Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli

2
230356

Ciri-ciri murai batu medan asli – Murai batu medan adalah salah satu jenis murai batu yang sangat terkenal dengan berbagai kelebihannya. Penjualan murai batu medan juga sangat laris manis diburu para kicau mania. Nah terkadang fenomena ini dijadikan ajang penipuan oleh sebagian oknum nakal yang ingin memanfaatkan ketenaran murai batu medan ini. Ada beberapa penjual yang terkadang mengakui bahwa burung murai yang dijualnya adalah murai batu medan, sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Tentu tidak semua penjual nakal yah, ini hanya beberapa oknu saja. Agar kita tidak tertipu dala membeli urai batu medan kita perlu mengenal si penjual terlebih dahulu prilakunya, biasanya penjual yang kurang baik adalah yang suka melebih-lebihkan atau cenderung lebay dalam menjelaskan burungnya, pilih penjual yang sudah kita tahu identitasnya dan terpercaya.

Untuk menanggulangi itu kita juga perlu mengetahui ciri-ciri murai batu medan asli. Murai batu medan yang asli memiliki beberapa ciri khusus, walaupun memang mirip-miri dengan jenis murai batu lainnya tetapi jika kita jeli bisa dibedakan kok. Memang pada dasarnya burung murai batu itu sama, tetapi karena perbedaan habitat dan geografis yang membuat mereka berbeda baik dari fisik maupun prilakunya.

Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli

Berikut saya sudah dapatkan beberapa ciri murai batu medan, mudah-mudahan bisa menjadi gambaran bagi teman-teman kicau mania.

pola-ekor-murai-batu-medan-asli

  • Murai batu medan asli memiliki empat pasang bulu putih strip hitam di pola ekornya. Seperti gambar di atas.
  • Panjang ekor sekitar antara 14cm – 27cm.

Nah itu ciri khusus yang mudah dalam membedakan murai batu medan asli. Karena terkadang ada ciri yang sulit untuk mebedakan mana murai medan yang asli dan bukan. Ada satu hal lagi yaitu pada istilah burung murai batu medan super. Ada istilah super disini, menurut salah satu redaksi yang saya dapat jangan terlalu terpengaruh terhadap embel-embel super, karena itu bisa jadi rekayasa penjual untuk menaikkan nilai jual murai. Karena pada dasarnya burung murai itu sama. Tinggal pola perawatannya saja, jika burung murai sudah berbakat nanti kemampuannya akan muncul dengan sendirinya.

2 COMMENTS

  1. Kesalahan kita sebagai pecinta murai adlah selalu berpatokan dan fanatik pada daerah asal,dengan berpakem pada daerah asal munculah diskriminasi bagi murai2 yang asalnya bukan dari medan.

    Pernahkah kita berfikir jika murai hutan desa bahorok dan marike yang berlokasi di kota medan migrasi ke hutan aceh dan di tangkap para pemikat murai batu di hutan aceh,apakah murai yang dari medan tsb msih di sebut murai medan?Begitupun sebaliknya?
    Mari kita renungkan bersama.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.