Racikan Pakan Cendet Agar Gacor dan Rajin Bunyi

0
84763
racikan pakan cendet gacor juara
Foto dari https://www.facebook.com/niko.anderson1

Racikan Pakan Cendet – Burung cendet/pentet/toet adalah salah satu burung kicau yang banyak sekali dipelihara di Indonesia. Burung ini hampir bisa dijumpai di tiap rumah dari kota sampai kepelosok desa. Bukan hanya di Indonesia saja burung ini populer, di negara china pun burung ini banyak di pelihara, mantap hehe. Jalan-jalan ke daerah baru saya juga sering liat burung ini di rumah-rumah warga. Okeh intinya burung cendet atau pentet adalah termasuk kedalam burung kicau populer yang ada di Indonesia, sekarang kita bahas tentang perawatan cendet khususnya mengenai pakannya.

Pakan merupakan salah satu hal utama yang bisa mempengaruhi kicau cendet. Pakan yang baik dan penuh gizi menjadikan burung ini bisa semakin gacor, rajin bunyi, dan sehat. Racikan pakan tertentu bisa membuat burung ini semakin gacor dan solusi bagi cendet yang sedang macet bunyi. Macet bunyi pada cendet bisa jadi adalah masalah klasik yang sering kita jumpai, mungkin anda juga pernah mengalami. Nah dengan racikan pakan cendet ini insya allah bisa membantu membuat cendet anda gacor dan rajin berbunyi kembali.

racikan-makanan-burung-cendet
Foto dari https://www.facebook.com/putranag.slankers

Makanan utama cendet di alam liar adalah berupa serangga dan binatang kecil, dalam kata lain yaitu protein. Selain protein burung cendet juga perlu karbohidrat untuk kebutuhan tenaganya. Selain itu juga cendet memerlukan vitamin. Maka racikan makanan cendet yang baik harus mempertimbangkan kebutuhan cendet agar memenuhi kebutuhan gizinya. Ini berlaku untuk semua jenis cendet.

Racikan Pakan Cendet

Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pakan cendet

  1. Telur ayam
  2. Tepung jagung
  3. Ikan sungai (ikan air tawar)
  4. Tahu
  5. Tomat
racikan-pakan-cendet-istimewa
Foto dari omkicau.com

Cara pembuatan makanan racikan cendet :

  1. Bersihkan semua bahan-bahan. Cuci tomat, bersihkan ikan dari sisiknya, cuci tahu, cuci telur dari kotoran yang nempel.
  2. Giling ikan sungai dengan blender atau mesin giling daging. Untuk ikan sungai bisa cari sendiri yah sambil mancing hehe.
  3. Iris tahu kecil-kecil atau bejek-bejek tahu agar halus. Tahu pakai secukupnya.
  4. Iris-iris tomat atau bejek-bejek sampai halus, mirip2 kaya bikin sambel gitu. Cukup 2-3 tomat saja.
  5. Setelah semua bahan siap masukkan tepung jagung sebanyak 2-3 kg kedalam wadah besar.
  6. Masukkan semua bahan yang telah dihaluskan tadi (tahu, tomat, ikan).
  7. Campur 3-10 telur kedalam wadah, sesuaikan dengan kebutuhan. Cangkang telur jangan dibuang, cuci dan keringkan (jemur) lalu tumbuk halus untuk bahan campuran nanti.
  8. Campurkan semua adonan tadi dengan mixer tangan atau alat lain sampai benar-benar tercampur rata. jangan lupa campurkan cangkang telur yang telah dihaluskan tadi.
  9. Setelah itu jemur racikan pakan cendet sampai berbentuk seperti pur, bisa juga keringkan menggunakan oven.
  10. Setelah kering ramuan cendet bisa diberikan, simpan dalam wadah yang rapat.

Untuk takaran bahan silahkan perkirakan sendiri saja yah, mau buat banyak-mau buat sedikit tidak masalah.

Pakan tersebut bisa diberikan sehari-hari. Jangan lupa berikan juga EF berupa jangkrik, ulat hongkong dll sesuai takaran masing-masing. Jangan lupa perdengarkan suara cendet agar cendet anda semakin gacor. Selamat mencoba

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.