam akuarium untuk mennyesuaikan habitat ikan yang dipelihara

2. Perawatan Setiap Minggu

  • Periksa keadaan termostat, apakah ada kerusakan atau tidak
  • Periksa juga filter serta pakan ikan.
  • Cek pH dan kandungan garam (jika menggunakan air laut) dan segera atasi jika ada yang di luar batas normal

3. Perawatan Pada Minggu Kedua

  • Bersihkan algae yang menempel pada kaca aquarium
  • Kuras aquarium Anda dan ganti dengan air yang baru

4. Perawatan Bulanan

  • Bersihkan semua peralatan aquarium, mulai filter hingga bagian dalamnya, serta kerikil dalam aquarium Anda.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan sehubungan dengan cara menjaga kesehatan air akuarium. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Posts
Berapa Ketebalan Kaca untuk Membuat Aquarium?
ukuran-kaca-untuk-membuat-aquarium

Ketebalan Kaca untuk Aquarium - Aquarium merupakan hal yang wajib untuk memelihara ikan hias. Aquarium merupakan wadah untuk menampung air Read more

Berapakah Ukuran Aquarium yang Ideal untuk Memelihara Ikan?
ukuran-aquarium-ikan-hias

Ukuran Aquarium - Aquarium atau biasa juga disebut dengan tank dikalangan para penghobi ikan adalah salah satu hal yang wajib Read more

Daftar Harga Aquarium Ikan Murah Berbagai Ukuran
daftar-harga-akuarium-murah

Harga Aquarium - Akuarium adalah salah satu media yang biasa dipakai oleh orang-orang sebagai tempat memelihara ikan. Aquarium banyak sekali jenis Read more

Cara Melepas Lem Kaca, Bongkar Aquarium
cara-melepas-lem-kaca

Cara Melepas Lem Kaca - Dalam hobi memelihara ikan baik itu ikan air tawar ataupun ikan air laut tentu kita membutuhkan Read more

Jenis Tanaman Air Penghias Aquascape dan Aquarium
jenis-tanaman-air-akuarium-dan-aquascape

Tanaman Air Penghias Aquarium - Seperti yang kita tahu, tanaman hias air dapat Anda gunakan untuk mempercantik nuansa aquarium. Tetapi Read more

Cara Membuat Akuarium Air Laut Sederhana untuk Pemula
membuat-akuarium-air-laut

Membuat Akuarium Air Asin - Bagi para penghobi ikan terutama ikan laut tentu membawa keindahan di dalam laut agar bisa dinikmati Read more

5 thoughts on “Menjaga Kebersihan Air Akuarium Agar Jernih dan Sehat”

  1. Terima kasih untuk informasinya, sangat bermanfaat
    Lauklen Indonesia melayani :
    – Jual, Sewa, Maintenance :
    – Akuarium
    – Kolam
    – Taman
    – Air Mancur, dan air mancur joget (musical fountain)
    jangan lupa, kunjungi lauklen.com

    Reply
  2. setelah membaca postingan ini saya mencoba tips yang pertama yakni menggunakan arang, arang telah dibersihkan, dan memang air jernih, namun ikan-ikannya pada tewas itu kenapa ya mas?

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.