Makanan Ikan Louhan Agar Merah, Jenong, Mutiara Cerah

0
3307
makanan ikan louhan
Foto : wikipedia.org

Makanan Ikan Louhan – Ikan louhan adalah ikan hias populer yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia. Ikan ini bukan ikan yang berasal dari alam, melainkan hasil persilangan dari beberapa jenis ikan cichlid.

Secara umum ada 2 jenis louhan, yaitu kamfa dan cencu. Tetapi untuk jenis serian louhan ada banyak, misal louhan SRD (super red dragon), SRM (super red magma), louhan HG (hybrid generation), king kamfa dll.

Serian dan jenis ini tentunya berbeda, serian louhan adalah identitas dari breeder atau “merk dagang” setiap breeder agar mempermudah panggilan, membuat produk menarik dan sebagainya.

Sedangkan jenis lebih mengacu ke karakteristik louhan, perbedaan karakter, fisik dan lainnya. Baca : perbedaan louhan cencu dan kamfa.

Apapun serian dan jenis louhan tentunya teman-teman penghobi ikan louhan ingin agar louhannya berwarna cerah dan sehat.

Pada umumnya adalah agar louhan berwarna merah cerah, mutiara bagus cerah bersinar, sirip lebar, dan kepala jenong besar.

Tentunya itu semua dipengaruhi oleh faktor genetik (bawaan ikan) dan faktor perawatan yang meliputi kondisi air, makanan ikan louhan yang teman-teman berikan, dan kondisi lingkungan tank.

Tetapi jika faktor genetik saja yang diandalkan tentunya akan kurang maksimal. Oleh karenanya perlu melakukan perawatan agar pertumbuhan louhan kita maksimal seperti yang kita inginkan.

Kali ini hewanpeliharaan.org akan membahas tentang makanan ikan louhan, khususnya umur remaja sampai dewasa.

Untuk makanan anak louhan bisa membaca artikel : makanan anak ikan. Kurang lebih sudah dibahas disana untuk kategori anak ikan (burayak) secara umum.

makanan-ikan-louhan-agar-jenong
Foto : wikipedia.org

Berikut ini makanan ikan louhan agar berwarna merah cerah dan sehat untuk usia remaja sampai dewasa.

Makanan Ikan Louhan Agar Merah dan Jenong

1. Udang

Udang ini sebagai makanan alami ikan louhan yang sering diberikan dan memang bagus untuk pertumbuhan louhan.

Dalam udang mengandung protein yang tinggi untuk pertumbuhan ikan dan jenong, zat warna merah/pink karena pada udang mengandung beta caroten dan astaxanthin alami, juga udang mayoritas sangat disukai oleh ikan.

2. Pelet

Pelet ini makanan louhan yang praktis, higienis, dan banyak pilihan. Kandungan pelet louhan bermacam-macam tergantung merk dan peruntukan.

Misal pelet untuk jenong mempunyai protein yang lebih tinggi, untuk mutiara mempunyai kandungan spirulina yang tinggi, untuk warna pelet mengandung astaxanthin atau beta karotin tinggi.

makanan-ikan-louhan-agar-merah
Foto : wikipedia.org

Harga pelet louhan juga bermacam-macam, mulai dari harga kaki 5 sampai harga sultan dengan berbagai kualitas tentunya, pilihlah sesuai kebutuhan anda.

3. Cacing beku

Cacing beku atau bloodworm mempunyai kandungan protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan louhan. Biasanya diberikan pada louhan remaja untuk mempercepat pertumbuhannya, lalu dilanjut pemberian pelet warna.

Nah makanan diatas adalah makanan yang paling populer untuk makanan ikan louhan terutama untuk louhan remaja sampai dewasa.

Pemberian makanan pada louhan bisa dilakukan sebanyak 1-3 kali sehari tergantung kebiasaan dan porsi yang diberikan. Saya pribadi 2 kali sehari dengan porsi sedang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.