Jenis dan Harga Tikus Peliharaan

0
21357

Jenis dan harga tikus peliharaan – Apa? Tikus peliharaan? Ada? Yap, tikus peliharaan memang ada. Ada beberapa jenis tikus yang biasa dipelihara sebagai alternatif atau juga memang hobi sama tikus hehehe. Tidak seperti kebanyakan tikus lainnya yang biasa tinggal di got dan merusak lingkungan rumah, ada beberapa jenis tikus yang bisa dipelihara dan lucu-lucu tentunya.

Tikus yang biasa dipelihara adalah dari golongan mencit, mencit adalah sejenis tikus yang bentuknya lebih kecil. Biasanya keluarga mencit lebih bersih dari tikus rumahan atau tikus got. Tikus yang berukuran besar dinamakan rat. Bentuk dan warnanya juga ada yang bagus kok. Nah penasaran sama tikus-tikus yang biasa dipelihara beserta harganya? oke ada beberapa tikus yang sudah saya rangkum yang biasa di pelihara.

Jenis Tikus Peliharaan

Perlu diketahui jenis tikus yang biasa dipelihara biasa juga dipakai sebagai tikus lab. Tikus yang digunakan sebagai hewan percobaan di lab seperti di film-film hehehe. Biasanya tikus yang digunakan untuk percobaan ditentukan spesifikasinya atau galurnya. Saya tidak akan mebahas tentang tikus lab 😛

1. Tikus Putih

Tikus ini tidak asing yah bagi teman-teman sepertinya. Tikus ini juga sering dijumpai di toko hewan atau toko pakan, karena memang tikus ini suka dijadikan pakan bagi burung elang, atau ular. Tetapi tidak jarang juga dipelihara. Tikus ini berbentuk kecil dengan warna putih diseluruh tubuhnya.

  jenis-tikus-putih

gambar : http://fjb.kaskus.co.id/profile/2525127

2. Tikus Golden

Tikus berikutnya adalah tikus golden (golden mice). Sekilas tikus ini mirip dengan hamster. Warnanya yang kuning kecoklat-coklatan rata diseluruh tubuhnya. Golden mice juga rata-rata mempunyai ukuran yang tidak lebih besar dari jenis tikus putih dan jepang. Tikus ini biasa hidup dipepohonan dan rerumputan kering.

jenis-tikus-golden-golden-mice

3. Tikus Jepang

Yang terakhir adalah tikus jepang. Entah kenapa dinaakan tikus jepang, mungkin asalnya dari jepang saya kurang faham, tetapi yang pasti tikus ini mempunyai corak yang lebih kaya dibanding tikus lainnya. Tikus jepang adalah tikus yang paling sering di jual berdampingan dengan hamster. Corak dan warna tikus ini bermacam-macam dari yang biasa sampai yang warnanya aneh sekalipun jadi paling diminati sebagai tikus peliharaan.

jenis-tikus-jepang

gambar : https://www.facebook.com/tikusgembira

Harga Tikus Peliharaan

Berikut harga yang saya dapatkan di pasar maupun di internet. Harga tikus disini tidak pasti sama yah, karena biasanya setiap daerah berbeda-beda

Harga Tikus Putih : Kisaran harga 2.000 – 5.000. Biasanya beli banyak lebih murah.

Harga tikus emas (golden mice) : Kisaran harga 10.000 – 20.000. Biasanya beli banyak lebih murah

Harga tikus Jepang : Kisaran harga : 10.000 – 30.000. Biasanya beli banyak lebih murah

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.