Cata Membedakan Anakan/Trotolan Cendet Jantan dan Betina

0
176297
gambar trotolan cendet jantan dan betina
Foto dari https://www.facebook.com/namuz.zakki

Ciri Trotolan Cendet Jantan dan Betina – Sebelum memelihara burung cendet biasanya para kicau mania memulai dengan memilih burung cendet bakalan atau burung cendet trotolan atau cendet anakan. Burung cendet anakan atau trotolan ini biasa didapatkan di kios-kios burung yang menyediakan jenis burung cendet. Masalahnya terkadang para kicau mania tidak bisa membedakan mana anakan cendet jantan dan cendet betina.

Oleh karena itu saya disini mencoba untuk membantu teman-teman kicau mania semua agar bisa mengenal trotolan cendet jantan dan trotolan cendet betina berdasarkan ciri-ciri yang ada. Jam terbang saya belum tinggi tetapi saya mencoba menyampaikan apa yang saya tahu dari beberapa forum cendet mania. Untuk membedakan cendet dewasa jantan dan betina bisa membaca : membedakan cendet dewasa jantan dan betina.

membedakan-trotolan-cendet-jantan-dan-betina
Foto dari https://www.facebook.com/fah.mi.37

Tips ini juga bermanfaat jika teman-teman semua hendak membeli trotolan burung cendet di penjual yang kurang bisa dipercaya Terkadang ada juga oknum-oknum penjual nakal yang menipu jenis kelamin cendet agar burung mereka laku tentu ini bisa merugikan kita para kicau mania. Oleh karena itu penting adanya agar kita bisa membedakan trotolan cendet jantan atau betina. Mari disimak

Membedakan Trotolan Cendet Jantan dan Betina

Untuk membedakan trotolan atau anakan cendet jantan atau betina memang agak lebih sulit dari membedakan cendet dewasa.  Karena secara kasat mata keduanya itu hampir mirip, namun jika kita perhatikan lebih detail maka kita akan menemukan beberapa perbedaan antara trotol cendet jantan dan betina.

membedakan-bakalan-cendet-jantan-dan-betina
Foto dari https://www.facebook.com/namuz.zakki

Cara membedakannya yaitu dengan melihat warna putih slip pada kedua sayap trotolan atau anakan cendet. Jika warna slip pada trotolan cendet berwarna putih cerah maka kemungkinan besar trotolan cendet/pentet tersebut adalah jantan. Tapi jika warna slip pada sayap tersebut putih tetapi agak kusam maka kemungkinan besar cendet/pentet tersebut berkelamin betina. Baca : download suara cendet

Untuk melihat warna putih warna slip pada sayap totolan cendet kita perlu membentangkan atau membuka sayapnya lebar-lebar dan lihat dengan baik-baik. Hati-hati dalam memegang cendet barangkali lepas atau salah posisi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.