Macam-macam Gaya Bertarung Murai Batu

0
64246

Gaya bertarung murai batu – Siapa sih kicau mania yang tak kenal dengan murai batu? Pasti semua kenal yah, burung primadona kicau ini memang memiliki daya tarik sendiri, mulai dari bentuk, warna, dan suara kicaunya membuat kita semua tidak bosan menikmatinya. Ada satu lagi yang menarik dari burung murai batu yaitu gaya dalam bertarungnya. Gaya tarung murai batu ketika murai batu berkicau saling bersahutan seakan bertarung memamerkan kegagahan masing-masing. Nah gaya tarung murai batu juga berbeda-beda, penasaran? Mari kita simak yah

Gaya bertarung murai batu

Gaya bertarung murai batu ini dibagi menjadi dua. Yaitu gaya ngobra atau ngeply ekor yang kedua yaitu gaya dengan menggembungkan dadanya. Biasanya perbedaan gaya bertarung murai batu ini dibedakan karena perbedaan jenis murai batu. Burung murai yang bergaya tarung ngobra adalah burung yang menaikkan kepalanya seperti ular kobra sambil ngeply ekor yaitu menaik turunkan ekornya biasanya murai yang berasal dari sumatra yang melakukan ini. Sedangkan gaya menggelembungkan dada yaitu murai yang berkicau sambil membusungkan dadanya seperti menampakkan kegagahannya atau menunjukan keberaniannya saat sedang melawan biasanya burung yang seperti ini berasal (Borneo/kalimantan).

gaya-murai-batu-ngobra
gaya murai batu ngobra

Dikatakan gaya ngobra karena murai ini melengkung menaikkan badannya seperti ular cobra.

gaya-murai-batu-membusungkan-dada
gaya murai batu membusungkan dada

Perbedaan gaya tarung murai batu juga bisa dibedakan dari ekor murai batu. Ekor murai batu panjang rata-rata cenderung ngobra sambil ngeply ekornya, sedangkan murai batu ekor pendek dia cenderung membusungkan dadanya. Berikut jika kurang jelas saya sediakan video yang bisa dilihat dibawah ini.

Murai batu medan dengan gaya tarung ngobra dan ngeply ekornya.

Murai batu borneo dengan gaya membusungkan dada sambil menaik turunkan badannya.

Nah itulah diatas beberapa gaya bertarung murai batu saat sedang action. Yang mentalnya kuat akan terus berkicau sampai lancang, yang kalah biasanya langsung diam istilah daerah saya ‘ngabagong’.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.