makanan ikan guppy

Stop!!!

Download aplikasi khusus kicau mania.

Berisi ratusan suara masteran, suara pikat, suara betina, dan perawatan dalam satu aplikasi

Download di Play Store

Makanan Ikan Guppy Terbaik Agar Warna Lebih Cerah

In Guppy 521 views

Makanan Ikan Guppy – Ikan guppy memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan hariannya. Makanan ini tentu saja banyak manfaatnya, mulai dari memberikan nutrisi agar ikan guppy menjadi sehat, mempercepat pertumbuhan ikan guppy yang baru lahir, mencerahkan warna ikan guppy, agar ikan guppy cepat beranak (matang), dll.

Lalu apa dong makanan terbaik untuk ikan guppy? Yup ada beberapa makanan yang bisa diberikan pada ikan guppy, baik itu pakan buatan ataupun pakan alami. Berikut ini beberapa makanan ikan guppy.

Makanan Terbaik Ikan Guppy

1. Artemia

Artemia adalah salah satu jenis udang yang berukuran sangat kecil (anakan artemia). Artemia adalah salah satu makanan terbaik guppy, karena artemia ini adalah makanan steril dan bernutrisi tinggi.

Tetapi artemia memiliki kekurangan pada harga dan perlu proses untuk menetaskannya, karena artemia biasanya dijual dalam bentuk telur dalam kemasan.

2. Kutu Air

Kutu air (moina sp) adalah makanan guppy terbaik ke-2 menurut saya. Disamping ukurannya pas untuk ikan guppy, dengan memakan kutu air ikan guppy ini bisa berwarna lebih cerah dan kandungan nutrisinya juga cukup baik, selain itu kutu air sangat aktif bergerak sehingga ikan akan lebih lincah dan aktif. Kutu air ini bisa diberikan pada anakan ikan guppy.

kutu-air-makanan-guppy

Foto : https://www.facebook.com/wins.borneo

Kekurangan pada kutu air ini terkadang membawa bakteri yang merugikan pada ikan, karena lingkungan hidup kutu air yang kotor sehingga kita perlu membersihkannya terlebih dahulu. Membersihkan kutu air cukup mudah tinggal masukkan kedalam air bersih (bilas) dan berikan aerator lalu berikanlah kutu air yang berada di atas.

3. Dapnia magna

Dapnia adalah kutu air yang berukuran raksaksa, tidak seperti kutu air (moina sp) dapnia ini berukuran lebih besar dari kutu air biasa, sehingga dapnia ini hanya cocok untuk makanan guppy dewasa. Untuk anakan guppy hanya bisa memakan anakan dapnia magna yang masih kecil.

Pada anakan ikan guppy yang berumur 1 hari taruh saja dapnia secukupnya, lama kelamaan anakan ikan guppy akan memakan anakan dapnia magna yang berkembang biak.

4. Bloodworm

Meski namanya bloodworm binatang ini sebenarnya bukan dari jenis cacing, merupakan sejenis larva nyamuk hanya saja berbeda dengan jenis nyamuk yang mengigit kita.

bloodworm-makanan-ikan-guppy

Foto : thingsmysonasks.wordpress.com

Bloodworm bagus untuk makanan guppy dan juga ikan lainnya. Kandungan bloodworm juga bagus untuk mencerahkan warna pada ikan guppy, tetapi mengingat ukurannya yang besar bloodworm hanya bisa diberikan pada guppy dewasa. Saat ini kita tidak susah mencari bloodworm karena sudah ada produk dari bloodworm yang biasanya dinamakan cacing beku.

5. Jentik nyamuk

Jentik nyamuk atau uget-uget atau cuk atau untek adalah larva dari nyamuk. Kayaknya kita sudah ga asing lagi nih sama hewan yang satu ini, karena jentik-jentik ini biasanya banyak terdapat di selokan-selokan. Jentik nyamuk cocok untuk diberikan pada guppy dewasa mengingat ukurannya yang besar.

Kekurangan jentik nyamuk ini sama seperti kutu air karena biasa hidup pada tempat yang kotor, untuk membersihkannya saya biasa merendam jentik dengan air bersih yang di campur metil blue untuk menghilangkan parasit pada jentik.

6. Microworm

Microworm adalah cacing berukuran sangat kecil, cacing-cacing ini berwarna putih dan basanya mudah dikembangbiakkan cukup dengan menggunakan ragi, roti, dan air.

Microworm sangat cocok untuk anakan ikan guppy karena ukurannya yang kecil. Kekurangan microworm adalah pengaruh pada air, biasanya jika kita tidak pandai mengambil cacingnya maka kandungan ragi akan ikut pada cacing dan menyebabkan bau pada air.

7. Pelet buatan

Jika tidak terdapat pakan alami maka pelet pabrikan juga sudah bisa mencukupi kebutuhan ikan. Karena pada pelet ini juga sudah diformulasikan kandungannya. Ada banyak sekali merk pelet yang bisa ditemukan di toko pakan, silahkan dipilih sendiri.

Advertisement

Selain makanan diatas ada beberapa makanan ikan guppy yang bisa diberikan seperti cacing sutra, roti tawar, kuning telur rebus, dll.

Makanan guppy diatas saya rasa cukup untuk diberikan pada guppy sehari-hari. Tinggal kita cari saja makanan yang cocok dengan kita yang mudah didapatkan.

Artikel lainnya : guppy supaya bagus warna, ikan guppy yang punya warna bagus g buat pakan louhan dewasaa, makanan ikan gapy yang bagus agar warna ikan lebih cerah, makanan pencerah warna ikan guppy, mencerahkan warna ikan guppy, pakan baik untuk ikan guppy warna putih, pakan untuk mempercerah warna ikan gappy, ramuan khusus biar ikan guppy warnanya bagus

Tags: #Ikan guppy #makanan ikan guppy #makanan ikan guppy terbaik

Cara Agar Anakan Ikan Guppy Banyak Jantan
Cara Agar Anakan Ikan Guppy Banyak Jantan
Agar Anakan Ikan Guppy Mayoritas Jantan –
Cara Mengobati Guppy Ekor Nguncup atau Fin Rot
Cara Mengobati Guppy Ekor Nguncup atau Fin Rot
Mengobati Guppy Nguncup – Dalam merawat ikan guppy
Mengenal Ikan Guppy Lebih Detail
Mengenal Ikan Guppy Lebih Detail
Ikan Guppy – Ikan guppy (Poecilia reticulata)
Cara Mengawinkan Ikan Guppy dan Merawat Anakannya
Cara Mengawinkan Ikan Guppy dan Merawat Anakannya
Mengawinkan Ikan Guppy – Ikan guppy adalah salah
Jenis dan Harga Ikan Guppy
Jenis dan Harga Ikan Guppy
Jenis dan harga ikan guppy – Salah

Leave a reply "Makanan Ikan Guppy Terbaik Agar Warna Lebih Cerah"

Must read×

Top