Jenis dan Harga Burung Ciblek

Jenis dan harga ciblek – Ciblek adalah salah satu jenis burung kicau yang banyak di pelihara para kicau mania. Ukuran ciblek kecil imut-imut, tetapi jika soal suara ciblk empunyai suara yang keras dan tinggi. Daya tahan dan adaptasi terhadap lingkungan juga cenderung kuat nah itulah beberapa alasan yang menjadikan burung ini sangat digemari para kicau mania. Ada beberapa jenis ciblek yang biasa dipelihara, di bawah ini kami akan membahas beberapa jenis ciblek dan harganya.

Jenis-jenis ciblek

1. Ciblek gunung

Ciblek gunung adalah salah satu jenis ciblek yang mempunyai postur tubuh lebih besar dari jenis ciblek lainnya.  Bulunya berwarna coklat di hampir seluruh tubuhnya. Suara ciblek inipun lebih variatif dan lebih banyak, maka dari itu jenis ciblek gunung lebih diminati oleh para kicau mania. Sesuai dengan namanya ciblek ini biasa tinggal di sekitar pegunungan atau dataran tinggi.

jenis-ciblek-gunung

pemilik : https://www.facebook.com/ivan.rhamdan

2. Ciblek pari/sawah

Ciblek jenis sawah atau juga biasa disebut dengan ciblek pari. Ciblek ini merupakan salah satu ciblek yang mempunyai bentuk ekor paling panjang dibandingkan jenis ciblek yang lainnya sebagai ciri khasnya. Pada bagian punggung dan dibagian ekor terdapat warna coklat merata, pada bagian dada ciblek sawah mempunyai warna yang cenderung putih. Untuk suara kicau, ciblek ini hanya memiliki satu suara.

jenis-ciblek-sawah

https://www.facebook.com/hikari.seventine

3. Ciblek tambak

Ciblek yang terakhir yaitu jenis ciblek tambak, jenis ciblek tambak ini ada dua jenis, yaitu yang pertama adalah ciblek yang berwarna putih bercampur dengan sedikit campuran abu-abu. Warna ini tersusun dari leher kebagian bawah perutnya. Sedangkan variasi yang kedua adalah ciblek yang berwarna kuning dan sedikit putih, warna putih pada ciblek tambak tidak begitu mencolok. Warna kuning ciblek tambak ada di bagian bawah ekornya (dubur), dan warna putih agak kecoklatan terbentang dari punggung sampai ke bagian ekor ciblek. Masalah kicau, ciblek tambak adalah spesialis ngebren, dengan suara keras dan lantang, sehingga jenis ciblek tambak ini sering tampil diperlombaan kicau.

jenis-ciblek-tambak

Selain itu dikenal juga dengan nama yang berbeda ada ciblek kebun, ciblek putih, ciblek dada kuning dan lainnya.

Harga Ciblek

Berikut harga pasaran ciblek dari berbagai pasar dan forum yang saya dapatkan. Harga ini bukan harga pasti melainkan hanya harga patokan saja, bisa jadi setiap daerah harga ciblek berbeda-beda.

Harga ciblek bakalan/bahan/trotolan biasa : 50 – 200

Harga ciblek jadi : 200 – jutaan

Harga ciblek juara jangan ditanya yah, mahal hehehe.

Nah itu dia jenis dan harga ciblek yang dapat saya sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga blog ini bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.