Cara Memelihara Ikan Koi yang Benar untuk Pemula

Cara Memelihara Ikan Koi – Tidak semua orang tahu cara memelihara ikan koi yang benar agar tumbuh sehat dan cepat besar. Umumnya mereka hanya memelihara secara biasa saja, ya mungkin karena yang dipelihara ikan koi dari jenis yang biasa (baca : jenis ikan koi).

Tapi ada sebagian orang yang benar-benar hobi dengan ikan koi yang ingin tahu cara memelihara ikan koi dengan benar. Apalagi jika memang ingin serius dalam menggeluti hobi ikan koi ini dan membeli beberapa ikan koi mahal tentu harus mengetahui cara memelihara ikan koi dengan benar agar ikan tidak mati sia-sia.

Dalam merawat ikan koi banyak sekali faktor yang mempengaruhi mulai dari kolam ikan koi (air, filter kolam), pakan, jumlah koi yang dipelihara, dan lainnya. Berikut ini beberapa tips memelihara ikan koi untuk pemula.

Cara Memelihara Ikan Koi

1. Mempersiapkan kolam ikan koi

Pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan kolam ikan koi. Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang dinikmati dari atas (top view) jadi pemeliharaannya biasanya didalam kolam bukan dalam akuarium.

Pembuatan kolam ikan koi juga harus disesuaikan dengan jumlahnya, jangan sampai ikan koi berdesak-desakan. Untuk membuat kolam ikan koi minimalis di rumah bisa membaca cara membuat kolam ikan koi.

2. Memilih ikan ko

Setelah kolam siap kita bisa mulai memilih ikan koi. Ikan koi yang akan kita pelihara bebas sesuai keinginan anda, bisa yang bagus yang biasa, yang kecil atau yang besar.

cara-merawat-ikan-koi
Foto dari https://www.facebook.com/SyafiiEfendiMotivator/

Di Indonesia penyuplai koi yang terkenal ada di blitar, kualitas koi blitar juga tidak kalah dengan koi produksi lainnya. Sebagai referensi bisa membaca (baca : jenis ikan koi dan harganya)

3. Merawat ikan koi

Setelah kolam jadi dan ikan sudah ditempatkan selanjutnya kita tinggal merawat ikan koi. Merawat ikan koi meliputi pemberian pakan, pembersihan kolam, pembersihan filter, menjaga kesehatan ikan, dan menjaga kualitas air.

Pemberian pakan ikan koi bisa menggunakan pelet khusus koi yang tersedia di toko pakan hewan, bisa juga kita seling dengan pemberian sayuran (sawi, kubis, dll) atau pemberian pakan hidup seperti udang kecil, cacing rambut/cacing darah, dll. Pemberian pakan bisa 2 kali sehari atau 1 kali sehari, jika ada pakan sisa sebaiknya di ambil agar tidak merusak kualitas air.

Secara rutin cek kualitas air, lihat kondisi ikan apakah berpenyakit atau tidak. Air yang kurang berkualitas membuat ikan menjadi kurang sehat. Lakukan juga pengurasan setiap beberapa waktu sekali (bisa menguras setengah ganti air sebagian, atau dengan menerapkan metode alami agar kolam tidak usah dibersihkan hanya perawatan saja).

1 thought on “Cara Memelihara Ikan Koi yang Benar untuk Pemula”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.