Manfaat Lidah Buaya untuk Burung Kicau dan Cara Pemberiannya

0
5543
lidah buaya untuk burung kicau
image : publicdomainpictures.net

Lidah Buaya untuk Burung Kicau – Banyak metode pengobatan yang bisa dilakukanm pada burung yang sedang terserang penyakit ataupun sedang mengalami gangguan, biasanya kita menggunakan obat kimia ataupun obat alami.

Tetapi kebanyakan dari kita biasanya menggunakan obat kimia buatan pabrik yang praktis dan cukup ampuh. Tetapi sebelum menggunakan obat-obatan kimia untuk burung ada baiknya kita menggunakan obat herbal terlebih dahulu, apalagi untuk sakit burung yang tergolong ringan.

Salah satu tanaman herbal yang bisa kita gunakan adalah lidah buaya. Lidah buaya atau aloe vera adalah salah satu tanaman ‘mujarab’ dalam pengobatan yang sudah banyak digunakan oleh manusia maupun hewan di seluruh dunia.

Banyak sekali manfaat lidah buaya untuk burung kicau yang bisa kita dapatkan mulai dari pengobatan, suplemen tambahan, Sebagai asupan nutrisi atau vitamin dan lainnya. Untuk lebih jelasnya akan saya bahas satu persatu manfaat lidah buaya untuk burung kicau.

manfaat-lidah-buaya-untuk-burung-kicau
image : maxpixel.net

Manfaat Lidah Buaya untuk Burung Kicau

1. Pengobatan

Lidah buaya berfungsi untuk pengobatan, baik pengobatan luar ataupun pengobatan dalam tubuh. Sifat lidah buaya yang dingin dan kandugnan anti inflamasi (anti radang) cocok sekali digunakan saat burung mengalami luka diluar tubuh dan juga untuk mendinginkan suhu tubuh burung ketika sedang sakit.

Jika burung terluka dibagian luar baik berdarah, luka koreng, luka bakar, lecet dan bahkan bisa untuk mengobati bulu burung yang kusam baik karena kurang nutrisi atau karena gangguan kutu atau burung yang mempunayi kebiasaan mencabuti bulunya.

Jika burung anda kedapatan mengalami pendarahan dibagian kuku, kaki, paruh, atau bahkan di badannya maka bisa segera dioleskan lidah buaya untuk menghentikan pendarahannya. Lidah buaya bisa menghentikan pendarahan sekaligus sebagai anti radang agar luka cepat sembuh dan tidak berbekas.

2. Suplemen kesehatan

Tidak usah jauh-jauh mencari suplemen kesehatan untuk burung kicau, cukup menggunakan lidah buaya insya allah bisa. Lisah buaya mampu menghilangkan atau mengeluarkan racun dalam tubuh dan bisa sebagai zat immuno stimulant untuk memacu sistem kekebalan tubuh.

3. Obat mandi

Seperti yang sudah saya singgung sedikit diatas, lidah buaya bisa digunakan untuk burung yang mengalami gangguan pada bulunya. Baik karena kutu atau memang kebiasaan burung menggigiti dan mencabuti bulunya sendiri.

Lidah buaya bisa dijadikan sebagai campuran obat mandi untuk burung sebagai pengganti shampo. Karena bukan rahasia lagi lidah buaya berkhasiat untuk menutrisi rambut dan juga bisa digunakan pada bulu untuk burung.

Cara Pemberian Lidah Buaya untuk Burung

Berikut ini beberapa cara pemberian lidah buaya untuk burung kicau.

  1. Bisa diberikan langsung pada burung, jika burung suka. Berikan daging bagian tengahnya saja.
  2. Bisa dipotong-potong lalu campurkan pada makannya.
  3. Bisa dilarutkan kedalam air untuk minum atau semprot. Caranya dengan merendam daging lidah buaya kedalam air destilasi (bisa dibeli di apotik atau toko kimia) selama 24 jam. Lakukan perendaman didalam kulkas.

Nah begitulah manfaat lidah buaya untuk burung kicau dan cara pemberiannya. Lidah buaya ini bisa diberikan untuk semua jenis burung kicau seperti burung kenari, kacer, murai, lovebird, trucukan, cucak ijo, dan lainnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.