10 Burung Kicau Populer yang Sering Dipelihara

In Kicau 276978 views

Kicau yang sering dipelihara – Burung kicau sekarang sedang marak-maraknya dan banyak sekali penggemarnya. Memelihara burung kicau selain bisa dinikmati suaranya juga beberapa burung bisa dinikmati warnanya yang tentu dapat membuat hati menjadi tenang dan senang bagi pemeliharanya. Bahkan beberapa penghobi di Indonesia bisa menikmati hasil yang besar dengan wasilah menjual burung kicaunya dan menjadi peternak burung kicau. Sebagai pemula yang ingin memelihara burung kicau dan bingung mau memelihara burung kicau apa maka saya bisa menyarankan untuk memeliara burung kicau populer ada banyak dipelihara di Indonesia saja, kenapa? Karena jika ada masalah dengan burung yang dipelihara maka akan mudah untuk mencari solusinya karena banyaknya yang memelihara, juga bisa berpartisipasi jika ada perlombaan.

Nah di Indonesia sekarang ini juga sedang populer beberapa burung kicau yang biasa dipelihara baik itu untuk rumahan atau untuk kalangan lomba. Jadi bisa jadi referensi bagi yang ingin memelihara burung kicau dirumahnya. Burung kicau populer disini saya survei dari lapangan, forum, dan lingkungan sekitar rumah. Nah berikut beberapa burung populer yang biasa di pelihara di Indonesia.

Burung Kicau Popuer yang Sering Dipelihara

1. Murai Batu

Murai batu termasuk kedalam burung tipe petarung, mempunyai gaya tarung murai yang berragam satu dengan yang lainnya. Kicauan burung murai juga bermacam-macam nadanya, ga bakal bosen mendengar suara murai, karena suara kicaunya berubah-rubah. Burung murai batu juga termasuk salah satu burung primadona kicau di Indonesia. Burung ini biasanya digolongkan kelas burung dikalangan menengah keatas. Soal harga jangan ditanya, bahkan trotolannya saja bisa diatas 1 juta, tentu harga normal yah, bukan harga orang butuh. Urusan lomba biasanya banyak digelar para penggemar urai batu disetiap kota.

murai-batu-burung-kicau-populer

Foto dari https://www.facebook.com/profile.php?id=100006373357425

2. Cucak Ijo

Ijo, hejo biasa di panggil demikian. Burung ini termasuk burung yang stabil, baik harga dan popularitas. Sudah banyak kelas lomba yang diadakan untuk burung cucak ijo ini. Untuk membuat cucak ijo menjadi gacor ada beberapa perawatan yang harus dilakukan salah satunya dengan menggunakan masteran suara cucak ijo. Untuk sekedar informasi pengetahuan saja burung cucak hijau sebenarnya bukan dari kalangan burung merbah (cucak) seperti cucak jenggot atau cucak rowo melainkan dari kalangan murai daun dengan nama ilmiah Chloropsis sonnerati. Tetapi karena sudah populer maka tidak masalah ya, ini hanya untuk meluruskan saja.

cucak-ijo-burung-kicau-populer

Foto dari https://www.facebook.com/Arielozasangpujangga

3. Kacer

Kacer juga termasuk burung petarung yang mempunyai mental yang cukup kuat. Dalam kontes / lomba burung ini selalu beradu mental, jika salah satu ada yang kalah ya ngebagong hehehe. Tapi untuk kembali pulih dari drop mental kacer ini cepat sekali kembali normalnya dan bisa siap bertarung lagi.

kacer-burung-kicau-populer

Foto dari https://www.facebook.com/aldi.leonardo.9

Banyak yang memelihara burung ini karena termasuk burung kicau yang mempunyai ‘banyak lagu’ dan pandai meniru suara burung lainnya. Kacer juga tidak terlalu rewel dan tidak sulit perawatannya jadi bagi pemula atau mempunyai waktu yang sempit untuk ngopeni burung bisa coba untuk memelihara kacer. Ada beberapa jenis kacer yang biasa dipelihara, tidak perlu khawatir perawatannya tidak beda jauh kok antara jenis kacer.

4. Lovebird

Lovebird kalau saya perhatikan akhir tahun 2015 ini sedang naik daun dan semakin populer. Kepopuleran lovebird ini saya perhatikan di lapangan semakin banyak nomer lomba untuk lovebird dan mulai banyak peternak lovebird karena pasar sudah semakin luas. Jika berbicara harga memang harga untuk lovebird sedang turun tetapi justru minat masyarakat menjadi semakin besar karena sudah mampu membeli burung ini.

Lovebird-burung-kicau-populer

Foto dari https://www.facebook.com/teuku.a.wijaya

Lovebird termasuk burung kicau yang multi talent, kenapa? karena selain suaranya lovebird juga bisa dinikmati keindahan warnanya, bahkan ada yang memang bermain di lovebird warna. Suara yang khas dari burung ini yaitu suara ngekek lovebird yang sangat digemari banyak orang.

5. Kenari

Burung yang satu ini sempat ngetren, tetapi saya perhatikan akhir-akhir ini mulai meredup. Walau mulai meredup tetapi pecinta kenari tetap setia sama burung yang satu ini. Kenari adalah burung sejenis finch seperti Blackthroat, Sanger, Mozambik dll. Sehingga mudah untuk di isi suara dengan burung yang sejenis.

kenari-burung-kicau-populer

Foto dari https://www.facebook.com/gareng.petruk.777363

Dalam burung kenari kita mengenal tingkatan persilangan seperti F1, F2, F3, YS dan lainnya. Bagi yang penasaran bisa baca artikelnya disini pengertian F1 F2 F3 Ys Af kenari.

6. Jalak

Ada berbagai macam jenis jalak yang biasa dipelihara, setiap jenisnya mempunyai ciri khas masing-masing, misal jalak kebo yang bisa jinak, jalak suren dengan ngegaruda nya dll. Burung jalak menurut saya mempunyai suara yang berisik, cocok nih jika rumahnya sepi bisa buat memecah keheningan hehehe. Selain berisih atau cerewet burung ini mempunyai suara yang unik seperti instrumen musik (teromper, biola dll)

jalak-burung-kicau-populer

Foto dari https://www.facebook.com/sulaiman.ajalah.94

7. Anis

Burung anis atau punglor. Termasuk kedalam burung golongan menengah keatas. Burung ini memiliki kicau yang beragam dan tentu bisa menirukan suara burung lain. Ada beberapa jenis burung anis yang bisa dipelihara. Setiap jenisnya punya ciri khas masing-masing, seperti telernya anis merah saat berkicau.

anis-burung-kicau-populer

Foto dari https://www.facebook.com/hilman.cuys

8. Cipow / Sirpu

wik wik wik ciiiiipooooww begitulah bunyinya hehe. Burung kecil ini dinamakan cipow atau sirpu karena suaranya seperti itu. Kecil-kecil cabe rawit, burung ini walau kecil makannya banyak dan termasuk kedalam pemakan serangga yang rakus.

sirpu-burung-kicau-populer

Foto dari https://www.facebook.com/nyayan2

Ukurannya yang kecil dan tidak terlalu butuh perawatan khusus ditambah suaranya yang unik menjadikan burung ini banyak dipelihara dan cukup populer.

9. Ciblek

Burung ciblek terkenal dengan suara ngebrennya. Suara ciblek ngebren bisa digunakan untuk memaster burung sejenis atau burung lainnya. Ciblek adalah burung liar yang banyak terdapat di perkebunan dan sawah-sawah.

ciblek-burung-kicau-populer

Foto dari https://www.facebook.com/indra.narasaputra.3

Walau kecil burung ini termasuk kedalam burung petarung yang tangguh. Tantangan sulit biasanya merawat ciblek tangkapan liar agar bisa menjadi ciblek yang jinak karena ciblek liar sulit sekali untuk makan pur.

10. Pleci

Burung kicau populer terakhir yang biasa dipelihara adalah pleci. Pleci tadinya dipandang sebelah mata karena bunyinya yang standar, tetapi setelah mulai berkembang dan dirawat pleci bisa menirukan suara burung lain dengan suara pembawaan khasnya. Bahkan jika sudah jos harga burung ini bisa melejit bak roket.

pleci-burung-kicau-populer

Foto dari https://www.facebook.com/khaerul.j

Pleci adalah burung kecil yang hidup dalam suatu koloni. Jadi untuk memelihara burung ini biasanya lebih dari satu burung di gantang agar saling sahut menyahut. Perawatan pleci juga tidak kalah dengan burung lain , baik vitamin atau makanan, masteran suara pleci sudah pasti tidak ketinggalan.

Nah diatas tadi adalah beberapa burung kicau yang biasa dipelihara. Sebenarnya masih ada beberapa burung lagi yang biasa dipelihara seperti cendet, tledekan, crukcuk, prenjak, beo, cililin, dll Tetapi untuk kemudahan saya urutkan hanya 10 besar saja.

Tags: #burung kicau populer #burung kicau terbaik #burung kicau untuk pemula #jenis burung kicau

Fungsi dan Manfaat Kerodong untuk Burung Kicau
Fungsi dan Manfaat Kerodong untuk Burung Kicau
Fungsi dan Manfaat Kerodong – Kerodong untuk
Manfaat Bawang Putih untuk Burung Kicau dan Cara Pemberiannya
Manfaat Bawang Putih untuk Burung Kicau dan Cara Pemberiannya
Bawang Putih untuk Burung Kicau – Pernah
6 Manfaat Umbaran Bagi Burung Kicau dan Caranya
6 Manfaat Umbaran Bagi Burung Kicau dan Caranya
Manfaat Umbaran Bagi Burung Kicau – Mengumbar
Download Kumpulan Suara Burung Lengkap MP3 Masteran
Download Kumpulan Suara Burung Lengkap MP3 Masteran
Download Suara Burung – Hobi burung kicau
Download Suara Burung Flamboyan Gacor untuk Masteran MP3
Download Suara Burung Flamboyan Gacor untuk Masteran MP3
Suara Burung Flamboyan – Burung flamboyan atau
Fungsi Biji Fumayin untuk lovebird dan Cara Pemberiannya
Fungsi Biji Fumayin untuk lovebird dan Cara Pemberiannya
Fumayin untuk lovebird – Fumayin atau dikenal
Mengobati Burung Kicau yang Lumpuh Tiba-tiba dan Penyebabnya
Mengobati Burung Kicau yang Lumpuh Tiba-tiba dan Penyebabnya
Burung Kicau Lumpuh Tiba-tiba – Burung kicau
Download Kumpulan Kicau Burung Master Lengkap MP3
Download Kumpulan Kicau Burung Master Lengkap MP3
Kicau Burung Gacor – Hobi burung kicau
Download Suara Burung Tutuit atau Kedasih Gacor MP3
Download Suara Burung Tutuit atau Kedasih Gacor MP3
Suara Burung Kedasih – Burung kedasih, tutuit, atau
Mencegah dan Mengobati Burung Kicau Stres
Mencegah dan Mengobati Burung Kicau Stres
Mencegah dan Mengobati Burung Kicau Stres – Burung
3 Cara Mengobati Burung Kicau Serak Suaranya Secara Alami
3 Cara Mengobati Burung Kicau Serak Suaranya Secara Alami
Mengobati Burung Kicau Serak – Burung kicau
Buah dan Sayur Kesukaan Burung Kicau Lengkap
Buah dan Sayur Kesukaan Burung Kicau Lengkap
Buah Kesukaan Burung Kicau – Buah-buahan merupakan
Mengobati Mata Katarak Pada Burung Kicau Alami Terbukti Ampuh
Mengobati Mata Katarak Pada Burung Kicau Alami Terbukti Ampuh
Mengobati Mata Katarak Burung Kicau – Pada umumnya
Gejala dan Mengatasi Burung Kicau Cacingan dan Obatnya
Gejala dan Mengatasi Burung Kicau Cacingan dan Obatnya
Burung Kicau Cacingan – Cacingan bisa menjangkit berbagai
Cara dan Manfaat Mengembunkan Burung Kicau
Cara dan Manfaat Mengembunkan Burung Kicau
Mengembunkan burung kicau – Apa sih pengembunan
Istilah Burung Kicau Yang Sering Dipakai
Istilah Burung Kicau Yang Sering Dipakai
Istilah burung kicau – Dalam dunia kicau
Suara Gemericik Air untuk Terapi Burung Kicau
Suara Gemericik Air untuk Terapi Burung Kicau
Suara gemericik air untuk burung kicau –
Cara Hilangkan Kutu Pada Burung Kicau
Cara Hilangkan Kutu Pada Burung Kicau
Menghilangkan kutu pada burung – Bagi para
Penyebab Telur Burung Gagal Menetas dan Solusinya
Penyebab Telur Burung Gagal Menetas dan Solusinya
Telur burung gagal menetas – Dalam memelihara
  1. budidayalovebird2 years ago

    info yang menarik, pelihara burung hias sekarang menjadi hoby

    Reply
    • Furama2 years ago

      ternyata ada banyak jenis burung untuk dipelihara dan ada banyak pilihan juga, bahkan ada yang murah juga seperti burung lovebird sesuailah dengan kantong

      Reply
  2. Nanang7 months ago

    Bagus sangat membantu,mengenal species burung berkicau merdu

    Reply

Leave a reply "10 Burung Kicau Populer yang Sering Dipelihara"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top