Memperbaiki Bulu Merpati yang Kusut, Rusak dan Kusam

23
105014

Bulu merpati yang kusut – Semua pemain merpati tentu mendambakan merpatinya bisa terbang dengan kecepatan optimal disaat lomba aupun latihan, saat gandeng maupun terbang engkel. Kecepatan merpati sangat berpengaruh sekali dengan bulu, bulu merpati berfungsi mendorong udara agar merpati bisa melaju dengan cepat, tetapi terkadang bulu merpati ini ada saja masalanya seperti kusut. Kusut pada bulu merpati memang sering terjadi, terutama bagi merpati yang saat diterbangkan (dipegang) atau saat dikandang tidak benar posisinya.

Bagi pemain merpati bulu yang kusut membuat merpati menjadi terlihat kumuh dan seperti kurang mantep. Segimana bagusnyapun burung merpati tetapi saat bulu kusut tidak akan terlihat seperti merpati gagah. Ya walaupun merpati tidak dinilai dari kerapihannya saat lomba (merpati balap/tinggi) tetapi tetap saja menurunkan nilai dari merpati tersebut. Ada juga merpati yang dinilai dari keindahan bulunya, yaitu merpati hias. Coba bayangin jika bulu merpati hias kusut? Tentu menurunkan nilai bukan. Kali ini saya akan berbagi tips yang sudah saya praktekan sendiri tentang memperbaiki bulu merpati yang kusut. Begini caranya.

memperbaiki-bulu-merpati-yang-rusak

Penyebab bulu merpati yang kusut

Sebelum kita masuk kedalam cara memperbaiki bulu merpati yang rusak kita bahas dulu beberapa penyebab yang sering menyebabkan bulu merpati kusut, agar kita bisa mencegahnya. Diantaranya adalah :

1. Sering dipegang dengan posisi yang salah. Saat merpati diterbangkan oleh penggabur (joki lepas) maka akan dipegang saat akan memasukkan kedalam kandang atau saat akan melepas. Jika joki pintar maka akan tau posisi yang pas tetapi jika joki kurang faham maka bisa jadi bulu dipegang terlalu kencang dan kusut, apalagi jika joki masih kecil, tangannya belum mampu memegang dengan benar.

2. Pengaturan kandang salah. Ketika sedang dilapak burung-burung dikadnangkan dengan kandang lepas (dongdang) bentuk dan ukuran dongdang perlu diperhatikan kira-kira muat untuk merpati berputar. Posisi jari-jari harus horizontal agar bulu dan sayap merpati tidak rusak saat bergesekan.

Memperbaiki bulu merpati yang kusut

Untuk memperbaiki bulu merpati yang rusak ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Menggunakan Shampoo

Memandikan merpati dengan shampoo agar bulu merpati yang kusut dan kusam bisa kembali bersih dan mengkilat. Sediakan ember bersisi air shampoo dan ember berisi air bersih. Celubkan merpati kedalam ember yang berisi shampoo dan sela-sela bulunya sambil diusap pelan-pelan, awas jangan sampai kena mata kasian akan pedih. Selain dapat melembutkan bulu shampoo juga bisa membunuh kutu-kutu pada merpati. Bilas sisa shampoo di bulu merpati lalu jemur sampai kering.

2. Menggunakan Rodalon

Rodalon adalah sejenis anti septic, desinfectant, dan detergent secara langsung. Mampu membunuh bakteri, kutu, dan virus secara langsung. Selain itu rodalon bisa membuat bulu yang kusut dan berantakan bisa rapi lagi. Bulu yang kusam juga bisa kembali menjadi bersih. Rodalon bisa dibeli di toko peternakan atau toko pakan hewan. Caranya campur rodalon dengan air (perbandingan bisa dilihat di kemasan) lalu gunakan air campuran tadi untuk mencuci atau untuk menyemprot bulu burung yang rusak. Jemur hingga kering.

Nah begitulah caranya agar membuat bulu merpati rapi dan membuat bulu merpati kusam menjadi bersih. Tidak sulit bukan memperbaiki bulu merpati yang rusak? Selamat mencoba.

23 COMMENTS

  1. bang ni burung tinggi 3per4 mau masuk tapi kalok tinggi gak mau masuk dia bg gak mau jatuh kayak mana supaya mau di petik dia bg ?

    • jatuh di posisi jam berapa? coba ganti posisi gebernya, atau geber di sudut2 tertentu (coba-coba aja). kalo ga berubah2 berarti sudah karakter

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.