Ikan Hias Air Tawar – Ikan hias air tawar dipelihara biasanya untuk dinikmati keindahan warnanya, keunikan tingkahnya, dan keunikannya. Ikan hias air tawar terindah bisa juga dipelihara dan dipajang untuk menghias rumah anda agar terlihat alami dan tidak kaku.

Dalam merawat ikan hias air tawar tidak sesulit merawat ikan hias air laut yang membutuhkan perawatan khusus. Cost yang dikeluarkan juga tidak sebesar dalam merawat ikan hias air laut, sehingga siapa saja bisa merawat ikan hias air tawar.

Ikan hias air tawar banyak sekali jenisnya, jenis ikan hias air tawar bisa mencapai puluhan bahkan ratusan jumlahnya. Ada ikan hias air tawar kecil yang cantik, ikan hias air tawar termahal, bahkan ikan predator. Harganya pun beragam, ada yang cantik tapi murah, yang unik dan sebagainya.

Nah untuk itu saya akan bahas beberapa jenis ikan hias air tawar yang populer dipelihara di Indonesia. Berikut nama ikan hias air tawar dan gambarnya

Jenis Ikan Hias Air Tawar Populer

Ikan Algae Eater

Ikan alga eater merupakan ikan pemakan alga atau lumut yang biasanya digunakan untuk membersihkan tank atau aquascape dari alga yang mengotori.

Alga-Eater-ikan-hias-air-tawar
Image : aquascapeworld.com

Ikan Aligator

Ikan aligator termasuk kedalam salah satu ikan hias karnivora. Dinamakan ikan aligator karena ikan ini memiliki mulut yang menyerupai aligator. Ikan ini tidak cocok dipelihara bersama ikan lain, ikan ini lebih cocok dipelihara soliter atau hanya dengan ikan sejenis saja.

Ikan-Aligator-ikan-hias-air-tawar
Foto : windowsnesia.com

Ikan Arwana

Ikan arwana salah satu ikan eksotis yang masuk kedalam jajaran ikan hias termahal. Ada banyak jenis ikan arwana yang bisa kita jumpai baca : jenis ikan arwana. Ikan arwana juga termasuk ikan yang ganas, ikan ini tidak cocok dipelihara bersama ikan lainnya, kecuali dengan beberapa ikan tertentu saja, seperti ikan sapu-sapu, ikan pari dll, itupun dengan ukuran yang sebanding (tidak terlalu kecil).

Arwana-ikan-hias-air-tawar
Foto : https://www.facebook.com/arwanagoldsupered/

Ikan Black Ghost / Knife Fish

Black ghost adalah ikan unik yang mempunyai bentuk yang tidak umum jika dibanding dengan ikan lainnya. Ikan black ghost dikenal juga dengan ikan knife fish dan termasuk kedalam ikan karnivora. Ikan ini senang bergerombol dengan ikan sesamanya dan senang berkumpul ditempat gelap. Baca : jenis ikan black ghost

jenis-dan-harga-ikan-black-ghost-knifefish
Foto dari akuariumhias.blogspot.com

Ikan Cupang

Siapa sih yang tidak kenal ikan cupang. Ikan ini banyak penggemarnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ada beberapa jenis ikan cupang, mulai dari cupang liar, cupang hias (halfmoon, crown tail, plakat, double tail, giant), atau cupang adu.

ikan-cupang-halfmoon-hitam

Ikan cupang termasuk ikan yang bergerak lamban, soliter (penyendiri) dan teritorial (punya daerah kekuasaan) sehingga tidak cocok jika dipelihara bersama ikan sejenis, bisa-bisa adu tuh ikan. Tetapi jika dipelihara dengan ikan jenis lain maka tidaklah masalah selama ikan lainnya bukan ikan yang ganas.

Ikan Discus

Ikan berbentuk pipih dan bulat ini mempunyai banyak warna yang bisa menjadi pilihan, bahkan ada warna-warna yang unik dan langka. Ikan discus termasuk ikan yang damai jadi aman dipelihara dengan ikan lainnya.

Discus-ikan-hias-air-tawar
Foto : https://www.facebook.com/Ikan-discus-303241530077434/

Ikan Guppy

Ikan guppy termasuk kedalam golongan ikan hias terkecil, yang biasanya digunakan untuk menghias aquascape. Banyak sekali jenis ikan guppy, baik warna dan bentuknya, bahkan untuk penamaannya menurut saya kebanyakan dan membuat bingung hehehe.

Guppy-ikan-hias-air-tawar
Foto : https://www.facebook.com/goetrecks.boyhumble

Ikan ini memiliki karakter bergerombol, dan berada di tengah, memang cocok untuk aquascape. Ikan guppy tidak ganas dan bisa disatukan dengan ikan lainnya.

Ikan Koi

Ikan koi merupakan ikan yang enak dilihat dari atas (top view). Ikan koi biasa dirawat di dalam kolam di halaman rumah. Ada beberapa jenis ikan koi yang bisa kita jumpai. Ikan koi juga termasuk ikan kontes yang biasa di lombakan keindahannya.

ikan-koi-ikan-hias-air-tawar
Foto : https://www.facebook.com/bursa.merpati

Ikan Komet

Ikan komet masih dalam jenis goldfish dan masih sekeluarga dengan ikan koi dan koki, tetapi ukuran ikan komet lebih kecil dan ramping dari ikan koi (dalam ukuran dewasa). Ikan ini tidak agresif dan cocok jika dipelihara berbarengan dengan ikan lainnya.

Ikan Kumpai

Ikan kumpai masih sekeluarga dengan ikan mas. Ikan kumpai ini mirip dengan ikan komet, hanya saja siripnya lebih panjang menjuntai. Ikan ini lebih sering berada di bawah kolam. Ikan kumpai bisa disatukan dengan ikan lain karena termasuk ikan yang tidak agresif, asal ukurannya sebanding.

Ikan-Kumpai-ikan-hias-air-tawar
Foto : https://fjb.kaskus.co.id/profile/viewallclassified/6561425

Ikan Lemon

Dinamakan ikan lemon karena ikan ini mempunyai warna kuning seperti buah lemon. Ikan lemon termasuk ikan yang cukup agresif dan kurang bersahabat jika disatukan dengan ikan lainnya. Biasanya suka menyerang ikan-ikan lain.

Ikan-lemon-ikan-hias-air-tawar
Foto : agrowindo.com

Ikan Louhan

Ikan louhan ini termasuk ikan termahal yang dulu sempat booming dan populer. Ikan ini mempunyai keunikan pada jenongnya yang besar. Ikan louhan bersifat teritorial dan soliter yang kurang cocok dipelihara dengan ikan lain (terutama yang lebih kecil, bisa-bisa dimakan).

Ikan-Louhan-ikan-hias-air-tawar
Foto : https://www.facebook.com/cinta.louhan

Tetapi ada beberapa ikan yang biasa menjadi teman ikan louhan seperti ikan parrot, ikan mujair, dll. Tetapi ini tergantung ikan louhannya, kalo ikannya terlalu agresif mending dipelihara sendiri saja.

Ikan Manfish / Angelfish / Layang-layang

Ikan ini mempunyai bentuk unik, kotak dan pipih. Ikan manfish mirip dengan ikan angelfish air laut. Manfish juga termasuk ikan yang tidak agresif dan bersahabat.

Ikan-Manfish-ikan-hias-air-tawar
Foto : https://www.facebook.com/Juan-Pet-Shop-Belitung-237470443019278/

Ikan Mas Koki

Ikan koki masih sekeluarga dengan ikan mas (goldfish). Ikan koki mempunyai keunikan pada bentuknya yang berperut buncit, dengan ekor yang bercabang. Ada beberapa jenis ikan koki, seperti koki mutiara, koki lionhead, koki ranchu dll.

ikan-koki-ikan-hias-air-tawar
Foto : https://www.facebook.com/kresna3d

Ikan ini memang sangat indah dan termasuk ikan yang baik. Tetapi ikan koki juga termasuk ikan yang rentan yang memputuhkan sirkulasi air dan aerator yang bagus dalam aquarium.

Ikan Molly / Balon

Ikan ini mempunyai ukuran yang kecil dengan perut yang gendut, buncit untuk pejantan sedangkan untuk betina berbadan panjang. Molly atau ikan balon adalah ikan yang mudah berkembang biak, bahkan didalam aquarium sekalipun. Ikan ini sangat baik dan bisa digabung dengan jenis ikan lainnya.

Ikan-Balon-ikan-hias-air-tawar
Foto : https://www.facebook.com/ahmad.fathoni.1426876

Ikan Oscar

Oscar termasuk ikan ganas dan karnivora, ikan ini tidak pernah rewel mengenai makanan. Ikan ini juga termasuk ikan yang cerdas karena ingatan ikan oscar cukup panjang dan bisa dilatih melakukan trik-trik tertentu.

Ikan Platy / Mickey Mouse

Ikan platy adalah ikan kecil yang pendamai. Ikan ini biasa hidup bergerombol. Ikan platy dinamakan juga ikan mickey mouse karena pada ekornya terdapat motif menyerupai mickey mouse.

Ikan-mickey-mouse-platy-ikan-hias-air-tawar
Foto : https://www.facebook.com/Koleksi-Ikan-Hias-1688647811428351/

Ikan Sapu-sapu

Ikan sapi-sapu termasuk ikan yang sangat kuat, terbukti dia mampu hidup dalam kondisi yang ekstrim sekalipun. Ikan ini dinamakan ikan sapu-sapu karena sering terlihat didasar sambil mencari makanan seperti menyapu.

Ikan Sumatera

Karakter ikan sumatera yaitu suka bergerombol dan sangat gesit. Tetapi ikan sumatera termasuk ikan yang agresif, suka iseng mengigit ikan yang lebih besar yang mengakibatkan luka, apalagi dengan ikan yang kecil.

Ikan-sumatera-ikan-hias-air-tawar
Foto : wikipedia.org

Ikan Tetra

Ikan ini termasuk ikan kecil aquascape, yang baik. Ikan tetra ada banyak jenisnya. Ikan ini mempunyai keunikan pada warnanya yang bisa memantulkan sinar, sehingga terkadang ikan ini dipanggil dengan sebutan ikan neon.

Ikan-tetra-ikan-hias-air-tawar

Selain jenis ikan hias air tawar diatas juga masih banyak jenis ikan hias lainnya seperti red fin, parrot, botia, dan lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.