voer ayam

Macam Voer Ayam Bangkok Kode dan Fungsinya

Voer Ayam Bangkok – Ayam merupakan salah satu binatang peliharaan yang banyak dipelihara di Indonesia. Ayam biasanya dipelihara untuk kepentingan pakan maupun kepentingan ayam hias (baca : jenis ayam hias).

Memelihara ayam tidaklah terlalu sulit, kita hanya perlu menjaga kebersihan kandang, dan menjaga pakan ayam. Ada beberapa jenis pakan ayam yang bisa kita berikan, salah satu pakan ayam yang paling banyak yaitu voer ayam.

Voer ayam ada banyak sekali jenisnya, jenis voer ayam ini disesuaikan dengan jenis ayam dan usia ayam. Ada voer ayam petelur, voer ayam pedaging, voer ayam jago, voer ayam bangkok dll.

Terkadang juga voer ayam bisa digunakan untuk burung kicau seperti jalak suren, cendet, lovebird, dll, terkadang juga untuk kelinci.

Voer ayam memiliki kode-kode tersendiri. Kode dalam voer ayam ini bukan tanpa arti, melainkan kode yang menandakan kegunaan dan kandungan voer tersebut. Berikut ini beberapa kode voer ayam beserta manfaatnya.

Voer Ayam dan Manfaatnya

Voer 511 untuk ayam DOC – 1 bulan, makanan starter bagi anak ayam.

Voer 591 untuk ayam usia 0-2 bulan, bentuknya halus sebagai starter pakan bagi ayam kecil DOC, pitik.

Voer 592 untuk ayam 2-4 bulan, bentuknya butiran kasar.

Voer 593 untuk ayam usia 4-6 bulan

voer-ayam
voer-ayam Foto dari rumahmesin.com

Voer 594 untuk ayam dewasa 6-8 bulan dan seterusnya. Biasanya voer ini untuk ayam bangkok, ayam jago, atau aduan. Kandungan lemaknya rendah.

Voer 512 untuk ayam pedaging, fungsinya mempercepat pertumbuhan dan agar ayam cepat besar.

Voer 551, disebut juga voer babi. Dibuat untuk pakan babi. Tapi karena kandungan bahan dasarnya mirip, bisa juga diberikan untuk ayam.

Fungsinya sama seperti 512, tapi mengandung protein dan lemak yg lebih tinggi. Cocok untuk membuat ayam gemuk, biasanya untuk ayam jago voer ini kurang disarankan.

Konsentrat, biasanya ini adalah pakan untuk ayam petelur dengan kandungan protein yang tinggi.

Dengan adanya berbagai macam voer ayam yang tersedia kita bisa memberikan voer sesuai dengan tahap usianya, agar tumbuh kembang ayam kita bisa lebih maksimal.

Selain itu voer ayam ini bisa digunakan pada merpati atau unggas lainnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.