5 Tips Memilih Anakan/Trotolan Cendet yang Berkualitas

0
116140
memilih anakan cendet berkualitas
Foto dari : Angga Nggatil

Memilih Trotolan Cendet – Burung cendet yang mempunyai mental bagus, gacor, dan cerdas merupakan kebanggaan bagi kicau mania semua tentunya. Tetapi sebenarnya tidaklah mudah untuk mendapatkan burung cendet yang bagus dan memuaskan hati. Mulai dari proses pemilihan, perawatan yang disiplin, proses pemasteran dengan suara cendet yang tiada henti merupakan proses agar bisa mendapatkan burung cendet bagus yang diidam-idamkan.

Cara singkat untuk mendapatkan cendet bagus tentu ada juga, yaitu langsung membeli burung cendet yang sudah jadi. Tetapi beberapa kicau mania kurang puas jika mendapatkan burung jadi hasil membeli, biasanya mereka akan puas jika mendapatkan burung jadi dari hasil memelihara sedari anakan/trotolan.

memilih-trotolan-cendet-berkualitas
Foto dari : Angga Nggatil

Proses untuk mendapatkan burung cendet yang bagus dan gacor biasanya dimulai dari memilih anakan cendet yang berkualitas, artinya anakan cendet tersebut mempunyai prospek atau bakat yang bagus kedepannya. Untuk memilih trotolan cendet yang berkualitas ada beberapa trik dan tips dari para kicau mania. Saya akan merangkumnya satu per agar kita semua bisa mendapatkan burung cendet yang gacor di

Cara Memilih Bakalan atauAnakan Cendet yang Bagus

1. Pertama kita harus bisa membedakan anakan cendet jantan atau betina. Ini penting karena kita harus menentukan jenis kelamin cendet sebelum memeliharanya, pilihlah jenis kelamin jantan coba baca : membedakan trotolan cendet jantan dan betina.

2. Perhatikan postur tubuh, pilih burung cendet yang posturnya besar dan panjang.

memilih-anakan-cendet-yang-bagus
Foto dari : Angga Nggatil

3. Perhatikan bagian kepala cendet, pilih yang kepalanya besar atau kata orang sunda sih delu (gede hulu). Kepala yang besar dipercaya mempunyai volume otak yang lebih besar sehingga lebih cerdas dan mudah di master.

4. Pilih paruh cendet yang tebal dan terlihat kokoh dan lubang hidung yang besar.

5. Pilih juga yang tidak terlalu giras, biasanya cendet seperti itu mempunyai mental yang bagus.

Nah diatas adalah beberapa tips untuk memilih trotolan cendet yang baik. Ini bermanfaat jika kita memilih cendet anakan dalam ombyokan atau di pasar agar kita bisa memilih cendet trotolan yang baik dan berkualitas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.