jenong ikan louhan besar

Cara Membuat Jenong Louhan Besar Boomhead

Jenong Louhan – Ikan louhan adalah ikan yang mempunyai ciri khas yaitu jenong pada kepalanya. Semakin besar jenong pada ikan louhan maka semakin tinggi pula nilainya. Apa jadinya ya kalau ikan louhan tanpa jenong atau jenongnya kecil? Tentu kurang asik bukan?

Louhan jantan terutama secara normal memang memiliki jenong yang lebih besar dari louhan betina, bahkan louhan betina memang ada yang tidak memiliki jenong sama sekali. Tetapi pada keadaan tertentu jenong louhan jantan bisa jadi tidak sesuai dengan yang kita harapkan atau kecil.

Ada jenong louhan besar ada jenong yang kecil. Itu semua dikarenakan faktor luar dan faktor dalam. Faktor dalam yaitu gen atau keturunan atau bakat dari ikan louhan sendiri, ikan louhan dengan jenis yang kurang baik memang biasanya kurang memiliki jenong yang baik (baca : cara memilih louhan).

Faktor luar yaitu berupa perawatan ikan louhan yang mencakup kebersihan lingkungan (air), makanan ikan louhan yang tidak tepat, dan lainnya terutama saat louhan masih kecil. Faktor perawatan ini sebenarnya hanya trigger atau pendukung dari faktor gen.

Jika dalam gen ikan louhan sudah ada bakat jenong maka perawatan yang tepat akan membantu memaksimalkan pertumbuhannya. Jika tidak ada bakat ya tetep saja jenong tidak akan tumbuh sebesar yang kita bayangkan, mungkin hanya sedikit.

Jenong louhan ada juga yang disebut boomhead, karena saking besarnya jenong ikan louhan maka dinamakan boomhead.

Jenong pada louhan sendiri adalah kumpulan protein dan lemak atau cadangan makanan pada louhan. Setiap louhan memiliki kantung cadanganan makanan/bakat jenong yang berbeda-beda. Jenong pada louhan juga bisa kempes atau mengecil jika louhan stress, sakit, atau kurang asupan makanannya. Baca : mengembalikan jenong louhan kempes

agar-jenong-ikan-louhan-besar
Foto dari https://www.facebook.com/erwin.wieii.1

Nah lalu apa saja nih perawatan agar membuat jenong ikan louhan besar? Simak beberapa perawatan dibawah ini.

Cara Membuat Jenong Ikan Louhan Besar

  1. Berikan makanan berupa pelet penumbuh jenong, silahkan pilih sendiri karena banyak merknya.
  2. Beri makan udang, selain tinggi protein udang juga bisa membuat warna semakin cerah.
  3. Beri makan cacing beku (bloodworm), selain tinggi protein udang juga bisa membuat warna semakin cerah.
  4. Beri makan jangkrik kecil (potong kakinya), tapi jangan kebanyakan karena louhan bisa menghitam warnanya. 1 minggu 1-2 kali saja. Opsional, boleh dilakukan boleh tidak.
  5. Pisahkan louhan yang mentalnya kurang agar sendiri dulu, tidak bertemu ikan lain atau ikan yang lebih besar (kadang stress).
  6. Jaga air tetap bagus agar ikan tetap sehat.

Nah jika perawatan diatas dilakukan terus menerus dan memang louhan ada bakat untuk jenong maka dengan sendirinya jenong louhan akan besar.

Bahkan jika hanya dengan pelet khusus louhan jika memang sudah bakat maka akan besar juga. Selamat mencoba.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.