Jenis Kucing Ras Asli di Indonesia

1
311778

Jenis kucing ras asli di Indonesia – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai pecinta hewan. Kucing ada beberapa jenis, yang terkenal yaitu dari jenis persia, anggora, dan kucing lainnya. Kucing ras yang banyak dipelihara sekarang kebanyakan berasal dari luar. Nah timbul pertayaan di benak saya adakan kucing asli ras lokal dari indonesia? Setelah saya menelusuri berbagai sumber akhirnya saya menemukan beberapa kucing ras asli indonesia. Ada banyak sebenarnya jenis kucing yang tinggal di indonesia, tetapi saya saring beberapa saja yang memang ‘asli’ indonesia atau bahkan endemik.

ras-asli-indonesia-kucing-merah

Sudah selayaknya kita ikut menjaga dan melestarikan kucing ini, bagi CL kita sebisa mungkin mengenal dan mungkin bagi yang mampu bisa mulai penangkaran kucing asli indonesia ini agar tidak punah. Mungkin sebagian pecinta kucing sudah tau yah jenis kucing ini, oke kita bahas satu per satu.

Kucing Ras Asli di Indonesia

1. Kucing Raas/Buso/Busok/Madura

Kucing yang pertama adalah kucing raas, atau terkadang juga disebut kucing busok dan kucing madura. Kucing ini tinggal di pulau yang bernama pulau raas di Indonesia. Kucing ini masih memiliki galur ras yang murni, ras kucing ini belum tercampur dengan gen dari ras kucing lainnya dan kucing buso memiliki variasi genetik yang tinggi. Sayangnya kucing ini termasuk kucing yang sangat langka sekarang ini.

kucing-busok-buso-madura

Selain itu kucing ini pun penyebarannya hanya ada dipulau raas, karena konon hanya kucing jantan yang sudah steril yang boleh dibawa keluar dari pulau itu. Penduduk sangat menjaga sekali kucing ini. Menurut saya kucing ini harus dilestarikan yah karena jika dibiarkan akan hilang lama kelamaan. Selain kucing buso ada kadang kucing yang berwarna coklat disebut kucing kecubung. Buso adalah warna abu-abu dalam bahasa madura.

kucing-busok

kucing-busok-anak-kitten-700x700

2. Kucing Merah

Nah selain kucing buso ada juga kucing merah endemik pulau kalimantan. Kucing merah ini mempunyai bulu berwana merah kecoklatan tetapi ada juga varian yang berwarna keabu-abuan. Yang menjadi ciri khas dari kucing ini adalah bentuk kepalanya yang kecil jika dibandingkan dengan ukuran badannya, ukuran telinga kucing ini juga cenderung kecil. Bentuk ekor kucing merah.

jenis-ras-kucing-merah

kucing-endemik-kalimantan-kucing-merah

Nah diatas adalah beberapa kucing asli dari indonesia. Mungkin ada beberapa jenis dari kucing lainnya tetapi karena keterbatasan informasi maka saya hanya bisa menyampaikan dua jenis kucing ras asli indonesia ini saja.

1 COMMENT

  1. Baru tahu kalau ada kucing Ras Indonesia. Setahu saya kucing kampung itu kucing ras Indonesia 🙂
    Ini kami ada buku tentang bagaimana membuat kucing ras sehat dan selalu aktif.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.