Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar

8
60066
Foto dari http://www.aaahamsters.org/

Cara mengawinkan hamster – Hamster adalah salah satu hewan sejenis pengerat yang banyak digemari dan dipelihara. Seperti yang kita ketahui pada umumnya hewan pengerat itu mudah dalam berreproduksi, seperti tikus misalnya. Demikian hamster, organ reproduksi mereka sudah matang dalam hitungan minggu saja, mengingat umurnya juga yang pendek. Bayangkan saja usia 3 minggu saja hamster sudah bisa dikawinkan (sudah siap kawin) tetapi agar menghasilkan anakan yang berkualitas dan sehat serta tidak membahayakan indukannya lebih baik mengawinkan hamster yang umurnya sudah mencapai minimal 3 bulan, 6 bulan lebih baik lagi. Karena pada usia tersebut organ reproduksi hamster sudah matang. Usia kematangan hamster berbeda-beda tergantung jenis hamster yang dimaksud. Tetapi tidak terlalu beda jauh dengan hamster kebanyakan.

Sebenarnya dalam mengawinkan hamster tidaklah terlalu sulit, pada intinya hanya menyatukan jantan dan betina dalam satu tempat yang nyaman dan cocok untuk mereka berkembang biak. Tetapi tidak jarang ada hamster-hamster yang menunjukan gelagat tidak cocok dengan hamster lainnya. Bahkan tingkat agresifnya tinggi seperti berkelahi dan saling serang terus menerus.

hamster-kawin
Foto dari http://www.madabouthamsters.com/

Cara Mengawinkan Hamster

Sebelum menyatukan hamster bersama dalam kandang ada baiknya kita melakukan persiapan terlebih dahulu agar sesuatunya bisa terkendali dan hamster bisa kawin dengan lancar.

Pertama yang harus kita persiapkan adalah kandang yang nyaman. Kandang adalah sarana hamster untuk melakukan “ritual” kawinnya maka kondisi kandang harusnya nyaman dan terdapat tempat bermain dan makanan yang cukup. Kondisi kandang yang baik adalah kandang yang tidak terpapar matahari langsung (redup), tidak gaduh dan tenang. Selain kandang persiapkan juga indukan hamster yang sudah cukup umurnya. Ambil hamster yang berumur diatas 5 bulan karena umur tersebut dinilai sudah matang organ reproduksinya.

Setelah persiapkan kawin hamster selesai sekarang saatnya menyatukan hamster kedalam satu kandang yang sama dan kita perhatikan apakah hamster yang kita jodohkan itu sudah cocok atau tidak. Jangan khawatir jika sesekali hamster yang kita jodohkan terlihat saling serang dan kejar, ini wajar sebagai proses perkenalan lah. Tetapi jika hamster yang kita jodohkan terus menerus berkelahi berarti besar kemungkinan hamsternya tidak saling cocok, coba ganti pasangannya dengan warna yang berbeda.

cara-mengawinkan-hamster
Foto dari http://www.madabouthamsters.com/

Nah jika sudah beberapa hari hamster tidak mau kawin coba tips kecil dari para penghobi hamster ini, walau tips ini belum di uji secara ilmiah tetapi patut dicoba. Tipsnya yaitu menggunakan bedak wangi, cukup bedaki hamster jantan dengan bedak wangi tersebut. Tujuannya agar sang betina tertarik pada jantan tersebut dan mau kawin. Jika masih belum berhasil maka anda bisa mengganti dengan hamster yang lainnya. Semoga cara mengawinkan hamster diatas bisa membantu sesama pencinta binatang.

8 COMMENTS

  1. aku punya hamster .tapi di bawah nya ada 2biji pas di dubur nya itu hamster macam apa ya?soalnya aku baru nih pelihara hamster tolong dong kasih tau

  2. Permisi.. numpang nanya nih.. saya baru beli hamster nih.. tetapi saya belinya anak hamster yg berumur 1 bulan.. jenisnya Ww Golden Red Eye.. saya beli 1 jantan 2 betina.. hamsternya mau saya kawinkan.. normal hamster kawinkan umur 3 sampai 5 bulan.. tetapi bolehkah saya gabung ketiga hamster itu kedalam kandang.. dan tunggu mereka berumur 4 bulan.. mereka kawin sendiri.. tanpa dipisah dulu..? pertanyaan ke dua.. saya mau beli hamster baru nih.. Kalau mau kawinkan hamster pertama2 kita masukin hamster jantan sendirian dan tunggu selama 1 minggu.. lalu kita masukin betinanya.. dan mereka kawin.. saat betinanya hamil.. apakah jantan yg dikeluarin didalam kandang kawin atau betinanya..?

    Terimakasih..??

    • sebenernya ini pilihan yg miaranya. Bisa dipisah bisa digabung, kalo dipisah kita bisa ngatur agar si hamster kawin di usia matang, kalo dicampur kadang ada yang suka kawin walau usianya ga cukup matang dan kdng anaknnya kurng optimal..

      pertanyaan kedua hamster yang hamil muda ga masalah digabung dengan jantan, tapi kalau sudah mendekati kelahiran sebaiknya dipisah taruh di kandang bersalin dan jauh dari jantan atau hamster lain agar anakan tidak diserng hamster lain.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.