Membedakan Brajangan Jantan dan Betina

Membedakan brajangan betina dan jantan – Salah satu burung kicau yang populer dan banyak dipelihara adalah burung branjangan. Sebelum memelihara branjangan ada baiknya terlebih dahulu kita bisa membedakan branjangan jantan dan betina. Untuk apa? Tentunya selain tambahan ilmu baru juga agar kita tidak tertipu dari pedagang nakal ketika akan membeli burung branjangan.

Apalagi untuk mengenali branjangan jantan dan betina pada saat membeli ombyokan atau jaringan dibeberapa pedangang tentu akan sedikit menyulitkan kita. Branjangan usia muda hutan pada saat didalam ombyokan memang cukup sulit di bedakan jenis kelaminnya, karena pada ombyokan smuanya akan kelihatan sama bulu-bulu sama kusamnya, corak batik juga sama, karena mungkin tidak terurus dengan baik.

Oleh karena itu penting bagi kita yang ingin memelihara burung branjangan untuk bisa membedakan mana branjangan jantan mana branjangan betina.

ciri-ciri-branjangan-jantan
Foto dari https://www.facebook.com/radenagusph

Daftar Isi

Membedakan Jenis Kelamin branjangan

Para sesepuh branjangan dan orang-orang yang sudah berpengalan dibidang kicau menyarankan untuk melihat jenis kelamin branjangan bisa diperhatikan dari sekitar jambulnya terutama pada warna bulu daerah kepala.

Warna

Burung branjangan jantan bisa kita perhatikan dari warana tubuhnya coklat agak tajam dan bulunya tebal, juga dapat di perhatikan pada paruhnya warnaya hitam mengkilat, jika bertemu burung lain biasanya akan merespon dengan muncul jambul penuh dikepalanya yang panjang dan lebih gagah.

Sekitar Mata

Branjangan jantan biasanya memiliki mata dengan pandangan lebih tajam dibandingkan burung betina. Coba perhatikan lebih dekat lagi, branjangan jantan mempunyai bulu halus berwarna hitam dibagian depan matanya, tepatnya dekat paruh bagian atas. Selain bulu halus berwarna hitam pada branjangan jantan juga terdapat bulu berwarna putih yang terlihat berdiri. Branjangan jantan mempunyai alis lebih tebal dan kontras, lalu di ujung agak melengkung naik. Sedangkan betina warna alisnya tidak kontras dan alis tidak melengkung.

ciri-ciri-branjangan-betina
Foto dari https://www.facebook.com/penyet.pertiwi

Suara Branjangan

Selain dari ciri fisik untuk membedakan branjangan jantan dan betina kita juga bisa dengan mendengar suaranya. Suara branjangan betina keras seperti branjangan jantan tetapi nadanya monoton hanya itu-itu saja di ulang-ulang sedangkan suara branjangan jantan mempunyai suara yang lebih variatif lagi. Jika masih trotolan biasanya yang jantan lebih rajin ngeriwik

Ekor

Hal utama juga yang biasa dipakai para kicau mania untuk membedakan branjangan jantan yaitu ekornya selalu mengembang. Sedangkan branjangan betina cenderung menutup.

Nah untuk lebih mudah membedakan mana branjangan jantan dan betina lebih baik terlebih dahulu minta bantuan teman dengan praktek langsung (melihat yang sudah positif jantan dan positif betina) tentu ini akan memudahkan kita dalam mengidentifikasi kelamin branjangan kedepannya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.