Jenis dan Harga Tokek/Gecko Hias

48
117449

Jenis dan harga tokek hias – Tokek? Sebagian orang jika mendengar kata tokek ada yang merasa geli atau takut. Tokek atau biasa disebut juga gecko (bahasa inggris) biasa ditemui di rumah-rumah atau di pepohonan. Cicak yang berukuran besar ini biasa memakan serangga dan hewan kecil. Tokek lebih aktif dimalam hari (nokturnal) dan banyak tidur disiang hari. Tokek yang sering kita temui dirumah adalah jenis tokek rumah, tokek ini mempunyai warna yang seragam, biasanya warnanya hijau kusam dan bintil-bintil oren kusam.

Tetapi ada jenis tokek yang mempunyai warna yang indah yang sering dipelihara dan dijadikan binatang peliharaan, yaitu tokek hias. Ada beberapa jenis tokek hias di dunia, dan beberapa sering dipelihara di indonesia. Saya akan bahas beberapa jenis tokek/gecko hias.

Jenis Tokek/Gecko Hias

1. Giant Day Gecko

Giant day gecko adalah salah satu jenis gecko yang lain daripada yang lain. Gecko ini adalah salah satu spesies yang aktif di siang hari (diurnal). Giant day gecko adalah tokek asli dari madagaskar dan termasuk tokek yang banya terdapat disana. Warna giant day gecko ini sangat cerah tokek ini biasanya berwarna hijau terang dan merah, sangat menarik bagi kita untuk mengamatinya. Ada beberapa hal unik dalam tokek ini, tokek ini mampu tumbuh sepanjang 30 cm, memakan buah-buahan atau serangga, dan dapat hidup selama 30 tahun, ya sangat fantastis bukan.


jenis-tokek-Giant-Day-Gecko

2. White Lined Gecko

Jenis gecko selanjutnya adalah White Lined Gecko, tokek ini adalah jenis tokek yang paling jinak dibanding jenis tokek hias lainnya, sehingga cenderung lebih aman dan tidak menggigit jika dipegang. Tokek ini asli dari nusantara (indo-australia). Dinamakan white lined gecko karena pada tokek ini terdaapt garis putih lurus dari ekor sampai kepala (white lined). Warna dasar badannya coklat, hitam, atau krem. Lihat gambar dibawah, bagaimana? Bagus kan tokek hiasnya?

jenis-tokek-White-Lined-Gecko

3. Central American Banded Gecko

Gecko ini adalah jenis gecko yang menghabiskan hidupnya di dasar tanah bukan di pepohonan atau dinding rumah. Corak gecko ini sangat indah sekali, jenis tokek ini senang hidup di jenis kotak sepatu plastik atau akuarium kaca, bisa juga disediakan tempat berkembang biak dengan PVC atau galon bekas.

jenis-tokek-Central-American-Banded-Gecko

4. Madagascar Ocelot Gecko

Dari namanya kita sudah bisa menebak dari mana asal tokek ini, yap dari madagaskar. madagaskar memang sangat terkenal sebagai tempatnya hewan-hewan unik. Tokek ini berukuran normal seperti tokek-tokek lainnya yaitu sekitar 12.7 cm. Yang unik dari tokek ini adalah kebiasaannya bersembunyi di bawah tanah atau pasir sampai menutupi dirinya, tokek ini menggali tanah dengan kepalanya yang besar, sehingga sering dipanggil “big headed gecko“.

jenis-tokek-Madagascar-Ocelot-Gecko

5. Frog Eyed Gecko

Tokek ini jarang terdapat di Indonesia, saya belum menjumpai yang menjual dan memelihara tokek ini. Tokek ini mampu tumbuh sepanjang 14 cm, cukup normal untuk ukuran tokek. Dinamakan frog eyed karena tokek ini memiliki mata yang mirip dengan katak.

Jenis-Tokek-Frog-Eyed-Gecko

Tokek Roborowski (Frog Eyed Gecko) ini bisa bertahan di suhu yang ekstrim ini dengan cara menggali ke gurun pasir di mana ia dapat mempertahankan suhu tubuhnya. Jika memelihara tokek ini harus menyediakan pasir yang cukup dalam agar tokek ini bisa menggali dan mengubur tubuhnya.

6. Gargoyle Gecko

Gargoyle gecko adalah salah satu tokek yang luayan populer di Indonesia. Tokek ini mempunyai corak yang seram dan cenderung terlihat ‘garang’. Mata pada tokek ini pun sangat ‘kejam’. Dibalik tampangnya yang ‘kejam’ tokek ini dinilai mudah untuk merawatnya. Tokek ini berukuran sedang sekitar 20 cm. Umur hidup tokek ini cukup panjang sekitar 15-2 tahun.

Jenis-Tokek-Gargoyle-Gecko

7. Leopard Gecko

Leopard Gecko adalah tokek hias yang paling populer di Indonesia saat ini, para hobi tokek ini biasa menyingkat namanya yaitu LG. Pada umumnya, warna LG kuning dengan bintik-bintik coklat di sekitar tubuhnya. Tetapi jika sudah dewasa coraknya didominasi pola-pola garis. Tokek ini memiliki telinga diluar tidak seperti tokek lainnya, dan leopard gecko tidak bisa menempel di dinding atau permukaan halus lainnya. Banyak yang suka memelihara jenis tokek ini, karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Tokek ini dinilai mudah dirawat, mudah berkembang biak, tidak liar dan tenang, dan tidak perlu perlakuan khusus yang menyulitkan.

Jenis-tokek-Leopard-Gecko

Harga Tokek/Gecko Hias

Berikut infoemasi harga tokek yang bisa saya dapatkan, perlu diingat harga dibawah ini bukan harga pas, melainkan harga patokan dari beberapa penjual, karena menjual hewan seperti tokek ini tidak ada harga pasti. Harga bisa berubah tergantung ukuran, warna, corak, dan kondisi dari tokek sendiri. Setiap daerah bisa berbeda-beda harganya.

1. Giant Day Gecko = 1-2 juta.
2. White Lined Gecko = 50 – 200 ribu.
3. Central American Banded Gecko = –
4. Madagascar Ocelot Gecko = –
5. Frog Eyed Gecko = –
6. Gargoyle Gecko =100ribu – 1juta
7. Leopard Gecko = 100ribu – 1juta

48 COMMENTS

  1. Saya mencari gecko indukan bukan menjual gecko.

    Kriteria gecko:
    – Gecko leopard indukan jantan / betina.
    – minimal ukuran 22cm hingga ke atas
    – warna gecko kuning polos mulai dari ujung mulut hingga ujung ekor.
    – kondisi gecko normal, sehat, lincah & lahap makannya.
    – harga bisa dirundingkan.
    – area Surabaya, kita cod tapi bagi area luar kota, siap kirim2 ke alamat saya d Surabaya.

    Klu ada yg menjual gecko sesuai dengan kriteria d atas, silahkan hub k no: 087703005559 / bbm: 5edd9a70.

    Bagi yg tdk sanggup dgn kriteria gecko d ats, minggir dulu & jangan buang2 waktu kami

    • Contac saya di 085773202986 yg mau beli gecko saya ada 2ekor ukuran 20&24 silahkan dilihat dulu ga masalah.. cocok bayar.. gunung sahari jakarta pusat

  2. saya mencari tokek gecko panjang 30 cm keatas ,..TR ukuran 43 cm keatas harga sangat fantastis. yang punya bisa kontak saya Frans : 081802115340.

  3. Di jual toke rumahan..warna abu2 bintik merah..buntut tdk patah..lincah menempel di dinding..ukuran krg lbh 30cm..brp aj dah silahkan yg minat serius..

  4. sesiapa yang ada tokek silahkan beritahukan kepada saya dengan segera harga tidak akan menjadi masalah jika sesuai dengan permintaan.
    saya mohon kepada anda semua agar dapat memberitahukan kepada saya sekiranya anda atau sesiapa saja yang anda kenal ada memelihara tokek sila hubungi saya dengan secepatnya jika anda bercadang untuk menipu sila lupakan kerana saya tidak akan melayan bagi yang tidak serius berurusan dengan saya. sekian terima kasih.
    facebook : Riyan Auestin
    Whatsapp : 01136521027

  5. Saya ada TR 37 s/d 39 , 20 ekor , borongan , jual putus, cuma 6 jt per ekor,,dan, saya cari gecko kuning panjang 35 cm , hub saya di 081357791982 , surabaya

  6. Bagi anda yg punya Tokek Rumah (TR) ukuran minimal 42,5cm
    dan yg punya Gecko ukuran mininal 30cm
    Jika serius mau di jual TR dan Gecko nya
    Silakan hubungi sy via Wa 0811483125
    Siap carikan buyer yg valid.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.