Cara Memandikan Hamster

21
69517

Cara memandikan hamster – Hamster adalah salah satu hewan peliharaan yang sering dipelihara karena tingkah dan bentuknya yang lucu. Nah untuk binatang peliharaan lainnya biasanya salah satu cara pemeliharaannya yaitu dengan memandikan hamster agar menjaga kebersihan, tetapi untuk hamster sebenarnya kita tidak usah memandikannya karena secara alami hamster hidup di gurun dan didaerah berpasir yang bersuhu hangat (panas). Lalu apa hamster secara alami tidak pernah mandi? Tentu mandi, tetapi cara mandinya berbeda, secara alami hamster mandi dengan menjilati tubuhnya dan berguling dipasir atau biasa disebut bathing sand.

cara-memandikan-hamster-700x525

Tetapi dalam beberapa kejadian hamster kita bisa saja kotor ‘bulunya’ yang tidak mungkin bisa di bersihkan dengan sendirinya. Nah untuk memandikan hamster ada cara-cara tertentu agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada hamster kita, karena memang secara alami hamster tidak mandi dengan air.

Cara Memandikan Hamster

Berikut langkah-langkah cara memandikan hamster dirumah sendiri :

Ada yang menggunakan air ada yang menggunakan pasir halus (atau pasir khusus hamster) bisa juga dengan bedak bayi/bedak khusus. Hamster tidak terlalu kuat dingin yang aman adalah memandikan dengan bedak atau pasir.

Memandikan hamster menggunakan air

1. Siapkan air hangat-hangat kuku, jangan terlalu panas yah. Siapkan lap atau tisu.

2. Celupkan lap/tisu lalu peras. Kemudian lap hamster dan bersihkan bagian yang kotornya saja.

3. Setelah itu sikat haster dengan sikat gigi, hindari bagian muka karena bisa melukai matanya.

4. Pembersihan dengan air jangan diguyur tetapi cukup dilap bagian yang kotornya.

5. Setelah itu bersihkan hamster dengan handuk sampai benar-benar kering. Bisa juga dengan menjemur di cahaya matahari yang tidak terik.

Memandikan hamster menggunakan pasir/bedak

1. Siapkan mangkuk sekitanya hamster bisa masuk

2. Siapkan pasir halus/pasir khusus hamster, Lalu taruh hamster diatas pasir dan biarkan dia bermain dengan pasir

3. Setelah itu di bersihkan

Penting !! Memandikan hamster bisa juga degan tisu basah untuk bayi atau dengan pasir khusus. Ini lebih baik menurut saya, karena memandikan langsung dengan air bisa fatal akibatnya. Jangan memandikan hamster kalau hanya untuk iseng-iseng saja, karena bisa berakibat fatal pada hamster.

21 COMMENTS

  1. Sya nak tanya..kalau hamster baru melahirkan anak..dia punya habuk tidak boleh dibuang lagi selepas tiga minggu kan..tapi sebelum cukup 3 mnggu ad semut masuk di dalam sangkar.blh tlg terangka

  2. Saya mau tanya, hamster aku ditelinganya kayak ada benjolan kecil2 banyak warnanya merah, bikin telinganya agak kaku. Itu apa ya? Kl semisal itu penyakit, cara nyembuhin nya gimana ya? Mksh

  3. kalo pake bedak waktu itu aku pernah pakein bedak baby tapi kok gk guling guling ya padahal udh aku siramin ke badan nya tapi bulu nya malah jadi kaya ngumpul gitu itu gimana ya

  4. Hamster saya terlanjur kotor bagian kepala sama beberapa bagiann belakanhnyaa. Warna hamster saya putih. Jd kayak kumal gituu gmna ka bersihinnya

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.