Cara Tanning Ikan Arwana yang Benar Agar Warnanya Keluar

0
1900
cara tanning ikan arowana agar merah
Foto : https://www.facebook.com/WarningBusiness/

Tanning Ikan – Apa itu tanning ikan? Tanning adalah proses penjemuran, penyinaran, tanning pada ikan berarti melakukan pencahayaan/penyinaran pada ikan dengan cahaya dengan tujuan mengeluarkan warna pada ikan.

Tanning ikan ini biasanya dilakukan pada ikan arowana dan ikan louhan (lebih jarang dibanding arwana). Dengan ditanning ikan akan terangsang untuk mengeluarkan warna yang lebih cerah.

Tanning ikan ini dilakukan dengan menggunakan cahaya dari lampu LED dengan spektrum UV A dan UV B dengan intensitas 10.000 – 16.000 kelvin atau dibawah itu (disesuaikan).

Jangan pakai UV C yah, UV C sifatnya berbahaya bagi ikan dan manusia (kecuali ada pelindungan) dan untuk sterilisasi air. Karena sinar UV C bisa menimbulkan kanker atau mutasi sampai kematian pada makhluk hidup.

cara-tanning-ikan-arowana
Foto : https://www.facebook.com/Hunter-Red-Arowana-996513743752610/

Lalu bagaimana cara melakukan tanning ikan arwana?

Cara Tanning Ikan Arwana

1. Siapkan ikan untuk ditanning, baik kesehatan fisik, ukuran, jenis. Pastikan ikan arowana dalam kondisi sehat, tandanya ikan arwana lincah, lahap, dan sisik mengkilap (samar-samar seperti berlendir)

Ukuran ikan arowana untuk ditanning biasanya dikisaran 30 cm, memang tidak ada patokan tentang berapa ukuran dan berapa usia arowana yang siap di tanning.

Tandanya selama ada permukaan sisik yang mulai membentuk ring, proses tanning arowana sudah dapat dilakukan.

2. Siapkan tank aquarium yang akan digunakan untuk proses tanning arwana. Ukuran tank disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran ikan. Idealnya ikan masih bisa renang lurus (ga sempit).

3. Siapkan lampu tanning. Lampu tanning arowana bisa dengan menggunakan lampu LED dengan spektrum UV A atau UV B.

Merk dipasaran sudah cukup banyak, pilih sesuai selera. Ukuran watt disesuaikan dengan ukuran tank dan ukuran ikan.

4. Siapkan juga cover lampu agar cahaya memantulkan cahaya kedalam tank dan tidak silau buat kita.

5. Penematan lampu didepan aquarium, atau atas tergantung bagian mana yang mau ditanning. Umumnya disamping agar cahaya langsung mengenai sisik ikan arowana.

6. Durasi tanning bisa dilakukan 3/6/9/12/24 per harinya. Lamanya durasi perhari ini mempengaruhi lamanya waktu dalam proses tanning.

Proses tanning berbeda-beda biasanya memerlukan waktu 2 minggu, 4 minggu, 8 minggu, bahkan perlu 3 bulan untuk mengeluarkan warna arwana, hal ini bergantung pada genetic warna arowana tersebut dan durasi tanning perharinya.

7. Saat proses tanning ikan arwana bisa tetap diberi makan, diganti air atau dibersihkan.

Nah itulah tadi langkah-langkah cara tanning ikan arowana untuk merangsang ikan mengeluarkan warna yang lebih cerah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.