Jenis dan Harga Ikan Koki Dilengkapi Gambar

Jenis dan harga ikan koki – Ikan koki adalah ikan yang banyak dipelihara para penggemar ikan. Terlebih lagi ikan koki ini sudah dikenal dan tersebar diseluruh dunia, siapa ya ga kenal ikan koki bukan? Nah seiring dengan berjalannya waktu banyak sekali jenis ikan koki yang dikembangkan. Jenis ikan koki ini berasal dari hasil persilangan antar jenis koki-koki lainnya. Dari hasil persilangan ini dihasilkan beberapa koki dengan kualitas bagus yaitu koki termahal.

Sebagian dari teman-teman mungkin sudah melihat beberapa ikan koki atau bahkan memilikinya tetapi mungkin juga ada beberapa jenis ikan koki yang belum anda kenal. Berikut ini adalah beberapa ikan koki yang bisa anda kenal.

Jenis-jenis ikan koki

1. Ikan Koki Komet

gambar-jenis-ikan-koki-komet

Ikan ini pasti tidak bakal asing yah bagi anda. Jenis koki komet ini memang banyak di jajahkan oleh penjual ikan baik itu di toko ikan maupun di pinggir jalan. Ikan ini ada yang berekor pendek ada juga yang berekor panjang.

2. Ikan Koki Shubunkin

gambar-jenis-ikan-koki-shubunkin

Ikan ini sekilas seperti koki komet, perbedaan yang mendasari adalah pada warnanya yang berragam dan cenderung rame, jika dilihat warnanya juga mirip dengan calico, tetapi jika shubukin mempunyai warna yang lebih banyak lagi (bukan 3 warna saja).

3. Ikan Koki Black Moor

Ikan black moor adalah koki yang mempunyai warna hitam disekujur tubuhnya. Biasanya juga terdapat warna agak keemasan.

gambar-jenis-ikan-koki-black-moor

via : akuariummaskoki.blogspot.com

4. Ikan Koki Panda Moor

Ikan koki panda moor adalah ikan koki yang mempunyai warna hitam putih seperti panda. Ditambah lagi dengan warna hitam pada matanya yang menyerupai panda. konon ikan koki ini terbilang langka dan mahal.

gambar-jenis-ikan-koki-panda

5. Ikan Koki Ryukin/Tosakin (Tosa)

Sebelumnya ada perdebatan antara jenis koki ini ada yang bilang koki ryukin dan koki tosakin adalah koki yang berbeda, koki tosakin dinilai mempunyai sirip ekor yang lebih lebar. Tetapi ada juga yang bilang sama, perbedaan rumbay hanya pada varietas saja jenis tetap sama. Diluar dari perdebatan itu saya perlihatkan saja gambar ikan ini.

gambar-jenis-ikan-koki-tosakin

Tosakin

gambar-jenis-ikan-koki-ryukin

Ryukin

Lihatkan? Memang serupa dan sulit dibedakan.

6. Ikan Koki Lionhead

Jenis ikan koki ini dinamakan lionhead karena kepala ikan koki ini menyerupai singa. Jika rumbai singa ditumbuhi dengan rambut ikan koki ini ditumbuhi benjolen disekitar kepalanya sehingga menyerupai rumbai singa.

gambar-jenis-ikan-koki-lionhead

via : bibitikan.net

7. Ikan Koki Mata Balon (bubble-eye)

Ciri yang paling menarik dari ikan ini adalah bentuk mata yang menyerupai balon. Selaput yang ada disekitar mata tumbuh dan menggembung seperti balon.

gambar-jenis-ikan-koki-mata-balon

8. Ikan Koki Mata Teleskop (telescope eye/moor)

Jika mata balon mempunyai selaput sekitar mata yang menggembung lain dengan mata teleskop. Ikan koki ini mempunyai mata yang menonjol seperti teleskop.

gambar-jenis-ikan-koki-mata-teleskop-telescope-eye

via : bibitikan.net

9. Ikan Koki Oranda

Ikan koki jenis ini cukup dikenal dikalangan hobiis. Ikan ini mirip seperti lionhead tetapi memiliki sirip yang panjang.

gambar-jenis-ikan-koki-oranda

10. Ikan Koki Ranchu

gambar-jenis-ikan-koki-ranchu

Jika ikan koki dikenal karena siripnya yang menjumbai lain dengan ikan ini. Ikan koki ranchu tidak memiliki sirip yang menjumbai sehingga terlihat lucu bulat dengan perut yang besar.

12. Ikan Koki Sisik Mutiara (pearlscale)

Dinamakan sisik mutiara karena ikan mas koki ini mempunyai sisik yang besar sedikit menonjol menyerupai mutiara.

gambar-jenis-ikan-koki-sisik-mutiara

13. Ikan Koki Wakin

Koki ini secara postur lebih irip dengan koi tetapi mempunyai ekor yang membelah seperti koki. Ini adalah jenis koki yang mirip dengan nenek moyang koki dahulu sebelu disilangkan.

gambar-jenis-ikan-koki-wakin

via : bibitikan.net

14. Ikan Koki Hanafusa

gambar-jenis-ikan-koki-hanafusa

via : anakmadiun.wordpress.com

Ciri yang paling menonjol dari koki ini adalah ikan ini mempunyai kepala yang menonjol, tetapi bentuk tonjolan dikepalanya tidak beraturan malah lebih mirip batu karang hehehe.

15. Ikan Koki Butterfly Tail

Butterfly tail memiliki bentuk ekor yang menyerupai kupu-kupu. Perhatikan gambar dibawah.

gambar-jenis-ikan-koki-butterfly-tail

Sehingga ikan ini lebih bagus jika dinikmati dengan top view.

17. Ikan Koki Watonai

Ikan koki watonai tidak memiliki sirip yang menjumbai besar dan kepala yang benjol. Sirip ikan ini cenderung ramping dengan kepala tana aksesoris.

gambar-jenis-ikan-koki-watonai

18. Ikan Koki Choten Gan

Ikan ini memiliki selaput yang menggembung seperti mata balon, tetapi tidak besar. Yang unik dari ikan ini adalah matanya yang menghadap keatas.

Warna pada ikan mas koki

1. Warna Ikan Koki Calico/Pancawarna

Calico artinya tiga warna, jadi koki ini adalah jenis koki yang mempunyai corak tiga warna. Biasanya warnanya adalah merah, putih, dan hitam. Sedangkan pancawarna adalah koki yang memunyai 5 warna Tetapi tidaklah harus tiga atau lima ini hanya sebutan untuk ikan koki yang mempunyai banyak warna (lebih dari 2).

gambar-jenis-ikan-koki-Calico

1. Warna Ikan Koki Sakura

Sakura adalah warna pada ikan koki merah dan putih. Warna ini simple dan terlihat elegan.

gambar-jenis-ikan-koki-ranchu-warna-sakura

koki ranchu warna sakura

via : ahmadramadhan28.blogspot.com

Harga ikan koki

Harga ikan koki ini bermacam-macam saya tidak bisa menyebutkan dan mendata dari semua jenis ikan koki karena keterbatasan resource. Saya hanya akan memperkirakan harga pasarannya saja. Koki ini tergantung dari jenis, grade, dan umur. Biasanya ikan koki biasa dihargai 10.000 – 50.000, sedang 50.000 – 200.000 dan tinggi 200.000 keatas.

Referensi tambahan :

Inilah 20 Jenis Ikan Koki

http://www.mediaronggolawe.com/mengenal-jenis-jenis-ikan-mas-koki-bagian-2.html

4 thoughts on “Jenis dan Harga Ikan Koki Dilengkapi Gambar”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.