Beternak Ikan Cupang – Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias air tawar yang banyak dipelihara. Ikan ini mempunyai beberapa keistimewaan dibanding ikan hias lainnya. Beberapa keistimewaannya yaitu warna ikan cupang yang sangat beragam, siripnya indah saat bergaya (ngedok/dijantur), ikan cupang juga kuat/bandel selain itu perawatannya juga sangat mudah.

Permintaan pasar dalam negeri dan luar negeri terhadap ikan cupang ini (Betta sp.) cukup tinggi, menjadikan beternak cupang bisa menjadi salah satu lahan untuk menambah penghasilan. Selain itu para penghobi didalam negeri juga rutin mengadakan kontes ikan cupang yang bisa mengangkat popularitas ikan ini sehingga beternak ikan cupang insya allah ada pangsa pasarnya.

Beberapa teman saya (grup komunitas) bahkan ada yang rutin mengekspor ikan cupang ke luar negeri dan harganya dibandrol rata-rata sekitar $30 dolar perikannya (setara 400 ribu dengan rate 13 ribu sekian). Tentunya butuh proses ya, tidak langsung ternak ikan cupang langsung ekspor hehehe, harus pintar-pintar membaca target pasar tentunya. Oke langsung saja kita bahas tentang cara beternak cupang.

Beternak Ikan Cupang Bagi Pemula

Sebelum beternak ikan cupang ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan dan dipersiapkan, oke saya akan urutkan kebutuhan beternak ikan cupang menurut pengalaman saya dari mulai yang pentingnya terlebih dahulu. Silahkan disimak

Pakan ikan cupang

Pakan ikan cupang ini menurut saya adalah hal pertama yang harus dipersiapkan. Karena pakan ini yang menunjang pertumbuhan dan kesehatan ikan nantinya. Ada beberapa pakan ikan cupang yang bagus diantaranya :

  1. Kutu air / dapnia magna
  2. Microworm
  3. Cacing sutra
  4. Jentik nyamuk
  5. Pelet kecil

Makanan-makanan tersebut diberikan sesuai jenjang umur ikan cupang dan harus tersedia ketika kita ingin beternak ikan cupang, terutama pakan bagi burayaknya kelak. Kita harus punya alternatif pakan jika pakan utama pada ikan kita tidak tersedia. Pakan ikan cupang selengkapnya sudah dibahas sebelumnya silahkan dibaca di : pakan ikan cupang

Lahan pemijahan dan pembesaran

Budidaya ikan cupang tidak memerlukan tempat yang terlalu luas, bisa memulai dengan tempat yang terbatas dan sedikit wadah. Tempat pemijahan yang baik bisa menggunakan akuarium kecil atau ember kecil, setelah ikan kawin dan burayak menetas bisa dipindahkan ke media pembesaran. Jika repot kita bisa langsung memijahkan (mengawinkan ikan) di tempat pembesaran burayak. Tempat pembesaran burayak cupang lebih besar lebih baik, tetapi kita bisa memulainya dengan menggunakan ember berukuran sedang (diameter 50-60cm).

cara-beternak-ikan-cupang
Foto dari https://www.facebook.com/sofyan.cassanova

Persiapkan tempat pemijahan dan pembesaran burayak. Pertama isi air terlebih dahulu lalu biarkan selama 2 hari tujuannya agar kondisi air stabil, air sangat berpengaruh terhadap keberhasilan beternak ikan cupang. Berikan daun ketapang dan garam kasar secukupnya agar ikan lebih bersemangat dan gelembung busa yang dihasilkan lebih banyak. Setelah 2 hari kita bisa mulai memasukkan indukan ikan cupang.

Memilih indukan cupang

Pilih indukan cupang yang sudah cukup umur untuk jantan usia 4-8 bulan, badannya bagus, form bagus, sirip full lebar dan kencang, gerakan lincah dan mental bagus (tidak takut jika berhadapan dengan cupang lain). Untuk indukan betina pilih yang usianya sekitar 3-4 bulan, pilih yang bulat, telurnya full dan banyak (badan gendut, di ujungnya terlihat tanda putih), pilih juga yang belum dipijahkan (perawan) biasanya telur yang dihasilkan lebih banyak. Untuk info saja, harga indukan yang bagus biasanya cukup mahal untuk ukuran ikan cupang, tapi sebandinglah.

indukan-ikan-cupang
Foto dari https://www.facebook.com/miftakh.guppybetta

Selain memilih indukan yang bagus kita juga perlu mengetahui jenis-jenis ikan cupang yang akan kita pijahkan nantinya apakah jenis giant, serit, halfmoon, plakat atau lainnya. Pilih juga warnanya bisa warna fancy, dragon, cooper, warna dasar dan liannya baca : warna ikan cupang, saran saya sebagai penghobi pilih yang sedang ramai dipasaran. Silahkan cek para penghobi dan cek juga forum-forum ikan cupang untuk mengetahui kelak jenis apa yang banyak dicari. Jenis ikan cupang sudah dibahas disini, silahkan dibaca : jenis ikan cupang

Mengawinkan indukan cupang

Mengawinkan ikan cupang gampang-gampang susah, kadang gampang sekali kadang susah sekali sampai-sampai ikan bisa sakit. Kuncinya ada di kondisi air, kesiapan indukan, kondisi indukan, pakan. Jika kondisi diatas sudah memenuhi biasanya ikan akan cepat kawin. Cara mengawinkan ikan cupang selengkapnya bisa dibaca disini : mengawinkan ikan cupang

Merawat anakan ikan cupang

Setelah kawin anakan ikan cupang akan lahir setelah kurang lebih 24 jam (kadang lebih), selama 1-2 hari anakan ikan cupang (burayak cupang) tidak perlu diberi makan, cukup beri makan indukannya saja. Setelah 3/4 hari anakan ikan cupang bisa diberikan pakan khusus burayak, bisa menggunakan artemia, microworm, kutu air saring, green water atau pelet ikan yang gi gerus halus. Makanan burayak lengkapnya bisa dibaca disini : makanan burayak ikan cupang

Setelah anakan berumur 2 minggu anakan bisa diberi makan cacing sutra. Cacing sutra baik digunakan untuk mempercepat pembesaran anakan ikan cupang, tetapi jangan digunakan untuk cupang dewasa karena siripnya kurang berkembang dengan baik (tidak lebar hanya badannya saja besar).

Setelah berumur 1 bulan ikan cupang bisa dipisahkan kedalam wadah terpisah (soliter) agar mental dan instingnya terbentuk, selain itu menghindari dari terjadinya pertarungan antar burayak ikan yang mengakibatkan cidera. Cupang juga sudah di stop pemberian cacing sutranya, berikan kutu air makanan terbaiknya atau bisa juga menggunakan jentik nyamuk.

Setelah usia 2-3 bulan ikan sudah terbentuk instingnya dan sudah siap mejeng hehehe.

Nah itulah diatas cara beternak ikan cupang secara lengkap langkah demi langkahnya. Jika bingung silahkan bertanya ke fanspage binatang peliharaan

Join the Conversation

3 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.