Cara Kultur Jentik Nyamuk untuk Pakan Ikan

0
14515
cara kultur jentik nyamuk
Foto dari https://www.facebook.com/ahmad.zakaria.1422

Kultur Jentik Nyamuk – Mungkin bagi teman-teman yang biasa memelihara ikan tidak asing lagi dengan yang namanya kultur Daphnia Magna, kultur kutu air, kultur cacing sutra, dan kultur berbagai jenis pakan hidup untuk ikan lainnya. Selain makanan hidup di atas yang saya sebutkan ada juga makanan hidup untuk ikan lainnya yang tidak kalah kandungan nya, yaitu jentik nyamuk.

Jentik nyamuk atau biasa disebut dengan ncuk (cuk), atau untek adalah larva dari nyamuk. Larva dari nyamuk ini sangat berguna sekali bagi pakan ikan kecil atau anakan ikan. Untuk mendapatkan jentik nyamuk Biasanya kita tinggal mencari di got-got atau selokan selokan dekat rumah biasanya jentik sangat banyak terdapat di genangan air air dan gratis lagi.

Tetapi saat musim hujan tiba biasanya jentik-jentik ini menghilang karena hanyut terbawa arus, dan alamat ikan-ikan kita tidak kebagian makan hehehe. Oleh karena itu sebagai penghobi ikan saya akan membagikan cara untuk mengkultur jentik nyamuk agar jentik nyamuk untuk pakan ikan tersedia setiap harinya walaupun dimusim hujan.

Mungkin bagi teman-teman yang belum terbiasa memelihara ikan akan merasa aneh sekali jentik kok dipelihara? Nyari-nyari penyakit aja. Tentang sob dalam mengkultur jentik ini saya usahakan agar si jentik sudah habis sebelum menjadi nyamuk. Hal positifnya yaitu kita bisa memberi makan ikan kita dan juga kita bisa menekan populasi nyamuk di sekitar kita.

Cara Mengkultur Jentik Nyamuk

Untuk mengkultur jentik nyamuk tidaklah sulit kita hanya memerlukan beberapa bahan dan alat untuk memulai mengkultur nya oke kecelakaan di kecil ikuti langkah berikut ini

1. Siapkan ember, air, dan pelet ikan. Ember yang kita gunakan tidak harus menggunakan ember yang besar, cukup ember yang berukuran diameter 15 sampai 20 cm saja. Tetapi jikayang kita pelihara cukup banyak maka kita memerlukan tempat yang lebih besar. taruh ember diluar rumah (usahakan terlinduing dari hujan).

2. Masukkan pelet pada ember lalu aduk-aduk, lama kelamaan pelet akan tenggelam. Lalu biarkan selama kurang lebih 3 hari sampai air menjadi keruh dan berbau. Setelah berbau maka akan mengundang nyamuk datang untuk bertelur. Bagaimana bentuk telur nyamuk? Bentuknya panjang-panjang seperti ee cicak, lihat gambar.

cara-kultur-jentik-nyamuk
Foto dari https://www.facebook.com/ady.dugull?hc_ref=SEARCH&fref=nf

3. Setelah nyamuk bertelur maka tunggu 4-5 hari maka kita akan melihat banyak jentik-jentik nyamuk yang banyak. Panen jentik setiap hari, usahakan punya beberapa ember untuk kultur jentik, jadi habiskan jentik dalam ember saat panen agar tidak jadi nyamuk nantinya.

Nah itulah tadi cara mudah kultur jentik nyamuk, tetap waspada yah walaupun nyamuk aedes tidak suka bertelur di tempat kotor (dia sua air bening) tetapi tetap saja kita harus hati-hati.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.